Sunday, May 27, 2007

Kapten Bandung 2: Komplotan Abeng

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Motulz
As posted by Tita at http://esduren.multiply.com/reviews/item/45

Adanya isu bahwa album ini sudah ada di pasaran membuat saya mencari2 setiap kali mampir ke toko buku. Setiap kali cek ke customer service, selalu terlihat bahwa stok sedang kosong. Tapi hari ini, di Toko Gunung Agung BIP (Bandung), tertera angka 10 pada layar komputer! Akhirnya berhasil juga album ini terpegang (ada teaser-nya di http://komik.multiply.com/photos/album/18)

Kali ini Kapten Bandung muncul berukuran A5 dan hanya setebal 32 halaman. Kertas dan cetakannya berkualitas standar, namun terlihat bahwa outline gambar tidak tercetak tegas. Melihat ukurannya, album komik ini cukup praktis bila dibaca sambil makan di gerai cepat-saji (= yang saya lakukan segera setelah membelinya).

Ceritanya cukup sederhana, tentang komplotan pencuri sepeda motor, dengan sasaran utama motor2 di kampus, yang aksinya dihentikan oleh Kapten Bandung. Terlepas dari kurangnya greget cerita dan latar belakang (setting) yg kadang2 terlalu 'sepi', album ini tetap memiliki daya tarik. Yap, apa lagi kalau bukan Kapten Bandung itu sendiri yg banyak ditunggu-tunggu oleh para kolektor yang telah mengenalnya sejak terbitan perdananya dulu. Hal lainnya, tentu saja sudut2 kota Bandung yang direkam dan digambarkan dengan baik oleh Motulz. Hanya saja sayang pembuatannya tidak konsisten: beberapa panel, bahkan halaman, diselesaikan tanpa detail (contoh, baliho di jalan berupa bidang kosong, dan tembok di jalanan terlihat bersih). Satu lagi daya tariknya, album ini mungkin bisa sedikit mengobati kerinduan akan komik bermuatan lokal.

Overall, saya beri tiga bintang utk point2 di atas, dengan harapan terbitan berikutnya bisa jauh lebih baik lagi. Ayo semangat, Tul! Ayo Pid, bikin cerita yg lebih seru lagi!


Kapten Bandung: Komplotan Abeng
Ide tokoh & cerita: Motulz
Penerbit: PT. Pendulum Multimedia Kreasi, 2007
ISBN: 978-979-1343-00-8
Harga: Rp. 17.500,-

7 comments:

  1. kapten bandung forever lah!
    mau ikutan keroyokan superhero gak bareng kawan2 MKI?

    ReplyDelete
  2. link ke MPnya kang motulz gak di kasi ? hehehe
    beli ah, trus mo mintak tandatangan.. :D

    ReplyDelete
  3. keduluan apa, roel? bikin review-nya aja juga, isinya bisa jadi beda :D

    ReplyDelete
  4. keduluan review ...kurang lebih sama tapi lebih detil tita :D

    ReplyDelete
  5. tadinya udah mau nuduh, naha nyieun sorangan, mereview sorangan. ternyata teteh tita yang ngomentarin ya hihihihi.. ihiiiyy.. minta ah ke motulz *lho?!*

    ReplyDelete