Monday, June 6, 2005

Kraut

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Peter Pontiac
Sudah lama sekali Peter memendam pertanyaan2 dalam batinnya, berkenaan dengan ayah kandungnya yang terakhir dikabarkan hilang tanpa bekas di lautan Karibia. Semua uneg2nya akhirnya tertumpah dalam buku berisi teks, ilustrasi dan dokumen ini, berbentuk sebuah surat panjang kepada ayahnya tersebut.

Buku ini, yang layak disebut sebagai novel grafis, berisi kisah hidup Joop Pollmann, ayah kandung Peter Pontiac (yang terlahir dengan nama asli Peter Pollmann). Ayah Peter lahir pada tahun 1922 di Leiden, di tengah2 keluarga Katolik, dan dibesarkan di antara keluarganya yang kebanyakan berprofesi sebagai pemilik toko. Di masa kecilnya ia telah menunjukkan kesenangannya menggambar dan menulis, hingga tak heran bila ia memilih untuk berprofesi sebagai wartawan. Di usianya yang sangat muda ia berperan sebagai wartawan untuk Nazi, dan sebagai akibatnya, ketika PD-II berakhir, ia harus menjalani hukuman selama 3 tahun di kamp. Setelah itu ia berkeluarga dan terus berprofesi sebagai penulis.

Dalam surat kepada ayahnya ini, Peter mengajukan beberapa kemungkinan bagaimana si ayah dapat lenyap begitu saja. Peter dengan handalnya menggabungkan teks dan gambar sedemikian rupa sehingga mereka saling berinteraksi dengan tepat. Ada kalanya ia menempelkan dokumen berupa kliping koran atau surat, dengan terus mengalirkan kata2 di sekitarnya. Keahlian Peter dalam mengolah bidang hitam-putih tak dapat diragukan lagi; ia tahu kapan harus membentuk gambar karikaturis, fotografis, atau gabungan dari keduanya.

Pada pembuka kisah, Peter yang terlibat langsung dalam produksi edisi versi Belanda dari "A Contract with God" karya Will Eisner dan "Maus" karya Art Spiegelman mengaku bahwa "Kraut"-nya ini mungkin merupakan cerminan, atau sisi lain dari "Maus". Dapat diakui, memang, bahwa "Kraut" layak disejajarkan dengan karya2 sekaliber kedua novel grafis pendahulunya tersebut.

Kraut
Peter Pontiac
(C)Podium, Amsterdam 2000 (2nd 'extended' edition 2005)
ISBN# 9057590085

ps. Artikel pendek ttg launching Kraut edisi kedua, ada di sini

4 comments:

  1. wah...
    satu lagi dari Tita.
    Paragraf terakhir bikin gw penasaran. Berarti dia hebat banget, dong. Maus dan a Contract with God kan dianggep milestonenya graphic novel...

    ReplyDelete
  2. Iya lho, si koboi veteran ini memang jagoan. Untuk "A Contract with God", Pontiac nggarap lettering versi yiddish-nya. Untuk "Maus", ia juga nggarap lettering untuk terjemahan versi Belandanya. Nah waktu dia nggarap Maus ini, ia perhatikan bahwa tokoh Spiegelman senior (ayah dari Art Spiegelman) pernah cerita di kamp mengenai seorang 'Joop', yg pernah juga diceritakan oleh ayah Pontiac. Ini makin mendorongnya utk membuat novel grafisnya sendiri. Apalagi saat Eisner menuliskan pesan padanya di sebuah kotak korek api, demikian

    "To Peter Pontiac - Please keep going - Do a graphic novel too.. I need company. It's too lonely out there. Will Eisner"

    ReplyDelete
  3. jadi pengen liat dalemnya deh..

    ReplyDelete
  4. oh, ada 2 halaman yg sudah ta' scan, ada di sini

    ReplyDelete