Saturday, September 10, 2005

BONK

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Olle Berg
Sangat menyenangkan melihat2 komik buatan Olle Berg (komikus asal Swedia) ini. Bentuk2nya sangat dinamis, permainan warnanya menarik dan ramah di mata. Dan, meskipun tanpa harus membaca teks atau balon dialog (yang jumlahnya juga tidak terlalu banyak), gambar2nya dapat memancing senyum.

Sebenarnya karya2 Olle Berg ini bukanlah barang baru, sebab rata2 diproduksi sekitar tahun 1997. Namun mungkin karena saya jarang mendapat masukan mengenai karya2 dan komikus asal Skandinavia, penemuan BONK ini sangat menyegarkan. Dari website Olle Berg, kita dapat membaca beberapa komiknya. Salah satu halaman favorit saya adalah "Visit to Stockholm" (yang saya pampang sebagai foto di Review ini). Karya lain yang mirip dengan ini adalah "The Principle", di mana mata kita bisa menemukan banyak hal kecil, di luar konteks cerita, yang bermain di sekujur halaman.

Di "Me Too", penggambaran bentuk2 dasar sebagai tokoh dan background cerita sangat menggelitik, dengan cerita sederhana yang berhasil mengundang senyum. "Lucifer's Fruit" menjadi favorit berikut dengan alasan serupa.

Ada satu komiknya yang berjudul "Jack in Bali", tapi isinya kok orang2 dan huruf2 oriental semua. Satu lagi salah kaprah (ignorance?) orang asing terhadap Bali..


BONK
Olle Berg
(C)2005 Olle Berg en Stichting Zet.El
ISBN# 90-72093-14-3

3 comments:

  1. aku sempet ngimel Olle Berg dan tanya soal ini. Olle bilang emang sengaja, justru letak "satire" nya ya di situ...

    ReplyDelete
  2. ?? oh? waaa kapan ngemail dia?
    nanti juni ini karya2nya ikutan pameran lho di acara Stripdagen Haarlem, bareng karya2nya Jason (favoritku baru2 ini.. heheh..). hmm.. orangnya pada dateng jg nggak ya..

    ReplyDelete
  3. kapan ya.... 3-4 bulan lalu..kayaknya. aku tilik2 Jason itu bagus juga euy.. thanks for sharing.
    asik ya, di situ sering ada pameran ginian... kayaknya sih di LA juga ada cuma aku kuper. btw, kalo nanti esduren pameran aku musti dikasihtahu 3-4 bulan sebelumnya..... biar kata di eropa, i'll try to come....(cieleh...).

    ReplyDelete