Monday, February 25, 2008

Tesaurus Bahasa Indonesia

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Reference
Author:Eko Endarmoko
Ketika sering menulis dalam Bahasa Inggris, dengan mudah saya bisa memakai thesaurus pada dashboard-nya MacBook. Atau tinggal meraih dua kamus Thesaurus koleksi kami di lemari buku.
Namun, kala harus juga banyak menulis dalam Bahasa Indonesia, saya seringkali 'mati gaya' kalau harus mencari padanan kata, atau mendapatkan istilah yang tepat. Jadi jelaslah bahwa saya senang sekali akhirnya Bahasa Indonesia punya thesaurus-nya sendiri!

Sampul tebalnya lumayan membuat buku ini berat dibawa-bawa, memang, tapi setidaknya akan bertahan lebih lama ketimbang sampul tipis. Terutama bila buku ini sering dipergunakan, dibuka-buka berulang-kali. Cerukan untuk setiap bab huruf di sisi 'luar' buku (yang mirip seperti cerukan tiap-tiap pasal pada alkitab) sangat membantu pencarian kata. Kamus ini lumayan ramah pada penggunanya :)
Sangat direkomendasikan bagi para pecinta dan pengguna aktif Bahasa Indonesia!

Judul: Tesaurus Bahasa Indonesia
ISBN: 979-22-2447-5
Penulis: Eko Endarmoko
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit: Desember - 2006
Jumlah Halaman: 736
Jenis Cover: Hard Cover
Dimensi(LxP): 150x230mm
Kategori: Kamus Umum

36 comments:

  1. wah.. ternyata ada yang seperti ini ya, bu... =P haha..

    ReplyDelete
  2. Bener, apa pak Djoko bilang...baru intelek kalo bukunya sudah 'lecek' karena sering dipergunakan ;)
    Tampaknya gue juga harus memilikinya! Thanks infonya plon!

    ReplyDelete
  3. setuju. buku ini membantu sekali kalau lagi nulis, supaya gak menggunakan kata-kata yang itu-itu aja. pas pertama kali lihat, langsung beli tanpa keraguan sedikitpun hehehe..

    ReplyDelete
  4. ho.. soalnya selama ini saya kadang2 merasa butuh thesaurus bahasa indonesia tapi baru tahu kalau ternyata memang ada.. (atau baru ada..?) seringkali terlupa untuk mencarinya, jadi ketika di-review di sini rasanya seperti.. seperti menemukan thesaurus bahasa indonesia.. =D

    ReplyDelete
  5. wah ternyata ada toh...thanks for sharing...

    ReplyDelete
  6. pernah liat salah seorang teman yang kerjanya sebagai copywriter bawa buku ini ke mana-mana. baru kerasa perlu buku ini pas harus nemu tagline yang bagus buat kerjaan... kepake banget.

    ReplyDelete
  7. Ini penting banget ta, apalagi ngarang komik kaya loe, ato nulis buku. Gua pake udah ampir dua taon, dan selalu aja ada yang baru dan dicari.

    ReplyDelete
  8. thanks, all!

    saya baru tahu adanya buku ini kira2 pertengahan tahun lalu: ketika sedang mencoba menulis makalah berbahasa Indonesia sambil chatting, saya curhat colongan ke seorang teman, "duh, coba ya ada tesaurus Indonesia". "ada kok," katanya. waah it's about time! jadi sejak itu saya hunting setiap kali ke toko buku, dan akhirnya nemu kemaren! horeee

    ReplyDelete
  9. setujuuuhh ta! buku ini mbantu banget. kadang2 gue malah suka nyari inspirasi kata dari sini hehe. waktu itu pesen dari www.inibuku.com, dianter dan dapet diskon 15% :)

    ReplyDelete
  10. BEtuuul kepake bangett! kata pertama yang saya cari adalah sinonimnya goblok, wah banyak banget deh he he he.

    ReplyDelete
  11. ini contoh pemakaian yang kurang baik untuk ditiru anak2... ^^;

    ReplyDelete
  12. Meskipun masih ada kekurangan di sana sini, tapi tesaurus ini bagus banget dan tidak disusun dengan asal-asalan. Sejak gue beli bulan April tahun lalu, tesaurus ini jadi bagian dari trio kamus yang nggak pernah jauh dari sisi meja gue (Tesaurus BI, KBBI edisi 2, dan Kamus Inggris - Indonesia Echols Shaddily).

    Coba loe bilang ke gue dari pertengahan tahun lalu kalo loe nyari tesaurus ini... kan di gramed Taman Anggrek buku ini ada terus.

    ReplyDelete
  13. kabarnya eko endarmoko menyiapkan buku ini bertahun tahun lamanya.
    eh sy dapat gratis loh ...
    tapi, akan lebih hebat kalau ada versi digitalnya. bisa masuk ke pda atau komputer, mantap buat para penulis.

    ReplyDelete
  14. brag, brag..

    baca-baca dikit, tertulis diperlukan 25 th untuk bikin kamus tesaurus ini! ckckck.. kalo cerita rampokan udah nyampe pulau mana aja tu ya..
    dan, setuju, versi digitalnya pasti akan sangat banyak membantu!

    ReplyDelete
  15. heuheuheu.. abis saben ketemu sama kelian2, yg diomongin beda lagi ;))

    ReplyDelete
  16. hahaha! jadi inget episode2 di calvin & hobbes yg calvin-nya nelpon perpustakaan utk mencari tahu arti dari kata2 vulgar =))

    ReplyDelete
  17. aehh.. lupa gue kalo ada inibuku.com (rampokan jawa juga diskon kalo beli dari sini)

    ReplyDelete
  18. kasih tau ya ta, kalo ada yg dalam wujud widget.. :)

    ReplyDelete
  19. lha, yang begitu2 bukannya elu yg biasanya tau duluan? :P

    ReplyDelete
  20. info aja, meskipun ga nyambung hehehe.... Mas Eko ini adalah om nya Janang alm, yg bikin Janang keranjingan baca dan tertarik pada bahasa

    ReplyDelete
  21. owh.. om yang inspiratif!

    janang memang sudah 'pergi', tapi semangatnya masih terasa!

    ReplyDelete
  22. wahh!! ini dia yang aku cari.. set dah.. mba Tita kayaknya harus diangkat jadi idola nih.. heiheiehieheiehi

    ReplyDelete
  23. wah, thank u rekomendasinya
    harganya berapa mbak tita?

    ReplyDelete
  24. iya nih uda pengen banget punya ini dan kamus besar bahasa indonesia.. :)

    ReplyDelete
  25. Hey friend....... I invite you to join new sosial network that give us paid for free. It's like Friendster or Facebook but more amazing n fun so let's learn more n join by click the following button ! U will find new sensation here...
    Get Friends n Get Dollar !
    For FREE !!!

    ReplyDelete
  26. Hey friend....... I invite you to join new sosial network that give us paid for free. It's like Friendster or Facebook but more amazing n fun so let's learn more n join by click the following button ! U will find new sensation here...
    Get Friends n Get Dollar !
    For FREE !!!

    ReplyDelete
  27. Hey friend....... I invite you to join new sosial network that give us paid for free. It's like Friendster or Facebook but more amazing n fun so let's learn more n join by click the following button ! U will find new sensation here...
    Get Friends n Get Dollar !
    For FREE !!!

    ReplyDelete
  28. Hey friend....... I invite you to join new social network that give us paid for free. It's like Friendster or Facebook but more amazing n fun so let's learn more n join by click the following button ! U will find new sensation here...
    Get Friends n Get Dollar !
    For FREE !!!

    ReplyDelete