Saturday, November 18, 2006

Dhanu Bikin Paspor Baru







Sudah sejak beberapa bulan lalu tanggal berlakunya paspor Dhanu lewat. Berarti dia harus bikin yg baru, sebab sebentar lagi bakal sangat diperlukan. Sebelumnya dia perlu bikin pasfoto dulu. Biasanya utk foto identitas begini, kita perlu pakai jasa tukang foto, tapi sekarang tidak lagi. Sudah ada mesin foto otomatis di cityhall yg khusus utk membuat pasfoto ini (beda dengan mesin2 foto yg di stasiun2) - tapi sayangnya Dhanu takut sama mesin ini.

Waktu percobaan pertama ke cityhall (di mana dia harus bikin foto), saya nggak ikut. Hari Senin, Dhanu pergi langsung ke sana sepulang sekolah (dia bubar jam 3 sore) dengan bapaknya; saya hanya perlu menanda-tangani surat pernyataan bahwa sebagai ibu saya setuju Dhanu apply paspor sendiri. Menurut cerita Syb, susah sekali bikin Dhanu masuk ke boks mesin foto itu. Alesannya macem2, hampir semuanya adalah fantasi dia, seperti pijaran lampunya akan membawa dia ke dimensi lain, bakal ada tangan2 robot keluar dari dinding2 boks, ada monster ngintip, dsb. Sepertinya dia memang takut berada di ruang sempit sendirian, meskipun hanya beberapa detik saja.
Akhirnya setelah omelan2 ketus dari Dhanu dan satu sesi bujukan, pasfoto berhasil dibuat. Tentu saja tampangnya jadi cemberut. Tapi akibat terlalu lama bikin pasfotonya, kita nggak bisa ngurus paspor hari itu, karena batas pelayanannya sampai jam 4 sore. Yah, pokoknya pasfoto sudah dibuat dan lain hari saja ke sini lagi utk ngurus paspor.

Photobucket - Video and Image Hosting
Pasfoto Dhanu terbaru, tampangnya marah.

Percobaan kedua, direncanakan hari Rabu siang (tiap Rabu sekolah Dhanu bubar pk. 12:30). Kami ada pertemuan dengan guru Dhanu pk. 14:00 (ada tatap muka rutin utk membicarakan perkembangan anak) dan setelah itu rencananya kita akan bawa Dhanu langsung ke cityhall. Ternyata hari ini gagal lagi, sebab sepulang sekolah Dhanu langsung main ke rumah temennya. Ya sudah, lain hari saja.
(p.s. Sebenernya ada percobaan kesatu-setengah, yaitu Rabu pagi - tapi ternyata petugas cityhall bilang bahwa Dhanu juga harus hadir sendiri dalam pembuatan paspornya. Heh, bener juga. Makanya kita niat balik siangnya}

Percobaan ketiga, hari Jumat pagi. Seluruh keluarga ikut, Dhanu sebagai yg punya paspor, bapak dan ibunya sebagai orang tua pemberi ijin, dan Lindri sebagai penggembira (lha kalo ditinggal sendiri di rumah siapa yg jaga). Setelah heboh mendandani anak2 dengan jaket lengkap dan sepatu, naikin mereka ke sepeda dan mengayuh sampai di cityhall, Syb nyadar bahwa ada yg kelupaan: pasfoto! Terpaksa dia balik lagi, sementara aku dan anak2 nunggu di cityhall.
Cityhall regional ini nggak pernah penuh orang. Begitu masuk, di meja resepsi kita bilang keperluannya apa, terus mereka yg kasih nomer tertentu. Lalu kita bisa langsung duduk di bangku2 ruang tunggu yg menghadap ke meja2 pelayanan. Ada mesin kopi dan air putih di dekat resepsionis, dan ada boks mesin foto ('mesin waktu'-nya Dhanu) di pojokan lain. Ada satu rak yg isinya berbagai folder dan selebaran informasi urusan cityhall (judul2nya spt, "Anda ingin jadi warga Belanda?", "Wajib bawa bukti identitas, apakah itu?", "Jadual kolam renang Amsterdam Selatan", "Aktivitas komunitas di distrik Pijp", dsb.). Ada juga tumpukan majalah gratisan yg isinya informasi berbagai hal di kota (tempat makan, pertunjukan, dsb).

Sementara nunggu Syb ngambil pasfoto di rumah, Dhanu dan Lindri main2 di ruang tunggu itu. Nyelip2 di antara bangku2, ngambli setumpuk brosur terus disebar2 seolah2 nganter pos ke orang2 yg nunggu (nggak banyak, cuma saya dan 2-3 orang lain yg cepat dipanggil ke meja layanan dan urusannya segera selesai), pokoknya anak dua ini sibuk sekali. Biar agak tenang, saya suruh baca2 majalah informasi kota saja, dan ternyata ada satu halaman yg bikin Dhanu tercengang kagum: foto seorang kolektor Lego, di depan Legonya yg disusun jadi roller coaster. Pas Dhanu sedang mangap2 wooow cooool gitu, Syb dateng *fiuh*..

Photobucket - Video and Image Hosting
Foto dari majalah info-kota, ttg koleksi (yg ini koleksi Lego; di artikel yg sama ada juga ttg koleksi Donal Bebek dan koleksi T-shirt)

Nggak lama kemudian nomer kita dipanggil, semua maju ke meja. Saya dan Syb masing2 tanda tangan di dua formulir, petugas memeriksa foto dan komentar ke Dhanu, kok nggak ada senyumnya? Dhanu mesem2 aja. Terus Dhanu, si empunya paspor, harus tanda tangan di paspornya. Si petugas bilang ke Dhanu, "Kamu sudah besar kan ya? Bisa tulis nama sendiri di kotak ini. Tapi jangan keluar garis, ya!". Dhanu ambil formulir dan spidol dari petugas itu, terus ndeprok di lantai utk nulis namanya. Begitu selesai, formulir itu diserahkan sendiri sama Dhanu dengan bangga, "Lihat, saya bisa, bagus dan rapih!". Di dalam kotak tanda tangan tertulis DHANU; dan nanti akan tercetak di paspornya!

Setelah bayar, urusan kita selesai, dan paspor bisa diambil minggu depannya. Dhanu tetep harus ikut, tapi orang tua boleh salah satu saja, nggak harus lengkap. Gampang sekali ngurus paspor dan dokumen2 lain di cityhall ini, tempat nyaman, layanan ramah dan jelas dan prosesnya cepat. Paspor ini cuma awal dari urusan kita selanjutnya. Habis ini urusan kita bakal banyak ke birokrasi a la Indonesia - terutama dengan KBRI dan bea cukai. Brace yourself!


Foto paling atas: paspor Dhanu yg lawas, fotonya waktu dia baru berumur 5 bulan. Kalau paspor baru udah jadi, nanti saya scan juga.. terutama tanda tangannya! hehe..








29 comments:

  1. Wah...repot juga yah ngajak sang anak buat bikin passport.
    Kliatan banget tuh bedanya waktu masih kecil sama yang sekarang.

    ReplyDelete
  2. Hahahaha... gw ketawa pas baca bagian ini... koq kayak Calvin ya ta ? :)) :)) :))

    ReplyDelete
  3. biar cemberut tetap ganteng kok Dhanu-nya Ta :)

    ReplyDelete
  4. aih! bagus banget paspornya! taun lalu aku bikin di KBRI, jelekkkkkkk T_T
    semuatulisan tangan bapaknya yang brewokan itu, mana beliau maunya buru2.... trus mana tukang fotonya juga ga sabaran, ngitungin tapi dijepretnya ga sampe itungan ketiga, jadinya fotoku ya pas2an gitu deh T_T

    ReplyDelete
  5. Heboh yah :)) :)). Cerita yg lutu Ta. Apalagi pas ketinggalan pasfoto (yah kalo jadi elo gak lucu sih) :)) :)). Tus anak2 jadi tk. pos, hahaha, ada2 aja :))

    ReplyDelete
  6. ngajak anak2 pergi emang selalu harus siap buat segala 'upacara'nya.. hahaha..

    ReplyDelete
  7. mungkin diem2 dhanu suka baca2 komik2 calvin & hobbes gue.. hmmm..

    ReplyDelete
  8. ini kan paspor belanda versi lama, yg dari halaman depan sampe belakang isinya ilustrasi sejarah belanda (warna warni!). yg versi baru sih ornamen biru biasa.

    pasporku dari KBRI juga tulis tangan :D mana dulu sampe harus pake kemeja putih yg tergantung di ruang foto itu utk bikin pasfoto (hiiyyy)

    ReplyDelete
  9. hahaha tepatnya: kalo jadi syb! kan dia yg harus nggenjot pulang terus balik lagi.. sementara gue bisa duduk2 di ruang tunggu :D

    ReplyDelete
  10. nah ini untungnya orang2 yg di situ nggak keberatan play along dengan anak2. kan ada orang2 yg gak suka diusik anak2 kecil :P

    ReplyDelete
  11. ih iya bener banget! udah brp org aja tuh yang make... dan pertanyaan penting: kapan trakir mrk nyucinya :)). Mana bapaknya nyebelin, pas aku ambil ukuran kecil (s) bapak itu dengan santai bilang:
    "lhoh mbak, mana cukup pake yang itu, ini nih...." (sambil nyerahin kemeja yang ukuran cowo paling besar)

    -_-

    ReplyDelete
  12. Hahahahahhahaaa...

    Begitu baca judulnya, trus liat foto Dhanu di paspor pertama, gw langsung ketawa hahaha... Astagaa, cute banget... eh pas liat foto kedua, hahahhaa.. tampang marah geto hahahhaa... *tetep cute dengan tampang marahnya hahaha*

    Gw kebayang deh gmana ceritanya foto-fotoan itu hahaha... lucu Ta, lucu hahaha...

    Bilangin Dhanu, jangan lupa senyum ya tiap foto, dengan tersenyum dia terlihat lebih ganteeeeeennnggg... *winkwink*

    ReplyDelete
  13. hehehe makasih ntul..
    dhanu disuruh senyum biar ganteng? wah malah makin bikin muka2 aneh dia! :))

    ReplyDelete
  14. hihi...lucu... Dhanu udah bisa tandatangan sendiri (di sini kayanya blm boleh seblm anak berumur 12, kalo gak salah). Trus abis ini harus ngurus2 yg lain? Good luck ya... may the force be with you :))

    ReplyDelete
  15. Iyaa masih banyak! Terutama minta cap WNI utk anak2 di paspor Belanda mereka, sama ngurus visa bapaknya, tentu. Trimakasiiiiih.. :)

    ReplyDelete
  16. Ini yg peraturan baru itu ya, yg mereka boleh punya WN ganda?

    ReplyDelete
  17. iya benar. kalo mau bikin paspor WNI utk mereka belom bisa, tp udah bisa minta pernyataan bhw mereka juga WNI (sebagai pengganti KITAS)

    ReplyDelete
  18. kalo ngurus passsport di cityhall ada calonya gak...?? kalo di imigrasi surabaya....ngakunya bukan calo tapi organizer dari travel agent.. sm gak ya??

    ReplyDelete
  19. nggak ada, semuanya diurus sendiri dari awal, langsung ke petugas cityhall. cepat dan lancar. nggak ada 'pungutan2 ekstra' juga, sebab semua rincian harga2 resmi sudah terpampang di selebaran2 cityhall dan di website mereka.

    ReplyDelete
  20. ta, dhanu terinpirasi film stormbreaker? hehehe pas jepret tau2 ke tempat lain :P

    ReplyDelete
  21. ha? maknya aja nggak tau film itu.. dia nonton di mana ya.. ;))

    ReplyDelete
  22. hihihihi..... sing lawas isih kaya enthung ya ta. sing anyar wis kaya bocah ....

    ReplyDelete
  23. hahahahaha...aku ketawa pas baca imajinasinya dhanu ttg box foto !

    passportnya luna masih nempel sama passportku, fotonya dia lagi ndlangop dengan bulu mata yang njeprak (karena di fotonya dari arah bawah gitu).

    pas bikin visa schengen, dia udah bisa bergaya-gaya dan fotonya lumayan manis :))

    ReplyDelete
  24. tenik: iyo paspor lawas kuwi jik jaman enthung.. haha.. jik gelem diuyel2!

    chic: aah iyaa aku inget liat foto paspor luna waktu dia di sini... lucu!

    ReplyDelete
  25. mbak..ndak usah Dhanu, aku aja melongo ngeliat foto kolektor lego itu (pertamanya aku pikir Dhanu dan Lindri, hehehehe)
    Proviciat buat Dhanu! sudah bisa tanda tangan sendiri ^--^

    ReplyDelete
  26. terima kasih ^_^
    seru emang ya susunan roller coaster-nya itu *ikutan pengen*

    ReplyDelete
  27. nama panjangnya bagus yah, prasidya dhanurendra

    ReplyDelete
  28. kasian......................ya dhanu...........hehehehehe

    ReplyDelete