Thursday, August 11, 2005

Syastira Lindri Dwimaharsayani (birthing story)






Seperti halnya posting sebelumnya, yg ini juga aku ambil dari arsip e-mail 'laporan lahiran' ke keluarga di Indonesia dulu.

Lahiran Lindri
(19 Oktober 2003)

Halo semua!
Umur Lindri udah (baru?) seminggu, tapi belum telat kali ya kalo mau cerita2 kelahirannya..
Pertama2, terima kasih untuk semuanya atas doanya sehingga proses kelahiran Lindri aman2 dan lancar2 saja, dan juga atas ucapan selamat dan perhatiannya. Aku sempet baca semuanya di e-mail di hari ke-dua, tapi waktu itu masih belum bisa duduk lama2 di depan komputer jadi nggak bisa langsung cerita2 (padahal kepengen banget)..

Jadi Hari Minggu lalu, dini hari (sekitar jam 3-an), rasa2nya kok perutku rada2 mules. Paginya pas sarapan aku bilang ke Syb, dia langsung bener2 beberes rumah: ngepel, ngatur2 baju, ngerapihin mainan2nya Dhanu, bersihin kamar mandi, dll. Sementara aku sama Dhanu santai2 aja. Aku sambil nyiapin makan malem juga: minestrone (sup Italia, padat dan 'nendang' banget).

Pas siang2 baru deh mulai yakin kalau mules itu kontraksi. Syb mulai ngitung jaraknya pakai arlojinya. Siang2 dan sore2nya sih masih bearable banget, tapi begitu udah jam 7-an (malam), aku mulai harus rada2 nungging. Si Dhanu dengan senang hati meniru2 ibunya nungging, atau menyodorkan wajahnya di bawahku sambil menyapa dengan riang,
"Halooo!".
Aku masih sempet makan malem sup itu, tapi nggak bisa banyak2. Syb juga nggak bisa makan terlalu banyak, "Too nervous", katanya. Dhanu nyantai aja - dia malah nambah, terutama 'cris-cris'nya (taburan shredded cheese untuk sup). Waktu itu jarak kontraksi udah sekitar 15 menit..

Jam 8 malem, Syb mulai nelpon midwife sebab jarak kontraksi sudah sekitar 6 menitan. Waktu ditelpon itu, si midwife baruuu aja selesai men-deliver seorang bayi. Katanya dia akan datang dalam waktu satu jam setelah selesai ngecek bayi yang baru lahir itu.
Abis Syb nelpon itu, jarak kontraksi makin deket. Aku pakai sebuah kursi untuk memposisikan diri, eh si Dhanu ngira aku ngajak main2. Jadi dia pake deh kursi itu. Terus si Dhanu kan lagi makan irisan apel, aku juga ditawarin melulu sama dia. "Ini apel, ibu. Enak. Mau?" terus-terusan padahal aku udah bilang ke dia, "Enggak, terima kasih".

Jam 9-nya bener si midwife datang. Dhanu yang udah ganti piyama, sikat gigi, dibacain cerita tidur, tentu saja jadi bangun lagi begitu tau ada orang datang. Apalagi si orang ini langsung sibuk2. Midwife yang datang ternyata adalah Manon - yang waktu aku periksa menemukan bahwa si bayi sudah engaged. Manon langsung periksa detak jantung bayi (beres) dan pulsaku (beres), lalu ngelihat hasil kontraksi. Ternyata udah bukaan 8, jadi dia bilang, aku boleh push kalau rasanya udah siap mau push.

Sementara itu jarak kontraksi udah 3 menit. Manon langsung nelpon Kraamzorg, untuk manggil asisten untuk delivery (Kraamzorg ini juga yang akan ngurusi ibu & bayi di rumah selama 8 hari setelah melahirkan - semuanya masuk ke dalam paket asuransi). Manon langsung mbuka koper midwife-nya, yang isinya alat2 membantu delivery, dan ngeluarin alat2. Dhanu langsung ikut2 mbuka boks mainannya dan ikutan ngeluarin mainan2nya dia. Terutama bola, yang kecil dia bilang punya dia, bola yang besar "Untuk ibu", sambil disodorin ke aku yang dengan meringis terpaksa menolak terus.
Manon minta ini-itu ke Syb (baskom untuk air, alas kain pelindung seprei, dll kebutuhan delivery), jadi Syb ambilin semuanya dari kamar belakang. Si Dhanu mbantuin juga, dia bawa barang2 dari kamar belakang - apapun yang dia temukan (wipes, popok..).

Manon bilang, prosesnya akan lebih cepet kalo air ketubannya dia pecah duluan. Dia bilang, tunggu sampai jam 10, kalau belum mulai push juga, ketubannya akan dia pecah. Pas sebelum dia mulai, orang dari Kraamzorg-nya dateng: seorang ibu2. Baru deh ketubannya dipecah - banyak banget, katanya. Diperiksa lagi, ternyata udah bukaan 9,5 - tapi kepala si bayi belum sampai bawah banget.
Abis itu memang prosesnya jadi cepet banget. Push pertama untuk 'nurunin' si bayi, push kedua untuk ngeluarin kepalanya, dan yang ketiga untuk ngeluarin sisanya. Seluruhnya makan waktu 17 menit! Pas si bayi keluar, masih banyak lagi air ketuban yang ikutan keluar..

Selama push ini si Syb ada di deketku. Sementara proses push itu, yang memang paling berisik, si Dhanu main sendiri di kamar belakang, nyanyi2 dengan gembira dan suaranya keras sekali. Kadang2 dia memang ngintip dari arah meja makan, bilang ke Syb, "Ibu poept" atau "Ibu.. 'n beetje pijn?" (= ibu agak sakit?). Pas adiknya keluar, dia bilang, "Adik jatuh!!".

Si bayi langsung dibungkus dan dikasihin ke aku. Aku tanya2, ini perempuan atau laki2? Manon bilang, "Check it yourself. It's your surprise". Aku angkat dan intip dari balik kain, ternyata perempuan! Kata Syb belakangan, dia malah nggak langsung pengen tau bayinya laki2 atau perempuan, "I'm just glad it's out", katanya. Abis itu kerasa placenta-nya mau keluar, jadi umbilical cord-nya harus dipotong. Syb yang motong lagi, seperti waktu Dhanu dulu dia juga yang motong. Pas placenta-nya udah keluar, dijembreng sama Manon untuk nunjukin 'rumah'nya Lindri selama di dalem perutku.

Manon ngecek Lindri dulu. Beratnya ditimbang, tapi panjangnya nggak diukur (di sini nggak pernah diukur begitu si bayi lahir, katanya nggak bagus buat punggung?). Terus lain2nya di-cek juga, seperti warna kulit dan berbagai refleks. Lalu Manon bilang, bayi ini saya kasih Apgar Score 10!
Habis itu aku yang diperiksa, ada yang perlu dijahit atau enggak. Karena prosesnya cepet sekali, memang cenderung bisa robek. Ternyata memang terpaksa ada yang harus dijahit sama Manon: 3 di dalam dan 1 di luar (yang satu ini yang benangnya harus dicabut setelah seminggu).

Setelah beberes semuanya, Manon pergi duluan. Orang dari Kraamzorg masih tinggal sebentar untuk ngeberesin 'medan perang' dan ngerjain sedikit cucian, sambil ngebilang2in aku mesti ngapain aja untuk sehari pertama itu (harus sering ke WC). Lalu dia bantuin aku bebersih di shower. Akan ada rekannya dari Kraamzorg datang besoknya untuk ngurusi kita selama 8 hari mendatang.
Syb nelpon moeder sekitar jam setengah sebelasnya, lalu nunggu sampai sekitar jam 12 untuk nelpon ibu di Jakarta. Dhanu ikutan ngomong sama Eyang Ibu-nya, sedikit banget, tapi tampangnya masih cengengesan aja. Bola2 besar dan kecil yang dari tadi dibuat main sama dia, dikasihin satu ke Lindri (yang besar) - katanya, "Ini bola untuk adik".

Berhubung Lindri-nya belum bisa nerima bola, jadi aku yang ambil sambil bilang "Terima kasih Mas Dhanu". "Ya! Dhanu mas!" katanya. Pas akhirnya orang dari Kraamzorg ini selesai beberes dan pergi (sekitar jam 1 pagi), tinggalah kita berempat di rumah. Lindri tidur dengan nyenyaknya - katanya proses pushing itu juga sangat melelahkan buat dia. Kalau si bayi belum nafsu makan di hari pertama, itu biasa, sebab selain masih capek, dia juga masih punya simpanan 'makanan' dari dalam kandungan.
Lalu Dhanu tidur di kamar belakang dengan Syb, dan aku dengan Lindri di bed depan. Tapi aku dan Syb sama2 nggak terlalu bisa tidur.. masih terlalu excited!

Demikian cerita lahirnya Lindri..

(Catatan dalam bentuk gambar ada di sini)



13 comments:

  1. Tita, hebat ya bisa menahan sakit. kalau aku dua-duanya pakai epidural. nggak kuat...! he..he... uniknya juga tita dua-duanya pakai midwife ya..? kayaknya disini kalaupun dg midwife semua dilakukan di RS.

    ReplyDelete
  2. Iya meringis2 juga sih, tapi untung inget posisi2 yg membantu mengurangi rasa sakit (waktu hamil ikutan kelas safe natural birth). Dan kalo hamilnya normal, cukup ditangani midwife (kliniknya di pojokan jalan nih.. enak banget, deket :D). Aku seneng banget bisa milih ngelahirin di rumah (dasar nggak suka RS :P)

    ReplyDelete
  3. Tita dan Dina, itu kalau mau punya anak mesti berani dulu kan, ya? Gimana coba, caranya mengumpulkan keberanian? Share, please..... hiks.

    ReplyDelete
  4. Kalau sudah tiba waktunya, pasti keberanian datang dengan sendirinya :)

    [Tips: banyak baca2 ttg lahiran, mulai dari "dari mana datangnya bayi?" sampai "dari mana datangnya rasa sakit?", dari ttg hamil sampai ttg anak balita]

    ReplyDelete
  5. Bu Esduren... selain seyem soal fisiknya, seyem 'overwhelmed' nya lho bu... punya bayi di negeri orang kan gak gampang, bukannya repot banget, malah? Makanya saya kagum sama Ibu Esduren dan Ibu Amallia.

    ReplyDelete
  6. u know what, bu kucingkembar...?? pain is socially constructed.

    ReplyDelete
  7. iya memang repot (ini mau nulis aja keteteran melulu :P). tapi meskipun nggak ada sanak saudara (dan staf rumah tangga), sistem cukup mendukung: toko/pasar, dokter, semua within walking distance, transportasi umum lancar, fasilitas utk ibu/bayi ada di sebagian besar restoran, stasiun, museum, dll. lumayan deh :D

    ReplyDelete
  8. congratulations ya..
    baby Lindri cantik sekali.
    Dan ibunya hebat benerrrrrr..gak pake epidural..kayanya baca ceritanya simple banget ya..gak sakit gitu..., duh...gw..gak sanggup deh kl gak di epidural... So good for you!, once again Congrat!!..what a blessing..

    ReplyDelete
  9. Terima kasih :).. Semua lahiran pasti istimewa, dan tiap pengalaman melahirkan pasti spesial. Kalo udah ngerasain sendiri (melahirkan), kita jadi ngerti ya perasaan ibu2 kita kalo kita2nya lagi membangkang :P

    ReplyDelete
  10. Selamat yah Tita.......... Kalau ngelihat anak yang baru lahir rasanya jadi pengen tambah anak deh...... Sekali lagi selamat yah......

    ReplyDelete
  11. Ceritanya Lindri bagussssss banget :) ...penuh dengan excitment dan touchy at the end :)

    ReplyDelete