Wednesday, September 14, 2005

Menyebalkan!!




Ini sebenernya udah sebel sejak kemaren, tapi baru sempet nulis sekarang (udah agak mendingin nih.. hehehe). Ceritanya ada seseorang yg ngontak saya lewat jalur chatting Y!M, katanya dia lihat ID saya di salah satu milis yg saya ikuti sedang 'nyala'. Katanya dia hampir berangkat utk studi S2 di Belanda, dan perlu tanya2 sedikit. Saya berniat meladeni sebentar, siapa tahu bisa membantu. Sebab saya tau rasanya waktu berangkat dulu, sama sekali nggak ada saudara atau teman di Belanda, bener2 sebatang kara waktu baru mendarat di Belanda (sementara, anak ini ternyata bakal berangkat berombongan dari Indonesia - ya mending dia banget lah, mana dia anak cowok pula)

Anyway, awal2 memang bertanya2 biasa ttg hidup di Belanda, harga apartemen dan biaya kebutuhan hidup sehari2. Lalu ttg sekolah dan disiplin ilmunya. Wajarlah, kalau dia juga tanya2 ttg studi saya, di Belanda di mana dan gimana. Nah di sini ini mulai lah kesebalan itu.. ketika percakapan kira2 berlangsung spt ini..

orang itu (oi): udah nikah ya mbak?
saya: sudah, dan ada anak kecil dua
oi: suaminya apa? org indonesia?
saya: bukan, orang lokal
oi: wah seperti artis2 sini dong ya, kawin ama bule

*DING!* Kadar sebel level satu. Saya mulai kesel tapi nggak punya energi utk marah. Pertama, saya nggak suka dibanding2in sama "artis" hanya karena sekedar 'kawin sama bule' itu trend. Yuck. "Kawin" itu tujuannya bukan utk "trendy"! Kedua, kalo kawin ama 'bule' emang terus kenapa?! Kenapa harus jadi rasis seperti itu, saya kan memilih suami bukan berdasarkan warna kulit, rambut dan mata?! Percakapan berlanjut karena saya pada dasarnya penyabar :) Tapi sudah nggak seramah sebelumnya (kerasa nggak ya dia?)

saya: mana gue tau (nah langsung gue2an.. hehe..), udah lama nggak baca2 ttg artis Indonesia (bernada lempeng)
oi: udah jadi warganegara sana dong mbak

*DING! DING!* Kadar sebel level dua. Apakah segampang itu ninggalin warga negara asal?! Apakah nikah dengan orang asing harus berarti meninggalkan kebangsaannya sendiri?! Memang dia kira saya siapa, dia siapa sih?! Lanjut..

saya: enggak lah (tetep lempeng), buat apa?! masa nanti kalo mudik ke indonesia musti bikin visa?
oi: wah ada nggak ya bule yg mau sama saya nanti?
saya: ke sini niat sekolah atau mau cari jodo?! (mulai rada jutek)
oi: yah, sambil laah, siapa tau dapet, kan lumayan
saya: (udah males ngeladenin)

Selanjutnya dia bla bla aja.. yang pastinya menambah *DING! DING! DING!* kadar sebel saya (sebab dia masih aja bicara seputar ndapetin jodo bule - nggak mutu banget). Tapi - bener kata sepupuku Chica - saya emang nggak bisa marah, nggak bisa ngedamprat orang :P Jadi yah.. biarlah anak satu ini berlalu dengan pikiran cupetnya itu.
Tapi, sedihnya, yg beranggapan seperti anak itu adalah masih sangat banyak di Indonesia. Dan, sedihnya lagi, banyak pula orang Indonesia yg membuktikan bahwa anggapan seperti ini benar adanya: mereka yg sengaja cari jodo as long as s/he is 'bule', demi perbaikan ekonomi. Nggak salah sih, sebab memang adalah hak masing2 orang utk mendapatkan perbaikan hidupnya.

Tapiii.. lalu banyak artikel di surat2 kabar yg mengekspos betapa menderitanya si anu disiksa suami bulenya, betapa sengsaranya hidup di sangkar emas di negri orang, betapa pedihnya si anu tapi tak bisa berbuat apa2, dan semacamnya. Ini menyesatkan, bukan? Sebab, jangankan dengan orang asing, dengan orang bangsa sendiri pun si "anu" bisa juga merasakan siksaan domestik yang sama, bila milih jodo tanpa landasan selain tampang dan harta! (ciee.. mulai angot lagi).

Ah sudahlah, pokoknya udah ngumbar kesel di sini, jadi bisa konsentrasi lagi ke kerjaan :D Biarkan para cupet itu berpikiran sepicik mungkin, saya tidak perlu membuktikan apa2 ke mereka.



Gambar: tadinya gambar Voodoo doll dari website Voodoo Devils, sekarang diganti jadi gambar ayam panggang dari sini. Terus, karena baru nyadar gambar ayam panggang itu kurang tepat, ganti lagi jadi gambar sebuah alat musik tabuh bernama "SABAR" (abis katanya gue mesti sabar :P), dari situs ttg drum asal Senegal di sini.

41 comments:

  1. Udah santai aja .. kadang jokes orang emang jayus esp kalo orangnya yang berpandangan sempit.
    + mungkin mereka ga sadar bahwa tanya ke urusan personal orang itu ga sepantasnya .... ga sekalian nanya
    " masih virgin mbak " ...
    [ nah kalo ini .. langsung * PLAK * ya ? ]

    peace udah .. jangan di voodoo gitu donk . .terlalu enak hehe.

    ReplyDelete
  2. hihi makaseeh, ini udah nggak seangot wkt itu :P kalo nanyanya "masih virgin", gampang: gue kirim hombreng aja buat meriksa virginitas dia :D

    ReplyDelete
  3. wah mbak sabarrr, sabaar... anggap saja mbak Tita beruntung dan sedang disorot dan diwawancara. biarlah orang memandang picik... memberi pelajaran buat kita untuk tidak berpikir sama dengan mereka. Ciao mbak !!

    ReplyDelete
  4. iya saya sudah terlalu sabar :P memang, cara pikir orang beda2 dan kita ambil yg bagusnya aja. trims ya! (hmm.. gambar voodoo nya diganti aja kali ya.. kesannya terlalu sangar)

    ReplyDelete
  5. "jangan di voodoo gitu donk . .terlalu enak hehe"

    udah diganti tuh, jadi yg enak beneran: ayam panggang :D

    ReplyDelete
  6. Salam kenal. Wah mbak.... saya kira wajar-wajar aja. Usaha mendapatkan kewarganegaraan memang marak. Malah pakai acara bohong, misal menjadi pelarian politik, lari dari ketidakadilan ini itu..... Memang buanyakkkk sekali. Dan banyak yang berhasil. Malah barusan kemarin jaringan orang Indonesia di AS yg membuat kartu palsu sudah divonis. Kasusnya sendiri terungkap tahun lalu.

    Soal abuse, ada aja kasusnya, tapi seperti biasa hanya kasus di-blow up sehingga seperti mewakili sebagian besar sampelnya. Jadi saran saya ya santai aja.... kalau mau ya terangkan... kalau nggak mau ya diamkan.

    ReplyDelete
  7. eh...waktu nulis reply ini gambarnya belum ganti ayam panggang tuh..(masih voodoo..:). ta...org model gini harusnya tetap diberi kata2 yg tegas..walau nggak terasa menguliahi (panas juga yg baca..he..he..).soalnya terlihat..kadar ngelunjak-nya bertambah. saya juga mungkin org yg nggak bisa marah kalau nggak kenal2 banget (he..he..makanya suami sering bilang: kenapa kalau sama dia bisa 'berantem'..sementara ke org lain nggak pernah). ya....saya pikir karena sudah terlibat perasaan lebih jauh, makanya kalau membahas sesuatu juga harus lebih detail (plus pake gaya bicara si dina...berasa jadi berantem). tapi emang harus dikasih 'batas' kalau ngomong sama org spt ini..kalau nggak bikin tambah item tuh ayam (saking panasnya...)..he..he..

    ReplyDelete
  8. Salam kenal juga. Memang iya, prihatin liat orang2 sebangsa berusaha keluar dari negaranya sendiri, karena alasan yg valid: nggak keurus sama negara sendiri! In general, anggapan publik memang sudah cenderung negatif thd kawin campur. In particular, personally saya nggak pernah ambil ati perkara ini (sampe ada orang gak kenal, langsung 'nuduh' sembarangan lewat chatting.. hahaha). Thanks.

    ReplyDelete
  9. Titaaaaaaaaaaaaa, gue ikut elu sebel. Sorry ya, tapi suruh2 sabar ato menganggap wajar ato biarkan anjing mengonggong sementara gue ngeloyor itu udah gak jamaaaaan. Udah waktunya lah orang2 yg 'berpendidikan' (bisa kan main2 teknologi macam internet?) berpikiran lebih luas dan mau belajar dan orang yg 'lebih' tahu pun berani lebih tegas dan jgn selalu memakai aturan" sing waras ngalah". Grrrrr... Itu melanggar privacy banget sih. Grrrrr........

    Aniwai, gue ada ide: kenalin ajaaaa si OI sama tetangga fiction gue :D :D :D. Biar mereka berbagi madu: satu seneng pamer, yg satu bisa cari tips untuk menggaet bule. Huh!

    PS: ini jangan2 gara2 surat2 di KCM yg gue bilang itu Ta, tentang betapa indahnya merit sama org belanda. huahahahahahahhahahahahaha. eh, tapi itu ibu2 deng :D

    ReplyDelete
  10. hahahah boneka voodoo-nya tadi mantep ya padahal :P
    ahh lain kali kalo dia kontak lagi lewat Y!M, kalo lagi ada niat ngebilang2in, baru deh saya ladenin. dan lain kali kalo ada orang yg njutekin macem dia lagi, saya bakal inget kata2mu :)

    ReplyDelete
  11. Ahh the good ol' Bookshop, yg kalo ngedamprat orang bisa kayak petasan banting *pasang icon peluk di sini*
    Hmm.. bener juga lu, bisa jadi cocok ya mereka, si OI dan tetangga fiksimu.. belom berangkat aja niatnya udah gitu.

    ps. Haha iya ya jadi inget artikel itu.. duuhhh.. Satu lagi dong 'kormed' (korban media) :P

    ReplyDelete
  12. gw ngga mau ama cewe bule, takut, gede2 dan rata2 bau. :D

    ReplyDelete
  13. hehe.. kamu ketemunya sama cewek2 bule di gym sih, pantes pada bau :P

    ReplyDelete
  14. Aku stuju banget sama kamu, kalo:
    (1) komentar2 org itu sangat menyebalkan, tapi
    (2) sayangnya, sedihnya dan sebalnya ini typical komentar org2 indo
    (3) mending org2 kayak gini dibiarin aje
    (4) kita (Tita, gue juga...:P) ngga perlu ngebuktiin apa2
    (5) org2 kayak ini kadang2 musti di voodoo juga...
    (5) cuma krn nge-voodoo juga ngga bisa, daripada buang energi kayaknya ngadepin org kayak gini musti sabar aje ya

    ReplyDelete
  15. udah mba.. masukin daftar Ignore list YM ajah.. hihihih.. atau sebelum dimasukin ke ignore list.. di 'ceramahin' dulu.... biar puas...!

    ReplyDelete
  16. gue setuju usul yang ini, esduren! jadi gemeeeeeeeeeeeeeeeessssyyy... deh!

    ReplyDelete
  17. Jangan dibiarin! Ngeselin! Bilang aja, "maaf ya, pertanyaan ini saya kira nggak relevan dengan keperluan Anda untuk sekolah ke Belanda. Dan saya tidak berminat untuk menjawabnya. Juga, saya pikir komentar Anda picik sekali, dan dengan 'attitude' seperti itu, Anda akan sulit beradaptasi di Belanda."

    Cukup menggigit, nggak?
    Hahahahahahhahahahaaaa...

    Esduren, sini biar gue yang tanganin deh... :D

    ReplyDelete
  18. wah kalo yang ini udah turun tangan, udah deh.....

    gw juga kalo ketemu barang kayak ginian, langsung deh gw semprot abis, kenal gak kenal...he he he

    ReplyDelete
  19. gua kok jadi ikutan nepsong ya :D
    berikut ini gua buatkan percakapan imaginer seandainya gua elu

    orang itu (oi): udah nikah ya mbak?
    saya: sudah, dan ada anak kecil dua
    oi: suaminya apa? org indonesia?
    saya: bukan, orang lokal
    oi: wah seperti artis2 sini dong ya, kawin ama bule
    ---
    sayah: maksudnya??
    oi: ya maksudnya enak kan mbak
    sayah: enak MAKSUDNYA??
    oi: ya lumayan kan perbaikan nasib
    sayah: Kamu kali yang perlu diperbaiki nasibnya, saya sih engga tuh
    *Tendangan tahap satu*

    oi: udah jadi warganegara sana dong mbak
    sayah: apa hubungannya kawin ama jadi warga negara sana?
    oi: ya kan lebih enak daripada di sini rese
    sayah: lho, buat saya indonesia enak2 aja tuh. Ga tau ya kalo kaya kamu yang perlu diperbaiki nasibnya mungkin ga enak
    *tendangan dua lapis sekaligus*

    oi: wah ada nggak ya bule yg mau sama saya nanti?
    sayah: pertanyaan kamu mulai annoying deh
    satu - saya bukan dukun, mana saya TAU DODOLS
    dua - kalopun saya dukun, saya juga punya hak buat milih klien dan kalo yang annoying kaya kamu saya OGAH
    tiga - saya kebetulan orang yang sangat nasionalis, jadi pertanyaan kamu menunjukkan betapa kamu orang yang tidak layak untuk dikenal
    empat - selama ini saya membantu kamu karena saya pikir kamu mau sekolah, kalo tujuan kamu mo cari jodoh bule ... kamu salah alamat. SALAH SEKALI. Saya bukan biro jodoh, bukan telombong tempat curhat gratisan orang norak dan saya menyesal udah buang-buang waktu saya yang berharga buat ngelayanin kamu yang picik dan nyebelin.

    BRAAAAAAAKKKK (banting pintu)

    Hihihihihihihihihi ....

    ReplyDelete
  20. namanya juga 'larasati' yang katanya artinya 'baik hati' .... :) dari kecil kan kamu memang baik hati. isane mung ngguyu thok.....
    sabar Ta ..... orang mau ngomong apa biarin aja. sing penting keluargamu hubungane hangat. Love - tenik

    ReplyDelete
  21. tambahan... gue juga setuju,
    (7) kalo mau damprat ya mending sekalian kayak mbak KK
    (8) sebaiknya urusan ginian ditangani mbak KK

    so, KK, maukah dikau jadi centeng kamih? ..:D

    ReplyDelete
  22. [ copy ] "kata2 KK" [ /copy]

    ..saat OI dan sebangsanya muncul lagi di Y!M dengan pertanyaan2nya yg kampungan..

    [ paste ] "kata2 KK" [ /paste]

    ..terus klik [ block user ] seperti usul Ika. Hah, mantap!

    ReplyDelete
  23. wah cin, gue emang anak bawang di suku lidah tajam euy.. :P (kebayang kalo skenario ceretch ini bener2 kejadiain, si oi pasti udah ngacir terkaing2 dengan ekor terhimpit setelah pintu dihempas di mukanya).

    ReplyDelete
  24. Untung dia ngak ketemu gue, soalnya aku ngak sesabar kamu Ta. Kalau ada yg nanya minta jodoh bule lagi, jawab aja, "Sorry aja deh ya...... gue rasa bahkan elo ngak level untuk dapat jodoh baik ras manapun dengan pikiran cupet seperti itu". Udah gitu baru deh di santet pake paku berkarat, jeruk limau, kembang 7 rupa dalam kantong warna merah, hehehehehe........ (inilah voodoo ala Indonesia --- ingat film Guna2 Istri Muda?).

    ReplyDelete
  25. Heran gw...masih aje ada tipe org kayak begitu...pikirannya picik amir....kalau kawin ama bule..disangka perbaikan nasib...kan gak semua begitu...bisa2 kali kalau chat ama gw..dia lemparin pertanyaan yg sama kali... Gw sih sabar...tapi kalau nanya nya udah nyinggung2 perasaan dibogem mentah aje...Tita.

    ReplyDelete
  26. Orang gini mah paling gampang :

    1. Disemprot dimarahi dicaci maki langsung biar tau rasa...
    2. Kalo gak mempan juga, investigasi sebentar trus pergi ke kalimantan cari dukun untuk di voodo buang alat vitalnya...(bisa didelegasikan ke Cak Uding) :))
    3. Kalo masih gak mempan juga pergi ke gunung semeru untung bikin gatel gatel seluruh badannya terutama bagian punggung biar gak bisa tidur tenang (bisa didelegasikan ke Cak Uding) :))

    Jaman sekarang mah kalau cuman nyemprot doang trus misuh misuh di dunia maya kadang kurang :)). Perlu pelampiasan lebih..maaf gue paling BT lihat cowok kayak gombal rombeng gitu... (loh kok malah gue esmosi)

    ReplyDelete
  27. Wah repot tenan nek Cak Uding medurone metu..
    Wes lah cak, cah ora mutu iki :P Alung browsing website iPod nano..

    ReplyDelete
  28. Hehe.. pinjem bogemnye ye mPok..
    Hm, bentar lagi anaknya nyampe Belanda nih, bakal sekota pula ama gue. Pasti dia ngontak lagi, more sooner than later! *siap2*

    ReplyDelete
  29. Hahah bener, gue lebih serem ama guna2 dan santet indonesia dibanding voodoo :P

    ReplyDelete
  30. mau... mau... mau....! kayaknya bakat gue emang di bisnis percentengan nih.... :D hhehehehheeeheheheheheheheee.....

    ReplyDelete
  31. Duuhhh ... Tita .. jurus PLAK nya hanya utk si Mamad sihh .. ;)) .. boleh kok Ta dipake buat orang norak kampungan itu ..he.he.he...

    ReplyDelete
  32. Seorang teman pernah bilang:

    "Don't ever fight with an idiot! He will take you down to his level, and beats you with experience!!"

    Jadi, don't fight. Jangan pake kekerasan, baik fisik maupun verbal. Buat apa kekerasan.. lha wong ada makhluk halus yang bisa disuruh ngirim santet.. wakakakak...

    ReplyDelete
  33. cindiiihh.. hahhahahaaa...

    wah emang nyebelin tuh ta... sabar ya taaa.. ^_^ tapi sekali-kali di-kick aja biar pinteran dikit hihhi...

    ReplyDelete
  34. iya nih, gue emang jarang dapet mood utk nge-kick :P (orangnya ini udah nyampe amsterdam lho, tp smp skg belom ngontak gue lagi.. sempet baca jurnal ini kali ya.. hihihi)

    ReplyDelete
  35. Salam kenal, Tita...

    Saya jadi geli bawa ceritamu.. Bukan apa-apa, soalnya saya tahu perasaanmu gimana waktu itu, wong sering juga mengalami... Glad to find someone else who's in the same boat. Mending disama2in dengan artis. Zaman belum "trend" artis kawin sama bule, wanita kayak kita disama2in dengan "ayam". Sialan kan.

    Tapi emang enggak perlu kita masukin hati... stereotype dimana-mana ada aja... orang cupet juga. Seperti Tita bilang... hak orang lain lah kalau ada yg punya misi hidup "mencari jodoh bule".

    Mendingan kita ikut fight mengubah UU citizenship yg kuno itu. Lebih penting. :)

    ReplyDelete
  36. Salam kenal juga :)
    Hehe emang sialan, apalagi kl di Indonesia. Huh.

    Iya ah, pengen ikutan memperjuangkan dwi kewarga-negaraan, demi anak2 juga :D

    ReplyDelete
  37. Salam Kenal
    baru baca koran hari ini http://analisadaily.com/0-7.htm
    kabar gembira tuh : Perempuan Indonesia akan Bisa Beri Kewarganegaraan Anaknya ..

    ReplyDelete
  38. salam kenal juga. terima kasih atas link infonya. mudah2an prosesnya nggak sulit *lega: nggak usah mikirin KITAS anak2 nanti*

    ReplyDelete
  39. eh ya ampun, gara2 nyari link utk bolpen pilot kamu utk si Nat, aku ketemu sm blog yang ini..*dulu2 kok aku gak liat ya?*
    Dan baru sadar juga kalo ada si Brawitolol di sini =))

    ReplyDelete
  40. hehe.. dan si menyebalkan ini sudah setahunan berada di amsterdam, dan aku belum pernah ketemu sama dia (nggak minat :P)

    ReplyDelete