Tuesday, July 12, 2005

Another Year Over, And A New One Just Begun..




Hari ini Sybrand ulang taun. Dhanu yang hari sebelumnya ngumpetin kado bareng2 saya, begitu bangun tidur langsung melesat ke tempat penyimpanan kado dan ngeluarin semuanya. Terutama kartu buatannya. Ini ada gambar kartunya, ceritanya ada roda raksasa (seperti Bianglala di DuFan gitu lho) yang pernah dia lihat di Museumplein, terus di kanan bawah ada figur kecil berlari ke arah roda gede itu. "Ini Dhanu", katanya, "Berlari ke arah roda raksasa sebab dia suka naik itu. Dan di belakangnya ada bapak sedang bawa kado". Figur di atasnya itu saya dan Lindri, lalu di atas lagi ada tiga balon.
Kado2 lain utk Syb: graphic novel Will Eisner yang "A Contract with God" versi Belanda (lettering-nya garapan Peter Pontiac), plus versi Yiddish-nya (dikasih gratis sama orang di Lambiek, bonus, katanya), dan yang "City People Notebook" (bahasa Inggris). Lalu ada CD Gorillaz yg "Demon Days" dan Madness yg "Dangermen - Volume 1". Habis buka kado, berikutnya acara tiup lilin. Kemaren saya dan Dhanu sudah beli kue coklat dari Holtkamp (tentu saja pilihan Dhanu!) plus empat petit fours. Kuenya bentuknya balok memanjang, saya pasang 4 + 4 batang lilin (kalo masang 44 lilin, pasti nggak muat permukaan taart-nya). Habis nyanyi, Dhanu bantu tiup lilinnya. Lindri cuma seneng aja liat lilin nyala dan selalu pengen pegang2 apinya. Setelah itu ya kita sarapan taart coklat (ternyata nendang banget) plus masing2 satu petit four. Lalu Dhanu berangkat sekolah, dianter Sybrand.

Seharian, santai2 aja di rumah.. Sybrand keluar sebentar, terus njemput Dhanu, lalu pergi balapan sepeda. Sepulang balapan, dia nonton Tour de France sampai tamat. Saya? Di samping ngurusin Lindri, sempet juga kerja sedikit sambil chatting.. haha.. Untuk makan malam, kami pergi keluar. Ini jarang banget kejadian, sebab Sybrand paling nggak suka makan di luar (or going out for whatever reason other than cycling), dia orang rumahan banget. Kali ini kami nyoba restoran Vietnam-Thai di deket rumah (di ujung jalan Albert Cuyp) yang katanya seafood-nya enak.

Sampai sana, kami pilih duduk di dalam sementara orang2 lain milih duduk di luar, sebab cuaca memang sedang bagus sekali. Kami nggak mungkin lah pilih duduk di luar, sebab "di luar" itu berarti bener2 di side walk dan langsung berhadapan dengan jalan raya (plus jalur tram) - kasihan anak2 kalo dilarang2 jalan jauh2 terus. Jadi di dalam, anak2 bebas berkeliling dari meja ke meja.

Awalnya, karena lapar, mereka makan dulu.. beberapa sruput sup dari saya (yg mesen Wan Tan soup - Syb pesen Tom Yam jadi terlalu pedes buat anak2). Sup ini rasanya beda banget sama yg di restoran Cina, meskipun judulnya sama. Wan Tan-nya isinya mungkin banyakan kepiting dan telur dan selalu tercium aroma daun ketumbar. Anak2 juga doyan fish cake dan Wan Tan goreng, jadi mereka tertib duduk sendiri sambil makan dari piring masing2. Fish cake-nya enak, tapi agak terlalu greasy, sementara Wan Tan-nya ya seperti yg di sup, tapi digoreng. Ada sambel cocolannya juga, yang sama sekali nggak pedes, malah cenderung manis rasanya.

Jeda ke hidangan utama rupanya cukup lama. Anak2 sampe sempet lari2an di dalam ruangan. Lindri sibuk mungutin tempat garam dan merica dari meja2 lain (akibatnya, banyak ceceran garam dan merica di lantai), atau ngambilin apapun yg bisa dia samber dari meja (nomer meja, wadah tusuk gigi, tempat sambel..). Lalu dia main uber2an dengan Dhanu. Sebenernya nggak apa2 sih, asal jangan sampai ke arah pintu keluar aja. Pas makanan dateng, mereka tetep nggak bisa diem, dan nggak mau duduk makan lagi. Jadi saya makan sambil berdiri, atau duduk posisi stand-by untuk siap2 ngejar Lindri kalau2 dia tau2 nuang sambel ke lantai atau lari keluar. Oh tapi Dhanu makan sedikit, dia sempet duduk sebentar utk makan nasi plus ikan goreng, terus abis itu lari2 lagi.

Syb pesen ayam saus mint, yang ternyata agak pedes tapi tetap segar karena ada mint-nya - potongan daging ayam ditemani juga oleh sayur2an seperti wortel, jagung muda dan jamur. Saya pesen ikan goreng tepung saus asam-manis. Saus asam-manis nya juga beda sekali dengan restoran Cina. Daging ikannya (fillet) besar2, lapisan tepung gorengnya masih renyah, enak banget. Begitu semua habis, kami langsung siap2 utk bayar di depan sambil ngejar anak2 yg sedang keliaran di sekitar pintu masuk. 2 soup, 2 appetizers, 2 main dishes + rice, 2 apple juice + 1 pot tea = 44 Euro. Keseluruhan makanan, saya ponten 7+ deh.

Dari sana kita jalan kaki lagi ke arah rumah. Cuaca bener2 sedang enak. Sampai rumah anak2 langsung ganti piyama dan tidur *fiuh*. All in all, Sybrand bahagia katanya di hari ultahnya ini, dia melakukan semua yang dia suka hari ini. Terima kasih untuk semuanya, atas kiriman ucapan selamat dan doa2nya.

Sebagai penutup, ini ada gambar lagi dari Dhanu, "Zorro". Entah kenapa anak2 senang sekali nonton film seri Zorro keluaran Disney th 50an itu. Di sini Dhanu lengkap nggambar semuanya: huruf Z yg ditulis Zorro dengan pedangnya, Zorro sendiri di kanan bawah (pakai masker hitam), dan seorang penjahat (berjenggot) di tengah2. Wah sayang nih anaknya lagi tidur, kalau enggak saya kan bisa tanya2 detailnya, dia pasti masih ingat semuanya :)

ps. Foto2 lain akan menyusul

11 comments:

  1. slamat ulang tahun ya buat suami tercinta....
    'ta, kata asach tahun ini balik ya....asyik dong

    ReplyDelete
  2. makasih so :D
    taun ini? belom lah, taun ini masih akan nyelesaiin disertasi (mudah2an lancar). awal taun depan rencana defense, baru deh balik. ayo bangun pagian, biar bisa ikutan ngobrol di chatroom bareng asach :)

    ReplyDelete
  3. bagun pagi? lha tidurnya pagi....
    sering kok saya chatting sama asach, apalagi kalo dia sedang gelisah2nya....he he he

    ReplyDelete
  4. aaaaaaaa nanti kalau jadi ingin dengarkan cd gorillaz yaa!!!... aku sedang menabung untuk membelinya, juga untuk membeli cd x&y coldplay... hihihi...

    ReplyDelete
  5. gambarnya lutjuuuuuuuuu qeqeqeqe, sampe ngikik liat zorro

    ReplyDelete
  6. Tita,

    Met Ultah yah buat Sybrand. What a beautiful family!

    Dhanu udah nurun bakat ibu-nya yeuh!

    ReplyDelete
  7. Peter, makasih ya :D
    Dhanu niru ibunya: ngoret2 kertas melulu, Lindri juga niru ibunya: nempel di komputer terus.. :))

    ReplyDelete
  8. Wah ...telat nih...titip salam met ultah buat Mas Sybrand yah Ta :) Lain kali ke restoran Vietnam coba Mie Miko, itu ada yg pake bakso..rasanya manteb banget..kalah deh mie GM ;) (kalo gak salah sih, abis udah lama gak makan mie gm, dah lupa rasanya hehehehehe)

    ReplyDelete
  9. Makasih ya Ayu :)
    Waktu itu restorannya Vietnam-Thai, jadi rada bingung milih2nya.. hehe.. Iya ah lain kalo nyoba mie itu kalo ada.

    ReplyDelete
  10. arrrrrrrrrrgghhh..titaaaa....gambar 1 lagi ga kliatan :(( :((

    ReplyDelete
  11. iya jadi kecil banget... kalo mau versi gedenya, coba klik sini

    ReplyDelete