Friday, July 17, 2009

[klipping] Tita Larasati Terinspirasi Tintin

Pikiran Rakyat, Sabtu 18 Juli 2009



Tita Larasati Terinspirasi Tintin

INSPIRASI bisa datang dari mana saja, tanpa diduga. Tita Larasati (38) merasakan hal itu. Untuk membuat coretan dan sketsa dari tangannya, ibu dua anak ini terinspirasi dari seluruh kejadian yang ditemui dalam kesehariannya. Tak ketinggalan, dari tokoh kartun favoritnya Tintin.

Tita yang mulai dikenal secara luas sejak menerbitkan catatan harian grafis berjudul "Curhat Tita", memang tumbuh dengan komik seperti Asterix-Obelix, Tintin, Trigan, dan majalah dari Belanda, Eppo. Orang tua Tita yang berprofesi sebagai arsitek, membuatnya dekat dengan dunia corat-coret sejak berusia dini.

"Influence ngomik (membuat komik) dari mana-mana, terutama Tintin," ujar Tita, ditemui di Bloemen Cafe, Jln. Bosscha Bandung, Sabtu (11/7) sore. Saat itu, Tita dan beberapa temannya dari komunitas Tintin Indonesia memang sedang mengadakan acara kopi darat.

Membicarakan Tintin, langsung saja Tita bersemangat mengeluarkan merchandise Tintin miliknya, beserta jaminan sertifikat keasliannya. Sejak masih kuliah di Belanda beberapa tahun silam, ia memang sudah mengoleksi benda-benda yang berhubungan dengan detektif berjambul itu. "Soalnya, komik kan sudah dianggap sebagai perjalanan hidupku. Dulu sebelum punya anak, aku paling suka bercerita tentang perjalanan dan itu sangat terinspirasi oleh Tintin. Kalau sekarang sih, lebih sering cerita tentang anak-anak," ujar Tita, yang kini tinggal di kawasan Kanayakan Bandung ini.

Adapun cerita grafis yang paling dirasakannya punya arti mendalam, yaitu mengenai kisahnya melahirkan. Di dalamnya, ada proses persalinan dari menit ke menit, termasuk detik-detik kontraksi. (Endah Asih/"PR")***

15 comments:

  1. hahaha, kau tua sekali bu , 38 ???
    berapa kali ngga naek kelas tuh? :-)

    ReplyDelete
  2. hihihi... suka sama gambarnya.. tp krn ngga urut mbacanya.. jd suka pusing sm ceritanya.. :D

    ReplyDelete
  3. wah iya memang sayang kalo longkap2. baca versi albumnya dong, kenyang! :D

    ReplyDelete
  4. ehem.. ehem..
    kemaren yang bilang nggak punya pernak pernik tintin tu sapaaaaa yaaaa??

    bu tita MEMAAAAANG !!!

    ReplyDelete
  5. pas dikumpul2in, ternyata adaaa hihihi

    keluarga ranger MEMANG!

    ReplyDelete
  6. ternyata Tita terinspirasi Tintin.... saya juga lho, tapi terinspirasi u/ jalan2 :)

    ReplyDelete
  7. ternyata ya?

    bu tita MEMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAANG!!!

    ReplyDelete
  8. bwhahahhahahaha itu yg pertama kali gue perhatiin :))

    ReplyDelete