Saturday, October 28, 2006

Stamppot


Description:
Urusan bikin kentang tumbuk ini biasanya kuserahkan ke Syb, sebab emang dia jagonya. Saudara2 yg pernah nginep sini pasti pernah ngerasain stamppot Syb dan selalu ingin lagi dan lagi..
Sekarang ini saya coba tulis resepnya, tapi takarannya dikira2 sendiri ya (sebab dia bikinnya jg nggak pernah pake takaran). Untuk Chica dan TeNiek, selamat mencoba! :)

Ingredients:
- Kentang, sekitar 1 kg bisa utk 3-4 orang. Di sini kita bisa pilih yg jenisnya creamy (jangan tanya spesiesnya), atau yg memang disediakan utk ditumbuk.
- Butter - biasanya pakai roomboter
- Susu - susu sapi segar, half-fat, kemasan kotak
- Garam

Directions:
1. Masukkan kentang yg sudah dipotong jadi 2 atau 4 (tergantung besarnya) ke dalam panci berair (nggak usah banyak2, cukup sampai seluruh kentang terendam), taruh di atas kompor, api besar.

2. Begitu air mendidih, kecilkan api, rebus selama ±15 menit. O iya, tambahkan garam ke dalam panci.

3. Setelah kentang matang, empuk ditusuk garpu, tiriskan. Segera hancurkan (dengan alat penumbuk kentang, kalau nggak ada bisa pakai garpu) sambil masukkan butter, sedikit demi sedikit. Ada juga yg biasanya suka mencampurkan olive oil sebagai ganti butter, lalu dicampuri sedikit bawang putih.

4. Tuang susu, juga sedikit demi sedikit. Hanya sampai membuat tekstur kentang tumbuk lembut. Selain susu murni, bisa juga pakai coffee creamer atau cooking cream.

Selesai! :D

Ada variasi lain, spt mencampurkan dengan irisan wortel dan bw bombay (dimasukkan bareng rebusan kentang di 10-5 menit terakhir), irisan buncis, andijvie, brusselsprouts, dll. Biasanya ditemani rookworst (susis asap), spek (bacon), meatball (bola daging cincang), dan berbagai jenis daging lain, beserta jus-nya.


Foto dari Delia Online

19 comments:

  1. wahaaaa.. ini makanan gua sehari-hari ini...mashed potatoes, biasanya gua kasi keju jeng.. uwaaaah langsung tambah mematikan...

    ReplyDelete
  2. wah... yang ini nggak haram, gue bisa coba... :D kekekekkeee..... mer mau nggak mer?? :D

    ReplyDelete
  3. mauuuuuuuuuuuuu, heheheh coba ah, thx ya ta

    ReplyDelete
  4. benerrrr .. dicampur keju terus abis itu ditaruh di pinggan tahan panas .. tambahin parmesan .. bake bentar biar sampai atasnya rada coklat dikiitt .. yumm

    sour cream ama chive juga asik .. :)

    ReplyDelete
  5. wah... musti ke rumah Tita lagi...nagih Syb's stamppot!

    kucing, gue mau.... urgently need yg gini :))

    ReplyDelete
  6. wah keju dibikin crispy di permukaan ya, gue juga doyan! apalagi utk pastel tutup.. mmm.. *glk*

    sour cream & chives biasanya gue buat nemenin baked/ jacket potato (belom pernah ama mashed potato). atau keju leleh, mirip yg di wendy's (duh inget jaman wendy's pertama kali buka di bandung, sebrang gelael dago)

    mer, ada lagi makanan andalan dia: tuna salad! hayuuuk mari marii..

    ReplyDelete
  7. Aduuuuh taaa, jadi kangen kita makan bareng disana! Sekarang udah tutup ga laku! Gua inget banget perkedel kornetmu yang gua abisin terus....nyam nyam nyam...

    Wah harus dicoba itu pake sour cream & chives.... hidup kentang!!

    ReplyDelete
  8. pake bacon bits juga ta (di aku beef bacon bits :p)

    ReplyDelete
  9. chic: iyaaa endang tu.. asin kriyes2, aku bangettt :))

    lex: weh udah tutup ya? dulu pernah jg ada arby's sebentar di deket gelael situ, tp juga tak bertahan lama! yesss kentang forevah!

    ReplyDelete
  10. memang ibu mer perlu yang lembut-lembut nih dalam rangka normalisasi kehidupan perut setelah insiden ER kemarin. Ahem... juga kehidupan yang lain-lain :) (maksudnya kehidupan akademis propesyonal yang suka bikin suntris.....).

    ReplyDelete
  11. :) *ikutan senyum-senyum belaga ngerti*

    ReplyDelete
  12. cobaiin pake bawang putih panggang, ta. nyammmmm

    ReplyDelete
  13. Tks Ta. Teknik elo ini emang membuat mashed potato jadi gampang bikinnya :D

    ReplyDelete
  14. stelivena: wah iya tu, belom pernah nyoba pake yg panggang. you can hardly do much wrong with garlic! :D

    bookshop: sama-samaa.. mudah2an berguna di hawa yg mulai mendingin ini..

    ReplyDelete
  15. Mbak Tita, salam kenal dulu ah..aku Dian di India...aku contek resepnya ya ;) Btw, aku juga member KPC lho ...

    ReplyDelete
  16. Salam kenal juga, senang bisa 'ketemu' di sini selain di milis :) Tentu boleh contek, silakan mencoba

    ReplyDelete