Wednesday, May 9, 2007

"..biayanya sudah habis, Bu.."


Bagi yang masih mengikuti serial "Balada Pengadilan Negeri": ini adalah lanjutan dari bagian sebelumnya, di mana saya diminta ngisi pulsa henpon sang Panitera. Tentu saja nggak saya kasih dan sejak itu saya nggak pernah kontak2 ybs lagi melalui HPnya. Kali ini ttg penundaan sidang selama 3 kali, termasuk dengan yg terjadi hari ini:

1. Rabu 25 April. Saya datang pk. 10.30, ke kantor Panitera, Pak A. Menurut rekan2 seruangannya, Pak A ada tapi sedang keluar sebentar, mohon ditunggu. Saya tunggu sampai tengah hari tidak muncul2, saya cari di koridor, dekat kantor hakim, juga tak ada. Terpaksa saya tinggal saja.

2. Rabu berikutnya, 2 Mei, saya datang lagi (pk. 10.00) dan berhasil menemui Pak A. Saya bilang, menurut personel Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DisDuk), surat keterangan dari mereka biasanya sudah cukup utk memenuhi persyaratan sidang. Jadi tidak perlu menghadirkan seorang staf ahli sebagai saksi dalam sidang, seperti yg diminta Ibu Hakim. Yang terakhir ini tentunya bisa saja, tapi harus ada surat panggilan resmi dari PN. Menurut Pak A, kita laporkan saja ini sekaligus ketika menghadap Bu Hakim.

Jadilah kita menunggu Bu Hakim, yg katanya sedang di jalan. Tapi sampai lewat pk. 12.00 pun beliau belum tiba, jadi saya dianjurkan utk datang saja lagi minggu depannya, toh sekalian bisa bersamaan waktunya dengan kehadiran staf ahli dari DisDuk tsb. Dia pun menambahkan, "Mungkin juga Bu Hakim ada halangan, karena sekarang sedang ada hajatan". Bukannya bilang dari tadiii!

3. Rabu berikutnya (hari ini), 9 Mei. Saya sudah duduk manis di kantor PN sejak sebelum pk. 08.00 karena langsung ke sana dari mengantar anak2 sekolah. Pak A tiba sekitar pk. 09.30, lalu duduk di dekat saya. "Begini, Bu", mulainya, "Kami kan sudah menyiapkan surat panggilan utk staf DisDuk, tapi karena biaya utk kasus ini sudah habis, maka undangan ini belum dikirimkan. Jadi hari ini belum ada saksi yg dipanggil".
"Jadi biayanya harus saya tambahkan berapa, dan harus saya bayar di mana?" tanya saya cepat. "Di bagian kasir, di Kantor Perdata". Lalu kami sama2 ke sana. Ternyata ini kasir yg pernah memberi saya tips seribu rupiah.. haha..

Pak A (ke kasir): Bu, ini mengenai kasus nomer 74, biayanya sudah habis kan ya?
Kasir: Untuk pengajuan perkara? Atau apa?
Pak A: Ini untuk mengirimkan undangan penghadiran saksi.
Kasir: Oooh untuk itu mah masih ada, kasus 74 kan? (sambil melihat ke map saya) Iya ini masih ada kok. Kemaren itu Pak B salah berarti mintanya, dia bilang buat perkara baru, makanya saya bilang abis. Kalo buat undangan aja mah masih cukup.
Pak A: Oh, ya sudah, kalau begitu ini bisa dikirimkan. (beralih ke saya) Salah, Bu, kemaren, pesennya..
Saya (yg selama transaksi ini cuma nonton): Oh gitu. Jadi saya nunggu Bu Hakim aja ya sekarang.
Pak A: Iya, lapor saja bahwa saksinya belom ada.

What a bunch of incompetence! Saya duduk nunggu lagi sampai lewat jam 12 siang. Pak A menghampiri lagi sekitar pk 12.30 utk menyarankan saya pulang, sebab Bu Hakim datangnya pasti siang. Sekaligus menunggu kehadiran saksi dari DisDuk. Hari Rabu berikutnya saja datang lagi.
Oh I'm so not looking forward to next Wednesday!

Tapi yah emang musti dilakuin aja kali ya.. secara gue nggak ngasih 'salam2 tempel' acan.. :P







53 comments:

  1. dang.. how unprofessional!
    oh im so looking forward for the next story :P

    ReplyDelete
  2. mbak. gw yang cuma baca aja berasa energi gw kesedot, jadi cape.
    apalagi mbak tita yang terjun langsung yak.. huhuw

    march on!!

    ReplyDelete
  3. Ya masih dong! Seru begini :D. Saking lamanya gak ada kabar gue sempet kira udahan :p. Semangat yah Ta!

    ReplyDelete
  4. sekali lagi, gw salut ama elo Ta.. gw yg baca aja "ngos²an". gila ya mereka itu, kerjanya apa'an seh? iihh gemez!!

    ReplyDelete
  5. you can even make one up, yourself.. just keep in mind that things have to go as vague as possible :))

    ReplyDelete
  6. thanks! i got my energy back from spilling the stories here and generating comments! :D

    ReplyDelete
  7. Duh Tita, elo hebat banget, adu kuat aja tuh ama orang2 sinting itu, dan gue yakin banget elo pemenangnya, mereka pasti cape juga kan akhirnya :))

    ReplyDelete
  8. huehuehue kalo udahan beneran, gue hajatan kali ya.. beli komputer baru ;)

    ReplyDelete
  9. euh.. aparat negara yg dengan adil membela dan melindungi warga indonesia? *insert synical laughter here*
    begitu masuk kantor PN, di salah satu dindingnya itu ada plakat selebar jendela yg berisi visi & misi PN. kapan2 pengen gue salin terus gue sodorin kata2 yg sudah gue garis-bawahi ke para stafnya sambil bilang, "ngerti gak sih padaaa??!"

    thanks ya :)

    ReplyDelete
  10. ah benerrr LiTa, gue tadi jg ngomongin ama temen2 di kampus, ini pasti akhirnya ya cuma adu kuat2an aja antara gue dan mereka yg jahil tp sok innocent itu, huh *kibas flanel*
    thanks lita *muah*

    ReplyDelete
  11. looking forward to read a good news next week.. :)

    ReplyDelete
  12. ..and i'm looking forward to writing (for a change) pleasant news, too! :D

    ReplyDelete
  13. temennya bawang.. cabe deehhhhh! tetap semangat ya ta! adu kuat sama orang linglung emang jengkelin.

    ReplyDelete
  14. haha dasar lu spice girl.. cewek bumbu..
    ini namanya adu ndableg. nggatau mereka kalo gue juga bisa tambeng, huh, benci aku..

    ReplyDelete
  15. gue terus menanti......
    makanya, kadang2 gue suka gemes kalau ada orang (kebanyakan yang tidak tinggal di indonesia) yang suka tidak mau mengerti kenapa gue maleeeeeeeeeeeeeeeeeesss ngurus2 hal berkaitan dengan pengadilan agama, kelurahan, dan lain2 surat.....
    tabah sampai akhir, ya esdur! :D

    ReplyDelete
  16. seru ceritanya ta, gua juga masih menunggu2 :D

    ReplyDelete
  17. hiiiih.... gemesssinn banget sih cara kerja mereka, kayak main hompipa alaium gambreng.. siapa yg kuat dia yg menang.....

    ReplyDelete
  18. wadoh... kadang nyebelin ya... pengen lempeng, tp "dikerjain" gitu...
    tinggal kuat2an aja tuh :P

    ReplyDelete
  19. ya ampun Tita, nggak kebayang prasaan elu & capeknya harus dealing sama2 orang2 yg tidak mau melakukan pekerjaannya dng semestinya. Duh kalo sampe semuanya selesai Ta, elu harus bikin acara slametan tuh atau party, utk semua jerih payah & waktu, dll yg harus elu laluin.

    ReplyDelete
  20. gue bilang juga bawa tegep ta.....

    ReplyDelete
  21. gile Ta..... gue udah ngga sabar, mau marah, mau jitak, mau berantem, mau ngajak gelut... sama org2 itu. sumpeeee, elu bukan saja org tersabar yg gue pernah tahu....tapi juga org yang super konsisten. salut salut! kalo elu sampe butuh preman Dayeuh untuk nangani kasus, gue bersedia.... nanti Juni.. hahaha.

    ReplyDelete
  22. Jangar..jangar.....eta kalakuan meni kitu2x pisan nya. Gmn mba beungeut na Pak A, setelah dia di wakwaw sama kasir itu???(*wajah panasaran..:-??*)

    ReplyDelete
  23. Saya curiganya ya Ve, dia dan kasir itu sebenernya juga 'bekerja-sama'. Sama2 pengen dapet duit. Sebodoh2nya mereka, soal cari celah utk dapet 'salam tempel' mah mereka pasti jago - makanya pada pura2 nggak kompeten gitu. Intinya sih utk memperlambat kasus saya aja.

    ReplyDelete
  24. perluu perluu.. tapi premannya buat diajakin jajan aja, secara juni (semoga) mestinya udah selesai kasus brengsek ini :P thanks mer :)

    ReplyDelete
  25. ..trus bilangin supaya bawa motornya yg beres ya. kemaren yg dibawa ke kampus yg bermasalah dengan starternya, jadi apes2nya harus didorong. kan gak jadi sangar :))

    ReplyDelete
  26. hehe bener, udah niat (beli komputer baru.. haha teteupp) :D saya sih sekalian mau ngeberesin semuanya, termasuk WNI-nya anak2, baru deh lega beneran. thanks a lot.

    ReplyDelete
  27. orang2 indonesia nih? wah udah pada lupa kali..
    siap, semangat, kukem!

    ReplyDelete
  28. mari sama2 menunggu kasusnya diputuskan selesai :)

    ReplyDelete
  29. kasusku ini mungkin masih 'mending', ya. gimana coba yg kasus2nya lebih parah, bahkan kriminal. mau di-hompimpa juga? pantesan negara nggak beres-beres.

    ReplyDelete
  30. iya nih, orang mau baik2 dengan prosedur yg benar, ternyata malah jadi sulit di sini..

    ReplyDelete
  31. worth celebrating ya, hahahahaha....

    ReplyDelete
  32. jadi pengen nemuin pak A sama mamaku

    ReplyDelete
  33. Inilah cara bekerja kurang vitamin.
    Vitaminnya ini mesti berupa tip-tipan yang memperlancar darah mereka mengalir menuju otak, kaki dan tangan, walaupun belum tentu sampai ke hati tapi efektif membuat mereka bersemangat menyelesaikan kerjaan. Mudah-mudahan lancar Tita ... :(

    ReplyDelete
  34. Sangat merusak citra PNS !!! Tidak Profesional, Brengsek & Disgusting !!!
    Tabahkan hatimu Ta ! Ini Indonesia.

    ReplyDelete
  35. Benar, nTik! Aku meskipun belum full PNS juga jadi risi!

    ReplyDelete
  36. Kalo bener kejadian, sptnya kantor PN jadi berantakan diacak2 mamamu..
    Kok bisa ya Pak A berkeliaran dengan tampang lempeng, setelah semua yg diperbuatnya thd para kliennya :(

    ReplyDelete
  37. Plon, gue ngga ngikutin kontinyu, tapi sekarang dirapel...aduh, ngga nyangka sepanjang itu buntutnya!!!! :(
    Aduh...gimana mau percaya sama sistem hukum sendiri kalo kenyataannya gini...dan ini bukan satu2nya contoh!!!!
    Mudah2an bisa cepet selesai dan sukses!!! head up, Plon...*peluuuk*

    ReplyDelete
  38. masih nih ?.........tenang dan berdoalah....semoga semua lancar ta...

    ReplyDelete
  39. Tita, bikin buku deh dari pengalaman loe yang ini. Loe bisa ngasi panduan yang berharga banget buat orang-orang lain yang berada di posisi loe dan sekaligus buat nyentil birokrasi yang bener2 kecanduan sama duit sogokan :((

    Sekarang tinggal cari penerbit mana yang nggak takut nerbitin kisah loe itu...

    ReplyDelete
  40. Tita, suabarrrrnya dikau. Maju terus pantang mundur yah. Aku doakan dari jauh. Bisa mengerti bagaimana perasaanmu menghadapi ini, sebab aku juga pernah. Buntut2nya, nangis mbokkkkk. Gak kuat. Birokrasi di Indonesia emang kurang ajar.

    ReplyDelete
  41. Mbak Tita, kemaren aku br ajuin permohonan jg buat pasport anakku di KJRI Chicago, cuma dimintain fotokopi akte kawin, fotokopi akte lahir anak, fotokopi pasport ibu+ayah+ anak. Semua itu @ 2 rangkap trus 6 lbr foto anak ukuran pasport. Biayan $ 55....itu aja....tanpa legalisasi apa2.

    ReplyDelete
  42. makplon: emang lama nih, padahal urusan gue tu cuma mengesahkan akte nikah, lho. cuma gara2 udah terlambat aja jadi ngesahinnya harus di pengadilan :( danke schön *peluk*

    mb yaniar: iya begini nih ceritanya, saya jadi ngerasain sendiri berbelit2nya proses di sini :|

    sop: kalo nggak ada penerbit, ya terbitin sendiri dulu.. hehe.. fotokopi digital kan udah bagus tu

    enkoos: trimakasih :) ya mungkin aku masih berharap nggak semua staf di situ brengsek :P

    julie: wah sudah ngajuin permohonan, smoga prosesnya lancar ya. kalo aku ngurusnya di KBRI Den Haag juga pasti nggak serumit ini, sebab semua persyaratannya aku sudah punya. ini karena akte nikahku belom pernah disahkan di Indonesia aja makanya jadi ribet begini (jadi skg statusku masih 'single' - sampai si hakim memutuskan bahwa statusku adalah 'sudah menikah').

    ReplyDelete
  43. single berbuntut 2.....ga apa Ta, kan udah diberkati...buat gue sih itu lebih penting.....

    ReplyDelete
  44. Gua bacanya aja cape Ta... apalagi elu yg ngejalanin...
    tetep semangat yaaaa...

    ternyata elu gak cuma baik hati dan bijak.. tapi juga kuwat :D

    klo kasusnya udah selesai... bikin artikelnya trus kirim ke SBY Ta.... ;))

    ReplyDelete
  45. jadi umur gue sekarang berapa? *plak*

    kirim ke SBY pengaruhnya apa ya? *bertopang dagu*

    ReplyDelete
  46. oooh..ya amplof....pada minta "amplop" tokh.

    ReplyDelete
  47. Biar dia tau kelakuan aparat nya dilapangan Ta.... sekalian jg masukin Kompas, biar tau rasa tuh para 'abdi masyarakat'...

    ReplyDelete
  48. Ummmm.... 32 ? 33 ?

    43 ? *kaburrrrrrr*

    ReplyDelete