Thursday, February 24, 2005

Ca Bau Kan

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Other
Tumben2nya saya bisa pergi nonton film: ke Asian Film Bites Festival [http://www.asianfilmbites.com] di De Balie, Amsterdam. Saya pilih utk nonton Ca Bau Kan [http://cabaukan.kalyanashira.com], saking rindunya nonton fim Indonesia yg bermutu di layar lebar. Dengan HTM yg murah (5 Euro), ruang teater yg sudah dasarnya kecil segera penuh terisi, kebanyakan oleh para pelajar Indonesia yg sedang sekolah di Belanda.

Secara keseluruhan, film ini tidak mengecewakan. Yang paling mengesankan adalah hasil riset dan detail yang ditampilkan untuk menciptakan suasana Hindia-Belanda di th 1930an. Hal lain yg sangat menarik adalah berbagai bahasa dan dialek "saat itu" yang diucapkan para tokoh yg berasal dari berbagai suku. Benar, perbedaan itu indah.
Ceritanya sendiri sangat menarik. Terkadang tragis, terkadang kejam dan dramatis, namun juga terdapat selipan humor (tanpa bermaksud melawak - humor di sini sering berarti kita mentertawakan refleksi diri pada film itu). Selain itu, terdapat banyak pepatah dari para tokoh di film ini yg patut direnungkan. Sutradara film ini, yg sebelumnya menggarap Arisan, telah mengangkat Ca Bau Kan dari novel dan mengemasnya dengan baik.

Hanya saja, sayang kualitas gambar pada layar tidak terlalu tajam (apakah ini khas film Indonesia? masalah keterbatasan teknologi?) dan laju film sedikit tersendat pada pertengahan masa putar, sebelum waktu jeda (ada 5 menit break, krn durasi film ini 120 menit). [--> Gangguan pada film ini 'ditebus' panitia dengan menawarkan HTM 2.50 Euro/ setengah harga untuk film berikut, atau 5 Euro/ setengah harga T-shirt Asian Film Bites yg dijual di meja depan]

Selesai nonton, saya putuskan utk mengoleksi DVD nya. Habis, jarang2 ada film Indonesia yg baik performance maupun appearance nya bagus, bermutu luar-dalam :)

NB. Hanya ada satu hal yg sedikit mengganggu. Kemunculan salah seorang tokoh yg tidak terlalu jelas bagi saya: anak muda Tionghoa yg sempat diserang anak buah Tan Peng Lian dari Tamim di Kalijodo. Yg lalu muncul lagi di Sewang dan membunuh anak buah Tan Peng Lian dari Tamim dan akhirnya membunuh si Tan Peng Lian ini. Yg lalu muncul kembali(?), jadi prajurit rakyat bersama Soetardjo setelah masa penjajahan Jepang. Siapa ini ya? Ada yg bisa menjelaskan?

22 comments:

  1. it's classic movie. like it vrey much!

    ReplyDelete
  2. Lama juga ya film ini baru bisa ditonton di sini krn sudah 2-3 tahun yl saya nonton film ini. Hmmm?!!!!

    ReplyDelete
  3. mungkin jg karena saya-nya yg baru sempet keluar utk nonton sekarang.. hehe.. (iya film ini keluaran 2002). yg jelas, jadi pengen baca novelnya deh..

    ReplyDelete
  4. Bagus ya film nya Ta? Saya baca bukunya udah lama banget dan udah rada2 lupa tapi saya gak impressed malahan karena alur ceritanya stereotyping chinese pada masa itu (wanita Indonesia muda n cantik di'pelihara' oleh babah chinese yg kaya raya, dsb, dsb) dan bahasa yg dipakai saya kurang suka. Detailsnya yg membuat saya tidak terlalu suka dgn buku ini saya lupa. Sorry. Tapi yg pasti, bukan karena chinese potrayalnya sih.

    Yg fun cuma satu: membayangkan daerah kota dan kali jodoh (kebetulan Angke dan sekitarnya daerah jajahan wkt kecil :D) wkt th 1930an seperti yg dideskripsikan di buku. Menurut Mama, yang mendengar cerita2 dari ayahnya, memang akurat tuh. :D

    ReplyDelete
  5. Wah kok pas.. wkt nonton film juga gue paling suka dan terharu liat 'Jakarta' masa itu, orang2 masih bisa main di sungai, rindang pohon buah di mana-mana, dan rumah2 tradisional model terbuka gitu.
    Iya gue jd pengen tau ceritanya di novel gimana sebab ada bbrp bagian di film yg gue nggak 'ngeh. Tapi nggak recommended ya Ven.. ntar2 minjem2 aja deh.. hehe..

    ReplyDelete
  6. Ca Bau Kan, kalo engga salah seingat saya mereka shootingnya di salah satu daerah di Jawa tengah yang rumah2 tua china nya peninggalan jaman Belanda masih tersisa dan terkenal artistik. Jadi sangat membantu suasana jaman hindia belanda yang ditampilkan di film ini.
    Kalo pembunuhan itu, saya juga bingung sampe sekarang, tapi dulu waktu nonton dihubung2i saja dengan suasana keras peperangan, ..:) sepertinya kita musti baca bukunya deh Ta, baru tahu maksudnya. hehehe...
    Kalau laju film yang diputer di sini sih kagak tersendat, wah pengen dong dapet t shirtnya, tapi ini mungkin salah satu cara mereka jualan ..? Who knows?

    ReplyDelete
  7. Iya bener Dev, emang wkt itu keliatannya jualannya seret (habis cuma 2 hari 'festival'nya) dan harga t-shirt 10 Euro (mehiil). Jadi deh, pas dikorting 50% langsung pada ngantri.. hehe Indonesia pisan, doyan kortingan :P

    ReplyDelete
  8. di bandung murah2 lo Ta, kan sekarang lagi mewabah yang namanya factory oulet. wah beli baju kayak kacang goreng deh dan lumayan buat yang bosenan. harganya dari 20rebu sampe 50rebu dah lumayan bagus modelnya tuh..jadi kalo bawa 500 rebu ( 5 Euro ya?)..buanyak banget deh kalo beli disini.....hehehe..mau?

    ReplyDelete
  9. Mbak, udah baca novelnya belum? Klo belum baca novelnya, buruan baca trus liat DVDnya..baru deh ngeh! Novelnya jauh lebih menarik drpd filmnya. Tapi dengan menggabungkan gambar dan cerita asli maka jadi sipppppp!!

    ReplyDelete
  10. Iya nih kalo film diangkat dari novel biasanya ada yg lebih atau kurang; kadang2 novelnya, kadang2 filmnya. Mbok aku disilihi novel-e, Ka!

    ReplyDelete
  11. 5 Euro itu sekitar 65 ribu rupiahan kayaknya (1 Eur kira2 13 rebu kan ya sekarang?). hahah iya bandung udah kebanyakan factory outlet.. liatnya aja udah capek, apalagi belanjanya :P

    ReplyDelete
  12. Tita, gue gak recommend :D but judge for yourself :D n kasih tau kalo kamu beda pendapat ya.

    ReplyDelete
  13. Gak recommend novelnya Ven? Iya nih makanya mau cari pinjeman aja, nggamau beli :D Ada pengalaman soalnya ama novelnya Fight Club..

    ReplyDelete
  14. ada mbak...tp di Indo :D piye? hehhehe.tp ada temenku yg punya disini rasanya...tar tak silihno.

    ReplyDelete
  15. gue jadi gak enak kesannya gak sependapat mulu ama lu Ta, dan tukang ngritik hehe...tapi yahhh menurut gue sih pendekatan historiknya kurang, misalnya setahu gue Indonesia jaman segitu orang2nya bajunya gak selalu baru2 dan warna warni semua kayak di film itu deh.. emangnya di mall jaman sekrg... tapi yg lain sih lumayan...

    ReplyDelete
  16. Eh ya nggapapa Ko, kalo sependapat mulu malah nggak ada sinergi :)
    Oh iya baju keren2 di film itu kayaknya yg pake ya para pedagang2 Tionghoa yg emang kaya. Dan 'rakyat biasa'nya nggak dipakein kostum ngencrang (pake baju sehari2). Jadi aku pikir wajar aja.
    Lain kali kalo nonton lagi pasti akan lebih aku perhatiin. Abis kemaren ini masih 'takjub' dapet kesempatan nonton di layar lebar.. hehe.. (terakhir ke bioskop beneran, sebelum anak pertama gue lahir coba)

    ReplyDelete
  17. yah mungkin juga gue pas nonton udah apriori duluan dg "warna warni" itu soalnya kalo nonton film2 tutur tinular cs (hehe) kan pakaian kerajaan tuh warna warni, pdhal warna warni pakaian masuk ke kerajaan jawa tuh kan baru jaman amangkurat (?), demikian juga dg desain pakaian raja2 kan yg desain juga bangsa eropa, sebelumnya sih bangsa kita paling2 pake celana dan sarungan dg telanjang dada warna kain paling2 coklat batik.. walau tujuannya utk menghibur, tapi ada baiknya aspek sejarah diperhatikan dg detail, paling enggak utk pendidikan masyarakat kita... kayak beberapa film bagusnya holywood lah, walau itupun oleh sinematografer2 perancis masih di kritik, tdk memperhatikan aspek geografislah, dll.. ujung2nya dibilang menghina intelektual pemirsa2 perancislah, dll.. heh agak arogan juga mereka kalo dipikir2 :) mungkin gue pengen aja liat film2 sejarah indonesia yg digarap lebih serius lagi...bukan sekedar tutur tinular dan mak lampirnya :)

    ReplyDelete
  18. Eko salam kenal ya. Impressive observation dari angle yg unik. Bener juga menurut kamu ya. Karena teknik dyeing juga pasti belon segitu canggih, gimana punya warna2 seperti itu.

    ReplyDelete
  19. Salam kenal juga Venny. Langsung ngerasa aneh aja sih pas nonton film itu ngeliat warna warni baju yg cerah kemilau... jadinya malah kerasa kurang realistis... waktu itu malah kepikir, katanya Nia Dinata ngabisin duit banyak bgt buat riset, tapi kok sama dia gak kepikir ya soal "kewajaran" berpakaian? walau dalam komunitas tionghoa kaya pun masa itu saya ragu bahwa mereka berpakaian warna warni cerah begitu.. betul kata Venny, teknik dyeing pasti belum canggih masa itu...

    ReplyDelete
  20. nah ini point bagus.
    kalo emang masa itu nggak mungkin dye nya se'ngencrang' kain2 sutra para pedagang2 kaya itu, ya jangan pada didandanin spt itu! kan jadinya menipu penonton yg belom pernah riset ttg itu, termasuk gue!
    payah ya, dunia entertainment itu suka melebih2kan for the sake of hiburan semata. padahal film2 begini - terutama yg diangkat dari novel berlatar belakang sejarah - seharusnya bisa lebih banyak memberi informasi visual. jadi kapan, ko, kirim surat ke sutradara ca bau kan?

    ReplyDelete
  21. wahaha gua mah amatiran.. tapi ada yg asik nih soal observasi film dari segi pakaian... kebetulan gue penggemar film2 kuno.. coba deh perhatiin film2 koboy tahun 60 - 70 an aja.. pakaiannya kan jelas beda banget sama film2 tahun 90 an ke atas... keliatan lebih norak hehe.. pdhal desainnya kemeja dll semuanya sama, yg diperanin juga sama2 Wyatt Earp misalkan yg hidupnya di akhir abad 19... yg jauh lebih kuno lagi... kok bisa pakaiannya berkesan beda, walaupun si sutradara holywood udah berusaha serealistis mungkin.. jawabannya gue rasa: karena teknologi pembuatan, pewarnaan kainnya yg beda, jadi biarpun di stelin kumuh tetep aja kualitas kainnya gak bisa nipu.. :)

    ReplyDelete
  22. o iya kurang nol nya..50 euro maksudku...hehehehehehehehhe

    ReplyDelete