Sunday, August 10, 2008

[klipping] Menolak Krisis Energi Kreatif

Artikel selengkapnya ada di Kompas Minggu 10 Agustus 2008: http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/08/10/0142403/menolak.krisis.energi.kreatif

...

Orisinalitas ini pula yang ditawarkan Dwinita Larasati, komikus yang doktor dari Delft Technical University, Belanda. Selain mengajar di Jurusan Desain Produk Institut Teknologi Bandung, ibu dua anak yang biasa dipanggil Tita ini menyisihkan waktu untuk menggambar.

Jenis komiknya graphic diary, semacam komik grafis yang bercerita mengenai perjalanan seseorang. Di situ, tokoh utama adalah Tita sendiri.

”Sejauh ini belum ada yang membuat komik graphic diary dengan karakter tokoh yang dikreasi sendiri dari banyak pengaruh, tidak berkiblat ke Jepang atau Amerika,” kata Tita.

Komik Tita, 40075 km Comics, diterbitkan di Belgia, berisi perjalanan hidup Tita. Angka 40075 adalah diameter bumi.

Ketika ada acara 24 Hour Comics Day di AS, dari 1.000-an peserta berbagai negara, Tita dengan komiknya Transition masuk sepuluh besar yang kesemuanya lalu diterbitkan dalam Highlight 2006.

Komik Tita yang lain, Curhat Tita, dijual dalam bentuk buku dan karakter serta adegan di dalamnya dijadikan pin, kantong telepon seluler, dan tas.

...

Artikel2 terkait:
- "Urang" Bandung "Keur" di Jakarta
- Biarpun Kere, tetapi Kreatif

15 comments:

  1. yaay! aku membacanya Minggu pagi! :)

    ReplyDelete
  2. Baca-baca ... Ta ...
    si Paulanya juga baca, terus hari minggu pas design charrette gua aja ke ITB, karena gua pikir pamerannya masih ada ... ehhh udah dibongkar ternyata, hiksss ... dan si Paula tanyain loe karena bukunya belum ditanda tangan, wakakakaka ....

    ReplyDelete
  3. iya aku juga baca..ta..jadi numpang ikut bangga..hi..hi..hi..

    ReplyDelete
  4. horey selalu...
    selamat mbak tita :)
    ikut bangga

    ReplyDelete