Wednesday, June 8, 2005

McSweeney's Quarterly Concern Nr.13

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Dave Eggers (ed.), Chris Ware (guest ed.
Pada halaman pertama, tertera keterangan sbb di bawah judul buku, "An Assorted Sampler of North American Comic Drawings, Strips, and Illustrated Stories, etc." Benar sekali, dan variasinya memang benar2 menarik. Editor tamu edisi McSweeney kali ini, Chris Ware, dalam artikelnya mencoba menjelaskan bahwa profesi komikus tidaklah seenak yang dikira orang2 pada umumnya. Bahwa komik bukanlah hanya sekedar untuk memancing reaksi tertentu (tawa) atau hanya mengisyaratkan tema tertentu (superhero). Komik adalah gabungan yang tepat antara gambar dan kata2, merupakan cara seseorang berekspresi. "Comics are not a genre, but a developing language". Untuk menegaskan pernyataannya itu, Chris Ware menampilkan seleksi berbagai variasi komik/strip dan artikel dalam edisi McSweeney ini.

Tidak kurang dari karya2 Robert Crumb, Daniel Clowes, Chris Ware, Richard McGuire, Adrian Tomine dan Seth tampil di sini, merepresentasikan komik/strip bernuansa ironis atau bertemakan masalah sehari2. Beberapa komik (auto)biografis diwakili oleh karya2 Julie Douchet, David Heatley dan Jeffrey Brown. Selanjutnya, komik/strip sebagai dokumentasi diwakili, antara lain, oleh Kim Deitch (ttg seorang narapidana yg dihukum mati), Joe Sacco (ttg seorang penembak jitu di Sarajevo) dan Chester Brown (ttg Thomas Scott).
Terdapat pula beberapa artikel menarik, mengenai pengalaman dengan komik di masa kecil, sejarah dan proses pembuatan komik/strip Peanuts (Charles Schulz) dan Krazy Kat (George Herriman), seni berbasis komik, dan komik/strip pertama yg masuk ke Amerika.

Buku ini dikemas dengan hard cover, yang disampul lagi dengan kertas tebal & lebar yg dilipat2, dipenuhi karya Chris Ware. Dalam sampulnya, terselip dua buklet (komik) kecil tambahan, yang sengaja dipresentasikan dalam format aslinya tsb. Buku ini benar2 layak dikoleksi, terutama bagi mereka yang ingin membuka wawasan di bidang komik/strip. Saya tutup resensi ini dengan kutipan dalam artikel Chris Ware di buku ini:

"I don't think in any language. I think in images. I don't believe that poeple think in languages. They don't move their lips when they think. It is only a certain type of illiterate person who moves his lips as he reads or ruminates. No, I think in images, and now and then a Russian phrase or an English phrase will form with the foam of the brainwave, but that's about all."
- BBC Inverview with Vladimir Nabokov, 1962.

Mc Sweeney's Quarterly Concern Nr.13
Dave Eggers (ed.), Chris Ware (guest ed.)
(C)McSweeney's Quarterly, USA 2004
ISBN# 0-241-14269-5

No comments:

Post a Comment