Sunday, August 28, 2005

MirrorMask

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Entertainment
Author:Neil Gaiman & Dave McKean
Helena adalah seorang gadis remaja yang tumbuh besar di lingkungan sirkus yang dikelola ayahnya. Malam itu, ia bertengkar lagi dengan ibunya, Joanne, karena masalah yang sama: Helena bosan tampil di sirkus dan ingin hidup jadi orang normal, di luar dunia sirkus. Malam itu juga, Joanne tiba-tiba jatuh sakit dan harus segera dirawat di Rumah Sakit. Helena harus tinggal bersama seorang bibi dari ayahnya, sementara Joanne menjalani perawatan hingga harus dioperasi.
Suatu malam, ketika Helena keluar dari rumah, ia tiba-tiba terjerumus ke sebuah dunia lain. Melalui pertemuannya dengan Valentine yang membawanya ke negri Kota Putih-Kota Hitam, di mana berbagai makhluk ajaib tinggal dan di mana semua orang mengenakan topeng, Helena memulai petualangan luar biasa..

Di negri itu, Ratu Kota Putih sedang tertidur, karena hilangnya sebuah jimat, sehingga Ratu Kota Hitam dan bayangannya mulai mendominasi seluruh isi negri. Keseimbangan menjadi terganggu dan seisi Kota Putih mulai runtuh termakan bayangan hitam. Ke mana hilangnya jimat itu? Putri Ratu Kota Hitam telah mengambilnya dan memakainya untuk melarikan diri dari istana ibunya, untuk pergi ke "dunia nyata". Ia sudah bosan jadi putri yang terus didikte ibunya.
Helena, yang rupanya mirip dengan sang putri, harus membangunkan Ratu Kota Putih dengan menemukan jimat tersebut, untuk dapat kembali ke dunianya, ke ibunya yang sedang menjalani operasi, juga ke ayahnya dan sirkusnya. Jimat tersebut adalah sebuah topeng cermin (MirrorMask). Dalam usahanya ini, Helena dan Valentine harus mengakali para Sphynx, berbicara dengan sepasang raksasa melayang, bekerja sama dengan makhluk monyet-burung, menebak ratusan lubang kunci, dan mengalami berbagai kejadian mendebarkan lain.


Buku ini memuat script dan storyboard dari film MirrorMask, yang digarap oleh Neil Gaiman dan Dave McKean. Seluruh produksi desain dan efek visual film ini pun digarap oleh McKean, yg telah berkolaborasi dengan Gaiman selama lebih dari 18 tahun. Dalam buku script ini, Gaiman tetap memasukkan barisan kata2 dan adegan yang tidak mereka pakai dalam film, karena pertimbangan waktu dan budget. Film dari The Jim Henson Company (pembuat seri pertunjukan boneka legendaris, The Muppet Show) ini memang diproduksi dengan dana terbatas, sehingga efek visual pun diakali sedemikian rupa, supaya meskipun tekniknya sederhana, tetap harus menampilkan kualitas tinggi - dan sangat khas bergaya McKean.

Percakapan dalam script mengalir lancar, sementara storyboard juga memegang peranan penting dalam menceritakan kisah ini. Kisah MirrorMask ini memang banyak mengingatkan kita pada petualangan Alice in Wonderland (dengan atmosfir "dunia lain" dan makhluk2 ajaib), atau pada Coraline (dalam hal "ibu lain" - sebab baik Ratu Hitam maupun Ratu Putih, semuanya mirip dengan Joanne, ibu dari Helena, juga dalam hal "jimat" - yang selalu memegang peranan penting). Namun Gaiman dengan lihai dapat memainkan persambungan antara dunia nyata Helena dengan negri Kota Putih - Kota Hitam tersebut. Bagaimana dunia dan makhluk-makhluk di negri misterius ini bersambungan dengan gambar-gambar Helena, atau bagaimana Helena bercakap-cakap dengan Joanne yang berganti rupa menjadi Ratu Putih dan sebaliknya, atau bagaimana sang Putri Ratu Hitam (yg menjadi Helena di dunia nyata, di sini ia disebut Anti-Helena) berinteraksi dengan Helena dan keluarga nyata Helena - semua menggugah imajinasi pembaca.

Sketsa-sketsa sederhana McKean berkarakter kuat, dan beberapa halaman berisi foto-foto dari lokasi shooting dan hasil rekayasa komputer menambah lengkapnya bayangan perupaan film itu di benak pembaca. Namun, McKean terkenal dengan berbagai kejutan visualnya, sehingga buku ini tidak saya anggap sebagai spoiler film, melainkan sebagai pengantar, sambil menunggu diputarnya film MirrorMask itu sendiri. Atau, lebih tepatnya, sambil menunggu interpretasi McKean atas tulisan Gaiman sekali lagi, namun kali ini dalam bentuk film dan animasi.

Sebagai tambahan, di akhir script terdapat lampiran korespondensi antara Gaiman dan McKean, sehingga kita bisa mengikuti perkembangan produksi film ini. Dari sini kita dapat mengetahui ide dasar cerita yg dikarang Gaiman, lalu ditimpali oleh McKean dengan masukan2 baru, dengan pertimbangan peralatan yang tersedia (dan dalam budget) untuk memvisualkan seluruh cerita.
Dari sini pula kita bisa mengetahui konsep dan analogi cerita, yang menganalogikan petualangan Helena di negri Kota Putih - Kota Hitam ini sebagai perjuangan benak dan batin Helena sendiri dalam menghadapi kenyataan bahwa ibunya harus dioperasi. Sehingga bayangan hitam pun digambarkan bagai kanker yang merambat ke mana-mana dan meruntuhkan sekelilingnya. Helena yg tidak dapat berbuat apa2 utk menolong ibunya di dunia nyata, berhasil memenangkan perjuangan ibunya melawan penyakitnya, melalui petualangannya ini.


Mirrormask
Neil Gaiman & Dave McKean
(C)HarperCollins Publisher, 2005
ISBN# 0-06-079875-0

Tambahan:
MirrorMask juga akan diterbitkan sebagai buku bacaan untuk anak-anak, bisa dilihat dari newsletter-nya America Book Center.
Juga terdapat buku The Alchemy of Mirrormask, oleh Dave McKean.

Berikut ini adalah cuplikan dari jurnal Neil Gaiman mengenai trailer MirrorMask
============================
Tuesday, June 14, 2005
MirrorMask exclusive
posted by Neil 6/14/2005 05:41:00 PM
(I've edited this to update it now the link is current, and to add a few more MirrorMask links.)

There's a MirrorMask exclusive at Yahoo -- a new trailer. It's now up at http://movies.yahoo.com/feature/mirrormask.html in Windows Media and in Quicktime. (I believe it's up for a limited time.)

Spread the word. Spread the link. (If lots of people watch the trailer then Sony Pictures will know that lots of people want to see it.)

According to their MirrorMask page at http://movies.yahoo.com/shop?d=hv&id=1808624595&cf=info it's going into US release on September 30th 2005, which sounds about right.

(Here's a direct link to the Yahoo trailer in Windows Media format.)

And, for those who were wondering, the actual MirrorMask site is http://www.sonypictures.com/movies/mirrormask/main.html

And the old trailer (which has actual movie music on it, which neither the first one or the new one do) is currently up at:
http://www.sonypictures.com/previews/player/movies/mirrormask/ in Windows Media and Real format.
============================

6 comments:

  1. Duhh Neil Gaiman lagi, dia bisa menyampaikan rangkaian panjang sebuah cerita dalam sebuah cerita 'pendek' bergambar...dan hasilnya ruarrr biasa....aku jadi ngefans sama dia gara gara sampeyan Mbak. Awas loh, sampeyan harus tanggung jawab!!! :D

    ReplyDelete
  2. "Awas loh, sampeyan harus tanggung jawab!!!"

    Hahaha.. siap, Cak! Kita pinjem2an buku nanti (aku nggak beli 1602 sebab kurang suka gambarnya)

    ReplyDelete
  3. oh Mbak..kenapa nggak suka 1602? aku justru ngeliat gambarnya dulu,nambah pamor pas tau yg nulis Oom Ganteng Gaiman.
    Dave Mc Kean yg bikin Sandman? kok aku horor ngeliat gambarnya ya?

    ReplyDelete
  4. Nggak suka gambarnya Ber :( Lagian aku lagi ngirit2 jatah beli komik, sebab sedang ngumpulin yg lain juga (termasuk MirrorMask ini).. hehe.. jadi 1602 bukan prioritas.
    Dave McKean buat cover2nya Sandman, sedangkan isi Sandman-nya sendiri dibuat oleh banyak komikus (makanya gambarnya beda2).
    Kalo mau liat gambarnya McKean yg lebih cerah dan lucu, baca children books-nya deh (yg ditulis Gaiman juga), The Day I Swapped My Dad for Two Goldfish sama The Wolves in the Wall. Warna2 dan kolasenya auuwww...!

    ReplyDelete
  5. tita, aku dah liat trailernya. aku suka warna gambarnya keren banget kayak di komik sandman. mengingatkan karya2 burton.

    ReplyDelete
  6. asik ya trailernya, bikin penasaran. sekarang yg aku tunggu2 banget, mirrormask versi buku cerita anak2.. hihi dasar maruk :P

    ReplyDelete