Tuesday, October 23, 2007

[24HCD] Yang Tercecer dan Yang Berikutnya

Acara global 24 Hour Comics Day baru berlalu, sebagian besar karya sudah dapat dinikmati melalui Internet, baik pada situs tempat berlangsungnya acara maupun situs masing2 peserta. Beberapa komentar menyatakan kurangnya publikasi dari acara ini. Ada benarnya, bila mereka memang tidak memantau berita2 baru dari milis-milis komik yang ada, misalkan milis Komik Indonesia atau Komik Alternatif - atau langsung dari situs 24HCD pusat http://24hourcomics.com/ - yang sudah berbulan2 sebelumnya mengumumkan tanggal berlangsungnya acara ini. 

Bagaimana pelaksanaannya tahun depan? Menurut Nat Gertler (dari About Comics, headquarter-nya 24HCD, pemrakarsa dan editor 24HCD Highlights), ia berharap untuk tidak lagi mengorganisir 24HCD global seperti yg dilakukannya dalam 4 tahun belakangan ini, sebab dia sebenernya kepingin ikutan juga.. hehe.. Penyelenggaraan 24HCD akan ia oper ke orang lain, tapi tidak ke sembarang orang. Ia akan menyeleksi orang2 yg bersedia dan dapat menjamin keaslian ide dan semangat 24HCD ini.
Tanggal 24HCD utk tahun 2008 belum ditentukan, tapi diusahakan agar tidak bentrok dengan acara2 komik akbar lain, hari2 besar, liburan sekolah, dll. Selengkapnya, bisa dibaca di post Nat ttg ini, berjudul Next Year's 24 Hour Comics Day.

Di blog yang sama, disebutkan juga tentang pelaksanaan tahun 2006 lalu yang kebetulan jatuh pada bulan Ramadan, tapi tidak menghalangi para peserta di Indonesia - yang sedang berpuasa - untuk menghasilkan karya2 cemerlang! Cuplikannya: I had indeed scheduled it during Ramadan — which did not prevent the first 24HCD involvement of a predominantly Muslim nation, and some very lovely comics came out of Indonesia on that day. Posting ini adalah untuk meluruskan informasi yang melenceng di situs  http://blog.comicslifestyle.com/2007/10/no-sleep-no-food.html. Selengkapnya bisa dibaca di posting Nat yang berjudul Correcting Misinformation.

Satu lagi dari blog 24HCD. Ketika kami sedang seru2nya mulai menggambar dan meng-upload hasilnya pada tgl 20 Oktober kemaren, ternyata Nat sempat mampir ke situs SPACE59, begini catatnya pada posting-nya yang berjudul The US is trickling on board:
It’s good to see pages from various sites coming online. I was just looking at the Space59 (Indonesia) pages, some lovely stuff, and was happy to find a batch of pages from Tita Larasati in there (she had a great story in the 2006 Highlights book.)
He he.

Oke, selamat bersiap-siap untuk tahun depan!

6 comments:

  1. Hidup TITAAAAA!!

    Mingkin susah ketemu, daaah!! hehehe....masih perlu belajar colouring...nggak kaleee...

    ReplyDelete
  2. mingsih lhoo.. paket beginner aja dulu deh :D

    ReplyDelete
  3. halaaah...gue aja belajar ama erupan (magik) kalo masalah wet edges..heheh

    ReplyDelete
  4. huhuyyyyyy.....indeed, she has always had great stories!!!

    ReplyDelete
  5. Roel... gpp lagi ajarin mb Tita coloring...
    ntar yang ada loe minta ajarin gambar ama dia...
    (ikutan dong? :p )

    ReplyDelete