Monday, February 18, 2008

"Ke henpon saya aja, Bu"

Aplikasi WNI utk Dhanu dan Lindri dimasukkan tgl 1 Oktober 2007 yang lalu di Departemen Hukum dan HAM Jawa Barat. Resminya, pemrosesan aplikasi berlangsung selama 3 bulan, dengan hasil diturunkannya SK Menteri yg menyatakan bahwa anak2 ini syah WNI. Ayo kita hitung 3 bulan itu: Oktober, November, Desember. Januari 2008 mestinya sudah selesai, bukan? Dan pertengahan Februari seperti ini, mestinya SK sudah turun, kan, kalau memang kemaren2 itu terpotong liburan2 akhir/awal tahun dsb?

Sudah beberapa hari ini saya mencoba telpon ke DepHukHAM, tapi 'orang yang mengurus' sedang tidak di tempat. Siapakah orang itu? Ternyata sama dengan orang yang melayani ketika saya mengajukan aplikasi tersebut, Pak B. Akhirnya kemaren siang saya berhasil 'menangkap' ybs. ketika saya telpon nomer kantor itu untuk ke sekian kalinya.
T: Pak, saya mau menanyakan status pemrosesan aplikasi dwi-WN anak2 saya. Apakah sudah siap?
B: Siapa nama anak2nya?
T: (menyebut nama lengkap anak2)
B: Sebentar.. (terdengar gesekan2 kertas)
B: Ooh.. Ibu yang dosen Unpad itu ya?
T: ITB
B: Eh iya maap ITB, hehe. Wah, belum nih. Belum ada kabar dari pusat (Jakarta).
T: Ya sudah, lain kali saya cek lagi.
B: Bu, lain kali kalau telpon ke henpon saya aja, Bu, ke nomer Esia saya. Udah punya, kan?
T: Euh.. tapi ini kan urusan kantor..
B: Nggak apa-apa, Bu. Ke Esia aja, ya.
T: 'Makasih.. (sambil nutup telpon)

OK, ini jelas udah nggak enak, kan. Masa urusan kantor dibawa2 ke henpon pribadi, apa etis? Nanti dia minta bayarin pulsa lagi, spt kasus saya di Pengadilan Negri dulu. Enaknya gimana nih? Datengin aja, gitu?

50 comments:

  1. mungkin nggak dia minta ditelfon ke handphone karena telfon kantornya sering sibuk ?
    tapi kalo indikasinya dia minta pulsa sih ya sudah, keukeuh nelfon ke kantor aja dan samperin kalo perlu *siap-siap bawa 2 bolpen dan 1 buku sketsa buat nunggu*

    ReplyDelete
  2. mengingat kejadian sebelumnya, dan reputasi mereka, indikasinya sih angpau :( harus cari waktu utk nyamperin nih, secara kantor mereka lumayan jauh (dan harus ganti angkot 2x). sketchbook, siaap ;))

    ReplyDelete
  3. p.s. telpon kantor situ nggak terlalu sibuk. orangnya aja susah dicari. tapi masa ngecek dokumen aja musti dia seorang?

    lita: manteppp :)

    ReplyDelete
  4. ya...ujung2 nya itu lagi Ta, uang-kah?
    semoga urusan kali ini lebih lancar, cepat berhasil WNI nya

    ReplyDelete
  5. Tita yang suabare ora jamak, asik ternyata ceritanya tetep berlangsung. Aku mengikuti selalu kisahmu ini Ta.

    Kalau ditelpon ke henpon, apakah kena charge juga kalau terima telpon?
    Kalau minta bayarin pulsa, pura2 budeg dan nggak ngeh apa maksudnya dengan ciri khas pembawaanmu yang kalem itu Ta. Hihihihi...
    Setuju apa kata Chica, kalau mau datengin jangan lupa bekel buku gambar.

    ReplyDelete
  6. repod emang.. kalo bisa sih samperin aja dulu.. biar clear.. maonya apa tu orang..

    ReplyDelete
  7. biasanya niy, mereka menganggap yg ada hubungannya sama urusan paspor, visa, pengajuan kewarga negaraan, urusannya sama orang banyak duit
    jadi mereka ujung2nya selalu minta duit lebih ....huh deh ...

    ReplyDelete
  8. kemungkinan 1: (positif) spt kata chica, sapa tau telp kantor suka sibuk.
    kemungkinan 2: (positif) dia jarang ada ditempat jadi justru ingin memberikan pelayanan ekstra ke Tita supaya bisa mudah follow up. sapa tau esia tsb juga fasilitas kantor buat dia. so dia mau2 aja urusan kantor masuk ke esia.
    kemungkinan 3: (su'udzon nih) jangan2 ada maunya.. jadi bisa melakukan Undertable Deal begitu kira2

    Khusus utk nomor 3. mungkin solusinya telp aja ke esianya. HP tita ada recordernya kan? nah rekam pembicaraan dg dia. kalo dia minta macem2 pancing spy dia ada nyebut nama, lokasi deal, proses dll. suatu saat kamu dipersulit tinggal kasih unjuk rekaman itu. SKAK MAT !! deh.. istilah laen, kalo diinjek ya injek balik. lebih tobh kalo nginjeknya pake high heel shoes... hmm pedih boouww... =))

    ReplyDelete
  9. memang kyknya kemungkinana ke3 itu...

    masuk kandang singa mengaum, masuk Departemen Hukum, ya amplop, mbak...
    just play the "rules"....

    ReplyDelete
  10. ditunggu update proses palaknya jeung....banyak2 ngelus dada aja

    ReplyDelete
  11. Mau manfaatin program Esia yang dapet uang itu ? http://www.myesia.com/
    Lah tapi cuma dapet Rp.50/menit kok repot-repot. Hahahaha

    ReplyDelete
  12. coba ya nanti saya check ke paman saya yang berkantor di istana negara dengan status presiden. siapa tahu dia nanti bisa bantu.

    ReplyDelete
  13. yups... seperti pendapat temen2 nih, kalo kata gue sih mendingan didatangin dan kalo perlu cari temen biar ada saksi, andai per tlp yaaa di record aja pembicaraannya lagi biar ada bukti kalo ada urusan ke depannya nanti.

    semoga sukses yaa Tita..

    ReplyDelete
  14. kan ude ada lagunya:
    "itulah indonesia.................."
    *hopeless*

    ReplyDelete
  15. alasan dia minta di telp ke hp :
    satu : lihat kemungkinan 1 & 2 dari awam
    kedua : gak enaknya nih, mungkin dia mau ngomongin sesuatu yg er-ha-es dan gak pengen di denger sama orang sekantor he..he..

    ingat pengalaman ngurus surat di bandung, orang di pemda-nya banyak tapi gak ada satupun yg kerja karena sebagian asik baca koran, yg lain ngerumpi sementara orang yg mau ngurus² ke situ dikasih alasan macam² untuk menekankan kalo urusan mereka belum selesai.

    cuapekkk dehhhh

    ReplyDelete
  16. Wah Ta, petualangan mu dengan para "oknum" pemerintah ini bakal berlanjut neh kaya nya ?? di tunggu cerita2nya..Ayoo semangat..

    ReplyDelete
  17. Wah, ternyata kalo ngurus di indo lebih rese dari kalo ngurus dari sini? Gue sih belon start, lha beli materai dari konsulat aja urusannya belon beres! hahaha
    Plon, elu nggak bilang2 ya jadi dosen Unpad! =))

    ReplyDelete
  18. Mending didatangin langsung aja mba, biar bisa ketemu wajah dengan Pak B itu, dan juga sekalian memastikan bahwa urusannya pasti selesai.

    Yg lalu aku urus DK anak aku memakan waktu 3 bulan dan ongkosnya Rp.650 rb / anak. Itu aku kejar dan aku kebut terus biar mereka ga meras aku dengan uang. Kalau yg aku dengar dari teman2 sekarang......mereka2 yg ngakunya bisa bantu kita untuk urusan DK ini nyatanya semua pada Matre / mata duitan. Sebagai contoh......ada seorang teman yg tinggal di Ambon dan dia sdh mengeluarkan 70 jt / anak untuk mengurus DK anaknya.

    Okey deh....semoga berhasil ya mba....pokoknya maju terus, jangan keseringan urusan lewat HP atau Telp, datangin aja langsung.

    ReplyDelete
  19. pan bisa naek sepedaaahhh...kring-kring gowes2...., berangkat aja pagi2 jangan mandi dolo....tongkrongin di pager kantornya pagi2...trus masih kringetan loe samperin dah...sapa tau langsung dikasih...

    ReplyDelete
  20. bener juga, mau nyolot mah nggak usah ja'im ya =))

    ancur lu bek..

    ReplyDelete
  21. wajar lah kalau minta ditelepon ke HP, kan sekarang jamannya mobile. wong sebelum ada HP aja sudah berkeliaran jarang di kantor, apalagi jaman sekarang. mungkin dia kan bisa aja kerja di rumah atau di kafe gak perlu dateng pagi2.

    aku kira masih wajar, mungkin dia kasihan juga daripada telepon bolak balik gak ketemu2, diana kan gak enak juga.

    dalam taraf ini masih WADJAR (full ac - nama bus malam), jadi... lanjuuttttttttttttttttttttt........

    ReplyDelete
  22. Iya nih, pasti suatu hari - segera begitu sempat - saya akan datang sendiri ke kantor itu. Ketemu Pak B sih sudah (lihat posting sebelumnya, klik kalimat yg di-link/warna biru), tapi belum bisa dipastikan tingkat rese'nya.

    aku kena 500rb/anak, tp waktu itu plus biaya legalisir semua dokumen mereka. kalau ada perkembangan, pasti aku posting di sini lagi :D makasih yaa

    ReplyDelete
  23. kenalin dong ke pamannya, mau sekalian minta bantuin yg lain2 juga nih..

    ReplyDelete
  24. tinggal pasang tampang polos dan lempeng tapi ngotot nggamau-ngasih-duit ;))

    ReplyDelete
  25. heuuu masa gitu aja nggak beres2?
    ngurus di sini musti tau trick-nya tarik-ulur dengan orang2 mata duitan. huh.

    (psst.. banyak kerjaan sampingan yg gue gak bilang2 :P)

    ReplyDelete
  26. lho, nanti jadi rata?

    ah.. aku ndengerin kasus pencurian lukisan pak bos-mu aja ikut meradang! ini belom seberapa ya :P

    ReplyDelete
  27. semangaatt!
    masih berlanjut kok feb :P paling enggak sampe anak2 dapet DK-nya, dan setiap kali syb memperpanjang KITAS-nya. liat aja nanti *senyum miring*

    ReplyDelete
  28. Tita, mending di datangin saja sambil bawa recorder. Kalau lewat telepon juga belum tentu dikerjakan. sabarr yah Ta. Kelihatannya sih ujung-ujungnya pasti duit nih...

    ReplyDelete
  29. jeng han, berarti memang perkaranya di perbedaan level keWADJARan, antara saya dan orang2 sejenis dia. buat dia wajar, buat aku nggak pantesss! jadinya dia nggak malu, tapi malah aku yang risi!

    ReplyDelete
  30. iya sih, udah parah. tapi jangan dikasih umpan terus, ntar pada keenakan yg model gitu.. huh.

    ReplyDelete
  31. iya, semoga cepet selesai! makasih mi :)

    ReplyDelete
  32. huehue.. lebih ndableg ketimbang sabar.
    sudah waktunya punya kamera mission impossible nih..

    ReplyDelete
  33. kasusnya biasanya gini:
    1. orangnya nggak ngomong terus terang
    2. akunya nggak nangkep maksud dia, sebenernya minta duit! :))

    sistem pungli mestinya bisa hancur ya dengan cara begini.. heheh..

    ReplyDelete
  34. iya, itu semua bau2 'luar negri', dan parahnya orang kita masih banyak yang silau (minjem istilah makdemplon) perkara 'luar negri'. kampungan deh.

    ReplyDelete
  35. Yg lucu, bapak ini gak ingat pengalaman yah? Padahal pengalaman adalah guru yg terbaik :p. Ngapain dia susah2 cegat elo? Toh udah terbukti elo gak gampang tergoda :))

    ReplyDelete
  36. euh.. di HP adanya senter..

    makasih bah, semoga emang positif, meskipun pengalaman2 sebelum ini (dengan instansi2 sejenis) nyaris tidak ada yang indah.. browse aja pake tag "mixed couple" di MP esduren :(

    ReplyDelete
  37. termasuk yg - sebisa mungkin - sebaiknya dihindari!

    ReplyDelete
  38. terima kasih. sepertinya pembuktian kelakuan mereka memang penting ya. jadi kalo kita sebar-luaskan nggak bisa dituduh balik sebagai "mencemarkan nama baik", sebab ada buktinya.

    ReplyDelete
  39. nah perkara beginian gue nggatau banget :))

    si buteg malah asik asik jualan :P

    ReplyDelete
  40. makasih :) emang mestinya disamperin, tungguin sampe dikerjain beneran!

    ReplyDelete
  41. haaa? balik lagi ke Pak B??
    kenapa ya itu dia minta telpon ke hp??? saya mencium udang dibalik batu nih... udah mba, samperin aja ke kantornya langsung...

    ReplyDelete
  42. iya nih, ternyata orangnya itu2 aja di bagian aplikasi WN itu. heran deh, kerjaan begini bukannya ditangani secara profesional, tapi dibekep ama dua orang itu aja (pak B dan pak A, yg reputasinya lebih parah).

    ReplyDelete
  43. hiiii telepon langsung ke handphone ?
    nanti ngajakin telepon premium loh .... hiiii

    ReplyDelete
  44. mungkin telfon kantornya dipakai untuk hotline hiburan yang menghasilkan rupiah setiap 3 menit.

    ReplyDelete