Wednesday, July 20, 2005

Nonton Konser Madness, Online!




Hari Selasa pagi (19 Juli) kemaren, Sybrand kaget liat berita ttg Madness di De Volkskrant, bahwa malem itu akan ada konser mereka di Melkweg, Amsterdam, dan karcisnya udah habis terjual! Wah sayang kita nggak tau jauh2 hari. Mungkin karena mereka sengaja nggak publikasiin terlalu luas, sebab Melkweg ini lokasinya kecil mungil.

Tgl 12 Juli lalu pas Sybrand ulang taun, salah satu kado dari saya adalah CD Madness yg Dangermen, yang baruuu banget keluar. Makanya saya jadi penasaran banget sama konser Dangermen Session kemaren malam. Jadinya sepagian itu saya sibuk browsing untuk cari tau lebih lanjut. Ternyata kita bisa nonton konsernya online, lewat FabChannel! Nah, malamnya tinggal buka situs itu lagi untuk ikutan nonton konser.. asik asik asik! (Jo pinjem ya "asik"nya.. hehe..)

Jadi semalem, anak2 udah pada tidur (*fiuh*), mulai deh ke situs itu lagi, tepat pk 21:00. Hm, sayang mereka pake Windows Media Player, tapi bisa kok.. pilih sambungan ADSL (pilihan lain: modem).. lalu.. TA-DAH! Ada layar kecil muncul, menggambarkan suasana interior Melkweg di saat itu juga.
Saya dan Sybrand pernah ke Melkweg ini utk nonton konser Jonathan Richman tahun lalu, jadi saya masih agak2 familiar dengan suasana ruangnya. Terlihat orang2 sibuk ngobrol sambil minum (umumnya bir), sementara lampu2 masih agak terang menyorot sana-sini. Suara orang2 nggak kedengeran, tapi suara musik di panggung bagus sekali. Sama sekali nggak ada gangguan dengung penonton atau yg lain2 (wah gampang bener nih kalau mau ngebajak, mana kami sudah punya program utk merekam langsung.. hehe) Saat itu sedang dipasang lagu2 jenis ska untuk pemanasan. Madness-nya sendiri belum keluar.

Sekitar 10 menit kemudian, semua lampu padam. Lalu lampu panggung nyala, and here they come! Ahh banyak sekali orang yg masuk ke panggung! Madness ini adalah band yg saya suka sudah sejak 20 tahun yang lalu, tapi sampe sekarang nggak pernah tepat apal nama2 personilnya. Cuma ngerti si penyanyi, Suggs, dan pianist/keyboardist, Mike (yg kabarnya tinggal di Amsterdam), Lee Thompson (sax), Woody (drum).. yg lain2 cuma ngerti nick-name nya aja spt Cash Smash, Chrissy Boy dan Bedders. Selain itu, jumlah mereka setau saya ada tujuh, tapi kadang2 enam kadang2 delapan. Dan tadi malam, di panggung pasti ada lah 10 orang.. hahaha..
Tampang2 mereka sama aja seperti dulu, cuma sekarang tentunya versi umur 40an-nya. Tapi goyangannya, teteeupp! Gaya2 panggungnya sama, hanya saja Suggs kedengeran cepet capek nyanyi, jadi nggak heran instrumentalnya dibanyakin.

Lagu pertama, hanya instrumen untuk pemanasan masing2. Lalu masuk ke lagu2 dari album Dangermen (yang isinya memang kebanyakan cover songs dari lagu2 tua): Shame & Scandal (Lord Tanamo), You Keep Me Hanging On (Diana Ross & The Supremes --> ini salah satu cover song favoritku!), Girl Why Don't You? (Prince Buster), lalu ada lagu yg saya nggak terlalu ngerti.. Habis itu Taller Than You Are (Lord Tanamo), sebelum satu lagu lg yg saya nggak apal judulnya (reff nya, "If you could lose me..").
Setelah itu, lagu lama dari Madness sendiri, The Prince! Huaa asik, sampe joget2 sendiri di depan komputer.. hahaha.. Terus, cover song Lola (The Kinks)! Gile ini juga saya suka bangeeet! Dan jelas ikut2 nyanyi dong! Lanjut dengan So Much Trouble in The World (Bob Marley), Israelites, (Desmond Dekker), -- (? nggak tau, tp reff nya gini: "Send him to outer space.."), lalu Wonderful World Beautiful People (?), John Jones (Desmond Dekker), diakhiri dengan satu lagu lama dari Madness lagi: One Step Beyond!

Suggs terkadang ngajak omong penonton juga. Kata2nya nggak selucu gayanya (apalagi gaya di videoclips-nya), malah kadang2 garing.. hihi.. Tapi kadang2 dia juga ngelempar lawakan ironis. Setelah One Step Beyond, semua meninggalkan panggung dengan ucapan terakhir, "Good night!".
Wah, pikirku, pasti bo'ong nih, masa cuma 14 lagu, cuma 1 jam?! Para penonton, yang selama konser berlangsung nggak berhenti joget dan ikutan nyanyi, keliatan berseru2 "Madness! Madness! Madness!".. dan beberapa menit kemudian mereka muncul lagi! Langsung dengan lagu Dangerman aka High Wire (Bob Leaper & His Orchestra --> another cool cover song!), dilanjutkan dengan lagu lama Madness, Night Boat to Cairo, lalu Madness! Huraaa bisa nyanyi bareng lagi! Setelah itu ada satu lagu lagi, didominasi instrumen tapi ada reff nya ("You'll never gonna stop us.."). Habis itu konser benar2 berakhir. 19 lagu, selama 1 jam 26 menit - lumayan, meskipun nonton lewat Internet ('gratis', jreng!), tetap bisa sangat menghibur.

Pada layar komputer terlihat lampu2 dinyalakan lagi, dan para penonton perlahan beringsut dari tempat berdiri masing-masing, menuju ke pintu keluar. Lalu gambar terhenti. Mudah2an konser Madness berikut nggak terlewat lagi ah!


ps. Kalau ada yg mau coba nonton videoclips Madness, bisa download gratis di sini

4 comments:

  1. lah keren banget bisa liat konser live via internet gitu :)

    ReplyDelete
  2. Iya nih, pengalaman pertama, makanya masih keasikan.. hehe..
    Bener2 baru nemu, bahwa FabChannel itu menyediakan tayangan konser live dari Melkweg dan Paradiso (dua2nya gedung konser di deket Leidseplein, Amsterdam).

    ReplyDelete
  3. eh.. baru baca nih postingannya... hmm keliatannya menarik... donlot aah.. :D semacam ska kah?

    ReplyDelete
  4. memang ska, van! donlot?! hihihi dasarrr.. !

    ReplyDelete