Thursday, May 31, 2007

GOKIL!

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Entertainment
Author:Miund
Jadi tadi akhirnya saya ke TGA BIP lagi, maksud hati mau ngecek apakah masih ada Kapten Bandung tersisa. Eh ternyata satu2nya komputer pencari di customer service sedang jebol, jadi saya bilang aja ke mas2nya, “Ya udah nyari sendiri aja deh”, sambil terus masuk ke bagian komik. Nggak nemu, berarti mungkin Kapten Bandung udah abis.
Di sebelah rak komik ada rak romance, sambil lewat keliatan baris teratas itu novel2 mistis, baris kedua novel2 film, baris ketiga chicklit.. dan di pojokan ada Gokil! Langsung ambil, bayar, trus nangkring di pujasera sambil baca buku baru ini, sambil nunggu waktunya njemput anak2 pulang sekolah..

Berhubung saya kenal Miund in person, mungkin sulit utk jadi sepenuhnya obyektif dalam menilai buku ini. Tapi saya setuju dengan Ayu (yg sudah nge-review terlebih dulu) utk menempatkannya di bawah kategori “entertainment”, sebab most likely inilah tujuan utama diterbitkannya buku ini: untuk menghibur!
Pertama, ada kejutan cukup lucu ketika plastik segel buku ini sudah lepas dan halaman pertama saya buka: ada bonus pembatas buku mungil di halaman terdepan! Kedua, kertasnya standar lah, nggak bagus2 amat (tipikal penerbit ngirit), tapi lay out-nya membuat tulisan2nya lumayan enak dibaca (← berusaha obyektif juga, secara desainernya adalah adikku). Euh.. kalo mau kritik.. cover-nya aja yg agak2 nggak kompak sama selera (I know I know, I’ll mention no more about it :D). Ketiga, dan seterusnya, adalah tentang isinya.

Tentu sensasinya beda, antara membaca blog dengan buku, meskipun isinya sama. Tentu seru baca blog-nya, karena kejadiannya aktual. Dan tentu juga versi blog-nya lebih komplit, karena tidak ada sensor utk keperluan cetak.. hehe..

Tapi tulisan2 Miund tetep enak dibaca. Meskipun campur2 antara bahasa Indonesia baku, bahasa Inggris, ekspresi2 gaul, hingga ekspresi2 ‘anak Bandung’ yang nyaris2 jadi internal jokes. Because, let’s face it, it turns out that not only she’s a fellow SR-ITB alumni; she’s also a fellow SMA 6 alumni, as well! Jadi dengan mudah terbayanglah tempat2 yg dia sebut, dan tokoh2 yg tampil di tulisan2nya (termasuk Pak Item!). Yang agak nggak terjangkau oleh saya hanyalah bila subyeknya seputar orang2 beken, sebab terus terang saya gasel (gagap seleb) and wouldn’t recognize any (current) superstar if she’s dancing in front of my face waving a neon sign saying “teenage idol here”!

Di pujasera tadi juga saya terpaksa cengengesan sendiri membaca beberapa bagian. Mungkin lagi2 karena terbayang jelas ekspresi wajah dan intonasi bicara para tokohnya yg saya kenal.
Selayaknya blog, isinya merupakan campuran curhat, pemikiran2 (agak) serius, dan cerita2 ringan kejadian saat itu. Meskipun tulisan2 ini dari seorang Miund, tapi sedikit banyak ternyata dapat mewakili seorang saya juga. Contohnya di tulisannya tentang lethal questions. You’ve nailed them, girl, right on the spots! Selebihnya, mungkin Miund memang gambaran seorang wanita muda masa kini, dengan kehidupan karir, pertemanan dan percintaannya (deuuuhh), yg kebetulan berada di tengah2 ‘generasi CiTos’ dan.. apa ya istilahnya utk angkatan sekitar saya? ‘Generasi Aldiron’ kali ya? Hahaha!

All in all, memang saya jadi terhibur baca buku ini. Meskipun saya kategorikan ke dalam kelas snack, bukan main meal, tapi Gokil! tetap saya rekomendasikan ke teman2 utk ikutan icip-icip. Keywords untuk merayu temen2 supaya ngicipin buku ini? Witty, smart, fresh and – dare I say – fashionable. Three and a half stars for Gokil!

To Miund: keep on writing, I’m dropping by your new blog as often as our $&!##y Internet connection permits – and have been enjoying it a lot!


Image source: Miund's Blog

23 comments:

  1. hahahahah gue da beli bukunya juga maren
    emang lebih seru baca di blog nya yak dibanding bukunya
    ni hari pas loncing, sayang ga bisa dateng secara Gres lagi pigi..ga ada temen hiks..
    eh padahal ada Tiyas yak..

    ReplyDelete
  2. ohh semalem ya launching-nya? iya pasti ada tiyas tuh.

    oh iyaa.. bedanya lagi kalo di blog, posting berikut selalu ditunggu2, sementara di buku kan semua sudah di situ dengan 'tertib', jadi kita kurang dapet elemen kejutannya.. :D

    ReplyDelete
  3. ah harus beli kayanya nih !
    iyaa semalem tiyas sampe nggak dateng ke ultah astrid karena ada launching buku ini

    ReplyDelete
  4. iyaaa aku hadir, nanti mau posting foto2nya, tapi sabar yaaaaa, mau dikecil2in dulu supaya bisa enteng di dunia maya... hihihi, ada foto seleb juga lhoooo :D:D:D, tapi yang paling seru adalah kehadiran bapak orbar amputra, aku juga ikut2an pengen difoto sama orang yang selama ini kami anggap fiktif! hihihi (baca bukunya, baru ngerti dah) hehehehe...

    terima kasih abmmmmmmmmm -karena layoutnya dipuji. kalau covernya hihihi.... ya begitulah... biar rame, hihihi...

    ReplyDelete
  5. Tita, komentarmu selalu enak (ngelem anake dewe), hehehe.
    Tiyas ibu melu numpang seneng juga dengan komentar mbak Tita, wkt Ayu bawa buku masih sealed, langsung ibu baca-sebab ibu pengin tau juga, ekh ternyata ibu tertarik baca terus, meski cara baca cepat, beberapa tentu ga ngerti sbb jaman ibu kan sudah tertinggal jauh, tapi cukuplah untuk jadi tau 'dunia mereka' si tiga dara itu, dll secara alami. Sampai tau Bebe-nya Miund bahkan wkt jpt Tiyas jadi ketemu in person.
    Kalau Tiyas Miund Weni 'citos', kowe 'aldiron; ya kali ibu lumayanlah, kalau: "Pasar Genjing...ada turun........Hehehe, ibunya 3T

    ReplyDelete
  6. chic: lumayan kok, aku jadi tau istilah2 yg dipake para 20something itu ;))

    tas: oh iyaaa mau dong liat2 foto2nyaa.. jadi ada nggak fotomu dengan pak amputra? =))

    ibu: pasar genjing?! hahahaha

    p.s. ini kolom reply khusus keluarga :))

    ReplyDelete
  7. mbak Titaaaaa! makasih lho reviewnya :D senang bisa menghibur.... hehehehe... ini buku emang tujuannya buat bikin yang baca cengar-cengir kok. gak perlu sampe ngakak akupun sudah senang. dan satu hal yang paling aku sukai dari buku ini adalah...

    gara-gara GOKIL aku ditemukan kembali oleh para alumni sma 6 tercinta yang udah lama pada ngilang entah kemana! hahahahahahaaaa!!!

    makasih yaa udah bacaaaa :D

    ReplyDelete
  8. und: hahaha.. speaking of the devil! it's my pleasure, really :D

    ReplyDelete
  9. tentu saja ada foto ku dengan pak orbar.... dengan wenni pun, dan teman miund yang namanya mbak dani... hihihi, terus ada foto miund berdua dengan pak orbar onstage! hihihi... tunggu yaaaa nanti cita2nya aku mau ke warnet untuk upload foto2 hihihi

    ReplyDelete
  10. alo ta..jd sering masuk multiply loe nih...btw mong-ngomong masalah aldiron, gw denger tu bangunan dah dirobohin dan mo dibangun apartemen blok m. Gw dah lama gak pernah lewat situ lagi, paling mentok ke blok m plaza aja....terakhir mungkin tahun lalu waktu lg demen2nya naek busway...tp kliatannya waktu itu masih ada ya..?? btw miund itu anak 6 angk. brp ya..?

    ReplyDelete
  11. ini aku sudah lihat, di blog-nya miund! haha! miund kapan nih ke bandung, mau minta gambarin di buku doong...

    ReplyDelete
  12. pokoknya seangkatan ama adik gue di ITB (haha.. nggak ngebantu ya)

    eh elu pake headshot kek bek, kalo kosong gini a put off banget deh :P soal aldiron, gue juga nggatau secara cuma lewat2 luarnya blok m aja saben ke daerah situ.

    ReplyDelete
  13. Hihihihi Tita. Akhirnya 'hooked' juga gue sama blog ini. Sepagian sabtu gue bacaiin sambil minum honey lemon mendidih buat nyeduh tenggorokan. Ada bbrp yg lutu banget. Witty udah jelas. Permainan kata2nya cerdas. Topik2 serius malah kurang kena, logikanya agak kurang. Cuma gue gak kebayang kalo ginian di jadiin buku. Lho? Kok gue jadi review blog? maap!

    ReplyDelete
  14. haha nggapapa laah.. *seconding all your opinions*

    makanya gue yg biasanya nge-judge sebuah buku (cerpen, novel) dari isinya, kali ini melepas pikiran bahwa ada plot yg bisa dinilai dari buku yg satu ini. sebab gue tau ini asalnya dari blog - yahh gimana kita2 juga kalo nge-blog: pasti (subyeknya) random dan jarang ada beban nalar.

    p.s. hehhh tembolok sedang meradang ya? *hmmm honey lemon*

    ReplyDelete
  15. Iya nih, kebanyakan makan jagung :p

    ReplyDelete
  16. mbak tita, mau digambarin sketsa mukanya mas orbar yang ganteng itu? hahahakhakhakahkahk!!! btw, dirimu tau gak sih sebenernya jaman orbar masih ngetop dulu? -teteeep nyari temen-

    ReplyDelete
  17. sejujurnya: t i d a k. aku malah mikir kenapa namanya begitu.. apakah karena dia dilahirkan pada jaman orde baru?

    ReplyDelete
  18. abm: wah, benar itu!!! hihihi, tapi sebetulnya katanya nama aslinya BARON! hmmmmmmmmmmmmm :D
    miund, kami sekeluarga ngga update sama orang2 ngetop gitu...jadi maklum lah kalo kami memang ngga tau bahwa ada orang namanya orbar :D

    ReplyDelete
  19. ah tita kamu inget cover merah tua itu yah :) btw generasi aldiron? hahahahahahaha asik juga identified generasi dari tempat nongkrongnya! hidup dodol lah..

    ReplyDelete
  20. pen bacanya blog yg baru yah? cerita2 witty yg lama udah ditutup dan.. jadilah bukunya. bbrp teori dan cerita yg dulu, i must say lebih gokil :D

    ReplyDelete
  21. Yah sayang gue ketinggalan dong :(. Jadi... mesti cari bukunya nanti :p

    ReplyDelete
  22. ven, kasih tau aja kapan ada trafficker.. hehe.. *wink wink*

    ReplyDelete