Thursday, August 11, 2005

Prasidya Dhanurendra (birthing story)





Cerita lahiran Dhanu ini aku ambil dari arsip e-mailku utk keluarga dulu, yg kutulis dalam rangka 'laporan' ttg lahirnya Dhanu ke orang tua dan keluarga di Indonesia. Rasanya sayang kalo hanya terkubur di arsip, jadi aku kopi ke sini deh :D

Lahiran Dhanu
(17 Desember 2000)

Cerita di e-mail yang ini sebenernya aku tik di RS (syb mbawain "notebook"/ macintosh portable ke RS biar aku bisa baca2 & nge-reply e-mail - yang lalu di-save di disket dan bisa dikirim dari rumah) tapi nggak sempet2 aku selesaiin. Jadi sekarang aku terusin ceritanya di rumah..

Lagi seneng banget nih! He he he.. Cuman juga bosen banget, pengen cepet2 pulang.. jadi cerita2 aja ah sekarang. Tgl 17 (minggu) itu air ketubannya pecah sekitar jam setengah sepuluh pagi. Terus aku telpon midwife, yang dateng kira2 setengah jam kemudian. Waktu dateng ini dia cuman bilangin kira2 kapan mesti nelpon dia lagi (kalau interval kontraksi udah 3-4 menit) dan ini bisa within 12 jam. Kalo nggak ada apa2 sampai besok paginya, kita harus ke RS sebab bayinya udah harus keluar. Si midwife bilang, sementara nunggu ini aku boleh santai2 aja.. tapi harus ngecek suhu badan terus (kalo lewat 37,5 harus segera telpon dia juga), padahal kita nggak punya thermometer. Udah minjem tetangga, tapi nggak tokcer, untung ada 'koopzondag', jadi drugstore deket rumah buka, meskipun hari minggu. Jadi kita pergi jalan2 ke luar rumah. Si midwife-nya nggak ngelarang dan cuaca memang lagi cerah banget!

Habis beli thermometer kita jalan pulangnya lewat pasar, yang katanya ngadain "kerstmarkt". Uh, ternyata tak seperti yang dibayangkan! Ngakunya aja Kerstmarkt, padahal ampir sama kayak pasar sehari2 - cuman tukang makanannya aja pada beda (nggak ada tukang daging, sayur, buah, tapi banyak tukang snack: sebangsa oliebolen, dsb) ama ada beberapa 'rides' buat anak kecil ama games kayak di kermis. Sampe rumah kira2 jam satu-an. Abis makan siang aku nyiap2in makanan yang gampang diolah belakangan. ngebumbuin ayam, nasi - ama tadinya mau bikin pasta, tapi udah nggak selera lagi, soalnya kontraksinya (ternyata rasanya kayak mau boker ya.. he he..) udah makin sering..

Terus sorean lagi Mas Tiyok dateng. Langsung kita bilangin supaya nginep ama Mas Tata aja di hotel (hint hint). Tapi kita sempet makan malem bareng: ayam goreng bumbu ketumbar ama herbed rice. Makanan belom abis aku langsung nonggeng lagi di bed.. selanjutnya.. ya menikmati kontraksi aja.. sekali2 ke WC dan malah sempet 'ngebom' beneran, sambil ekstra bebersih. Si Syb nyatet timing kontraksinya, dan jadi makin sering sekitar jam 9 malem, jadi kita telpon midwife-nya.

Midwife dateng jam setengah sepuluh, pas Mas Tiyok juga udah hampir pergi ke hotelnya Mas Tata (Mas Tata udah nyampe hotel dan nelpon). Pertama2 si bidan ngecek temp, tekanan darah, pulsa, sama mengamati datangnya kontraksi. Katanya, ini mungkin masih kontraksi semu, makanya dia nggak periksa 'ke dalem' dulu (menghindari resiko infeksi). Tapi dia masih nunggu sampai beberapa kontraksi berikutnya.. yang ternyata emang makin kenceng dan jaraknya makin rapet aja. Baru dia bilang, ini sepertinya beneran.. terus dia langsung telpon asisten bidan supaya dateng. Lalu dia periksa 'ke dalem'.. ternyata bukaannya udah 6 cm, dan segera jadi 8 cm. Lalu mulai deh 'action'. Si midwife ama asistennya nyiap2in air panas, gelar2in tatakan, dsb.

Aku disuruh mulai 'push' sekitar jam setengah dua belas. Sementara itu Syb juga ada di bed, di sebelahku, nontonin semuanya. Pas setengah jalan (batok kepala udah nyembul) aku disuruh ikutan pegang.. he he slimy banget.. Beberapa menit kemudian, pas push yang terakhir, disuruh 'stop' sebab kecepetan! (antara push pertama dan push terakhir cuma berselang 15 menit). Mana si asistennya lagi ngganti air panas, padahal si midwife masih musti buru2 pake gloves sebab si bayi emang udah mau brojol!
Akhirnya lahir! Posisi lengan kirinya di samping kepala, jadi kayak lagi 'stretch' - ampe sekarang kalo lagi tidurpun kadang2 si Dhanu ini lengan kirinya naik sendiri. Dhanu langsung ditidurin di dadaku (sambil diselubungi selimut dan dipakein 'cap'/topi kain biar anget), talinya belum dipotong. Terus kira2 5 menit kemudian plasentanya mbrojol juga. Si midwife-nya langsung nunjukin, ini lho rumahnya dia (sambil menjeberkan kulit ari) dan ini makanannya (sambil nunjuk ke plasenta di bawahnya). Abis itu dia nawarin syb nggunting tali pusat (ama dia dijepit dulu ujung2nya), terus Syb dengan senang hati nggunting.
Abis itu si bidan ngecek2, dia bilang robek sedikit, nggak masalah. Tapi ada bagian yang susah dia liat, soalnya nggak cukup terang di rumah (meskipun udah dibantu lampu sorot). Dia bilang, ke RS aja biar yakin (dia takut bisa infeksi juga). Jadi, kita beberes untuk langsung pergi, sambil si Syb nelpon2 juga (ke moeder, sama ke Mas Tiyok - yang katanya mau nelponin ibu, soalnya kita musti ke RS).

Asisten midwife-nya tinggal di rumah, ngeberesin dan bersih2. Si dhanu dipakein baju, terus kita nunggu si midwife-nya ngambil mobil. Aku jalan dipapah asisten midwife, turun tangga dari lantai 2 ke lantai dasar, sementara Dhanu yg udah dibungkus baju tebal digendong sama Syb. Di RS, pas dokternya periksa, ternyata nggak apa2, tapi tetep aja ada yang dia jait (3 jaitan). Pas di RS ini Dhanu dimandiin, aku juga mandi sebentar.
Habis itu kita disuguhin biskuit pake 'muisjes' (bukan hagelslag) biru-putih, selayaknya adat londo kalo dapet anak laki2 (kalo anaknya cewek, muisjes-nya pink-putih). Terus kita pulang (naik taxi), nyampe rumah jam 3-an. Si asistennya udah pulang, rumah beres dan bersih, jadi kita tinggal istirahat aja. Nggak terlalu bisa tidur, abis keasikan nontonin si bayi tidur di tengah2 kita..

Jam 09.15 besoknya 'nursery helper'nya dateng. Aku tiduran terus, ama Dhanu, sementara Syb udah sibuk2 lagi. Breastfeeding dicobain pagi ini, tapi belum sukses. mungkin juga Dhanu belom laper. Terus yang ada aku tiduuuur aja, cuman diselingi ke WC (katanya disuruh buang air dua jam sekali) dan minum dan snack (crackers + selai, andalan banget). Si Dhanu juga tidur melulu, sama aku, diselingi ganti popok ama mandi (Syb sambil diajarin ngurus bayi juga sama si nursery helper). Pagi itu ada Pakde Tiyok-nya Dhanu juga di rumah, yang ngerekam semuanya di video supaya bisa dibawa pulang buat laporan.

Siangnya Syb harus ke kantor sebentar, sekalian belanja sedikit, jadi aku tinggal di rumah bareng si nursery helper itu. Mas Tiyok udah pergi lagi, ke Den Haag. Pas baru bangun tidur siang itu (sekitar jam setengah satu), Hester, boss-nya Syb, dateng dan ngasih bunga + kado, terus langsung pergi lagi. Si helpernya terus ngukur suhu badanku.. yang ternyata jadi panas banget! Akunya juga ngerasa demam. Lalu dia nelpon si midwife, yang katanya akan dateng segera sorenya. Syb pulang pas jam tugas si helper abis (14.15).

Agak sorean, si midwife yang ngebantuin delivery dateng lagi, ngecek demamku. terus dia langsung telpon2 RS, cari2 kamar kosong.. kuatirnya demamnya gara2 infeksi. RS yang deket rumah (Onze Lieve Vrouw Gasthuis) ternyata penuh, jadi kita terpaksa ke RS Vrije Universiteit, yang jauh banget (di selatan Amsterdam - udah deket Amstelveen). Sesudah si midwife ngurus semuanya (booking kamar, ngomong ke dokter, bikin surat pengantar, dsb) kita langsung berangkat ke sana naik taksi. Sampai RS sekitar jam 4 sore.. tapi udah gelap banget di luar. Bed-nya baru disiapin di kamar itu, lalu aku langsung nggeletak. Si Dhanu ditaro' di box bayi sebelah bedku. Sore itu isinya aku ditanya2 sejarah kesehatan, sama cek2 temperatur, tekanan darah dan pulsa. Abis itu ada yang ngambil sampel darah dan urine. Di-USG lagi untuk ngecek jeroan, ternyata baik2 aja semuanya. Terus aku dikasih paracetamol supaya panasnya turun, dan kata dokternya aku harus diinfus antibiotika buat membunuh kuman nakal.

Pas ng'infus ini lho.. udah tiga orang nyobain nyari pembuluh darahku, tapi gagal terus.. udah nemu sih, tapi begitu ditusuk jarum, jarumnya bengkok! Uh sebel.. jadi aku punya empat titik sia-sia di tangan. Dokter yang terakhir akhirnya berhasil! Jadi aku diinfus di tangan kiri. Malem itu panasku udah turun, dan paginya udah normal lagi. Dhanu baik2 aja.. dicobain breastfeeding, tapi masih bingung, jadi pake fingerfeeding dulu (susunya tetep ASI, dipompa) sementara aku (dan Dhanu) ngumpulin energi buat nyoba lagi. Masalahnya, antara lain, produksi susunya banyak banget sampe Dhanu kesulitan menangkap 'sedotan'nya.

Di RS ini kamarku buat bertiga, aku dapet sisi jendela. Temen2 sekamarku yang satu karena operasi cesar (bayinya sungsang) dan satu lagi karena infeksi kandung kemih. WC dan kamar mandi kolektif, kalo mau ke sana harus jalan sepanjang lorong. Enggak apa2 sih, kan malah bagus, jadi bisa ngelatih bagian2 yang 'turun mesin'. Di sebelah kamar ada kamar buat mandiin & ganti popok bayi, ama buat mompa ASI (tapi aku mompanya di tempat tidur, mesinnya yang dibawain ke aku). Makanan RS nggak enak.. pagi dan malem dapet roti (kalo malem ditambah sup), makan siang yang makan hangat dan agak 'berisi'. Selama di RS ini aku pakai lho guritanya, juga jamunya aku minum terus.

Perawatnya baik2 semua. Ada satu yang khusus menangani masalah breastfeeding, jadi dia juga dateng untuk bantuin aku & Dhanu. Si Dhanu boleh sama aku sepanjang hari, hanya pas tengah malam dia ditaro' bareng2 bayi lain sampai waktunya makan pagi(nya si bayi). Ganti popok dan mandiin Dhanu juga ama perawat, tapi biasanya Syb yang ngerjain kalo dia pas lagi ada. Pas aku udah lebih mobile, aku juga bisa ngerjain sendiri. Selasa pagi moeder dateng, nengok cucu baru, sambil bawa kado antik ('biting ring' yang dipake turun-temurun, sama semacam 'talisman'/gambar Yesus yang dulu dipake Syb waktu bayi). Rabu ada Mas Tiyok dan Mas Tata ikutan bezoek sebelum mereka ke airport.
Akhirnya infusku dilepas malam ini, antibiotikanya diganti dalam bentuk tablet. kata perawatnya, aku segera boleh pulang! Kamis pagi aku disamperin dokter dan para asistennya, bilang kalo aku boleh pulang kalo hari ini dan besoknya suhu tubuhku normal terus. Ha, senangnya!

Kamis siang ada salah seorang dari asisten dokter itu yang konfirmasi bahwa aku boleh pulang. Aku tanya penyebab demamku, mereka bilang nggak tau.. tapi treatment yang aku dapet adalah treatment untuk orang yang kena infeksi di uterusnya. Aku tanya apa mungkin demamnya ada hubungannya dengan kunjunganku ke RS selagi hamil (sempat beberapa kali menjenguk keluarga di RS), kata dia enggak.

Jumat, akhirnya pulang! Di rumah sudah ada kado menunggu (dari Syb) buat Dhanu: sisir & sikat rambut bayi (si Dhanu suka rambutnya disisir, nggak kayak bapaknya) dan buat aku: koleksi CD Madness yang "The Lot" (ternyata beberapa lagu ada video-nya juga!)

Jadi gitulah cerita terbitnya Dhanu + balada RS. Panjang juga ya. Sekarang aku udah baik2 aja. Jaitannya juga udah diambil ama midwife tadi malem. Aku udah bisa ngerjain beberapa kerjaan RT, dan nggak ada masalah konstipasi dan sebangsanya. Sekarang tinggal mbiasain breastfeeding-nya si Dhanu, dan istirahat. Kemaren2 ini si Dhanu dapet kram perut terus (normal untuk bayi umur seminggu), tapi sekarang udah diobatin (termasuk dengan breastfeeding teratur), jadi semoga nggak terlalu mengganggu dia lagi. Syb manis sekali, dia yang banyak ngerjain kerjaan2 RT (termasuk masak) dan juga ngurusin Dhanu (soal ngganti popok dan mandiin dia lebih fasih daripada aku).
Selamat kumpul2 ya semuanya, buat natalan dan lebaran.. aku tunggu ya cerita2nya (foto keluarga!)

(Catatan dalam bentuk gambar utk cerita ini ada di sini)


5 comments:

  1. hahahahhaha tita. Tks ceritanya yg bagus. Gue tuh selalu pengen denger cerita melahirkan tapi dari sumber terpercaya: bukan cerita narsis (anak ku lhoooooo) ato cerita horror (di gunting! awwwww). Ceritamu seperti biasa objective tapi lutjuuu (jarum bengkok hahahahahahahahah tebal kali kulitmu). Enak juga ya fasilitas melahirkan di sana, bisa pilih di rumah tapi siap sedia dgn segala pengaman.
    tks Jeng :D

    ReplyDelete
  2. Aah makasih ya mbakyuu ^_^ Hehe gue suka geli sendiri baca cerita ini lagi (huh jarum bengkok, padahal gue nggak ngelmu kekebalan lho!)

    ReplyDelete
  3. Tita, demen gw baca2 ttg birthing story elu.....! Bagus juga buat calon ibu berbagi pengalaman

    ReplyDelete
  4. Tita ... Jengg

    Aku boleh ya tanya2 kalau nanti hamil ..he.he.he...

    ReplyDelete
  5. Gis: makasiih :D
    Aju: tentu saja.. hehe..

    ReplyDelete