Monday, October 23, 2006

Kenangan Lebaran



Ini adalah kesekian kalinya saya kehilangan momentum ber-Lebaran bersama dengan keluarga besar di tanah air. Saya bahkan sampai lupa tahun berapa terakhir kali ikutan sungkeman saat Lebaran. Sekarang2 ini pastilah saat yg tepat utk mengenang sedikit mengenai perayaan hari besar ini di keluarga saya.

Separuh dari keluarga besar kami adalah Muslim, sisanya Protestan dan Katolik. Lingkungan tempat tinggal kami pun sama beragamnya. Ketika kecil dulu, saya biasa ikut dengan teman2 tetangga yg belajar mengaji dan membaca Al Qur’an di kompleks. Sebaliknya, sepupu dan teman yg Muslim pun pernah ikut saya ke Sekolah Minggu atau datang ke Sekolah Injil Liburan. Saya dulu belajar di sekolah Katolik yg mewajibkan setiap muridnya turut menghadiri misa saat sekolah, apa pun agamanya; namun tentu saja kami yg bukan Katolik dibebaskan dari ritual mengambil hosti dan mengaku dosa. Salah satu kenangan menyenangkan adalah ketika SMP, saya masuk tim kolintang utk mengiringi misa gereja tsb, bersama2 dengan teman2 yg beragam agamanya. Kenangan lain, adalah meningkatnya order kartu ucapan! Saya dan kakak adik dulu tidak pernah dapat uang jajan, jadi mulai SMP saya sering membuat kartu ucapan utk dijual, saking inginnya punya 'uang pegangan' sendiri. Menjelang hari raya apa pun, biasanya teman2 sudah memesan kartu. Hasil penjualan biasanya saya tabung utk beli pernik2 favorit yg nggak bakal tersubsidi oleh orang tua (contohnya, poster Duran Duran dari emperan Blok M.. haha)

Dengan kebiasaan demikian, adalah jamak bila kami saling berkunjung dan turut bergembira di hari2 raya penting, seperti halnya Idul Fitri. Saat masih kecil dulu saya pernah ikut berkeliling kompleks dengan teman2 utk Takbiran. Di hari Lebaran pertama, kami sekeluarga pasti mengunjungi rumah Pakde-Bude di mana Eyang kami tinggal, mengenakan baju bagus dan rapih. Begitu kami tiba (sekitar pk. 09:00), biasanya Pakde sekeluarga baru kembali dari shalat Ied dan sedang sibuk mempersiapkan semuanya. Ibu langsung ‘turun’ ke dapur utk membantu seorang Bude lain memotong2 ketupat, memanaskan lauk, dan menata hidangan di meja. Kami anak2 yg besar pasti juga kebagian tugas mengatur meja, membuat minuman, atau membereskan makanan kecil dan suguhan2 lain. Anak2 yg lebih kecil dibebaskan bermain atau nonton TV. Orang2 yg seumuran dengan saya pasti ingat, dulu itu acara wajib tonton di televisi adalah operet Papiko, lawak Srimulat atau Jayakarta Grup, film Warkop (..apa lagi ya?).

Photobucket - Video and Image Hosting

Hari Raya Idul Fitri, yg merupakan kesempatan bermaaf-maafan dan memulai dengan diri yg lebih bersih, kami laksanakan dengan ritual sungkeman. Yang pertama perlu disungkemi tentulah Eyang Putri (Eyang Kakung sudah lama sekali wafat; sebelum saya lahir). Mulai dari keluarga tertua: dari ayah hingga anak termuda. Lalu keluarga tertua berikutnya, dan seterusnya, hingga keluarga bungsu bersama anak2nya. Eyang selalu menempatkan salah satu tangannya di kepala kami ketika mendoakan kami dan menerima permintaan maaf kami. Saat2 yg mengharukan dapat terjadi saat sungkeman ini, ketika seorang saudara memang sedang dalam situasi yg sulit. Namun lebih sering saat2 ini juga sambil dibuat guyonan: ketika seorang saudara sungkem, celetukan2 dari kanan-kiri, yg menyebut kelakuan2 ybs, selalu terdengar. Setelah Eyang, giliran Pakde dan Bude tertua yg mendapat sungkeman dari anak2 dan para keponakan. Oh iya, setiap kali sungkem, pasti diabadikan dengan foto! Terutama oleh Bapak yg hobinya memotret (sampai2 dijuluki Sukamoto-san oleh saudara2). Belakangan, peristiwa ini tentu saja diabadikan juga dengan video dan kamera dijital. Namun canda dan tawa yg mengiringi tidak pernah pupus; pasti selalu ada.

Setelah acara sungkeman, tibalah saat yg paling ditunggu2 oleh para ‘krucils’: ang pau! Jaman kami masih kecil dulu, tentu saja kami yg paling senang sebagai pihak yg selalu mendapat ang pau – biasanya berupa lembaran2 uang kertas yg nilainya ribuan rupiah – dari para Pakde dan Bude. Belakangan, sepupu2 yg sudah dewasa dan bekerja juga membagi2 ang pau bagi saudara2 yg masih sekolah atau kuliah. Sekarang ini, telah bertambah satu generasi ‘krucils’ yg paling berhak mendapat ang pau, namun kami2 yg juga sudah jadi orang tua kadang2 masih mendapat hadiah istimewa ini. Serasa jadi anak kecil lagi! Hehe..

Photobucket - Video and Image Hosting

Makan siang bisa dimulai setelah itu. Pastinya ada ketupat, yg telah dipotong2 kotak2 rapih oleh Ibu dan Bude, opor ayam, sambel goreng ati, rendang daging, kerupuk udang. Biasanya ada juga puding, coctail buah dan fruit punch. Anak2 jadi sedikit tenang ketika sudah mendapat makanan masing2 dalam piring; semuanya duduk di lantai menghadap meja2 rendah, sambil makan. Acara ini diisi ngobrol2, nonton televisi, atau mondar-mandir ke meja makan utk mengambil tambahan. Setelah makan biasanya kami ikut beberes, apalagi biasanya tidak ada staf rumah tangga yg membantu karena sedang pulang ke kampungnya.

Pakde dan Bude tuan/nyonya rumah seringkali harus segera pergi lagi setelah makan siang, utk melakukan halal bi halal di tempat rekan2 mereka. Kami biasanya tetap tinggal utk masih beberes sambil main dan mengobrol dengan sepupu2, bila para orang tua tidak ada keperluan lain. Tahun demi tahun berganti, namun ritual sungkeman ini tetap kami laksanakan hingga sekarang. Hanya saja sayang tidak semuanya bisa hadir dengan keluarga lengkap karena anggotanya sudah berpencaran (contohnya saya) atau sudah dipanggil Yang Maha Kuasa.

Besok, Selasa 24 Oktober ini, keluarga besar saya akan kembali berkumpul utk merayakan Idul Fitri. Meskipun dilaksanakan hanya pada saat ber-Lebaran, ritual sungkeman ini dilaksanakan oleh seluruh anggota keluarga, apapun agamanya. Tradisi yg nJawani? Mungkin saja. Namun saya memaknai tradisi ini benar2 sebagai kesempatan utk menunjukkan hormat dan terima kasih saya pada para orang tua yg telah bersabar dan tanpa pamrih mengasuh, membesarkan dan menghadapi kelakuan anak2nya yg juga seringkali membuat mereka cemas dan kecewa.

Katur Eyang, Pakde, Bude, kepada saudara2 dan teman2 yg merayakan, bersama ini saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1427H; mohon maaf atas kata2 dan kelakuan saya yg selama ini kurang berkenan. Mudah2an utk selanjutnya kita semua bisa menjadi manusia2 yg lebih baik bagi sesama.

Photobucket - Video and Image Hosting


Kecuali foto ketupat di paling atas, foto2 dari album Lebaran 2006-nya Chica (makasih ya Mbakyuuu)




52 comments:

  1. selamat hari raya.. maaf lahir bathin

    ReplyDelete
  2. gak bisa ber-Lebaran di tanah air.. jadinya cuman bisa mengenang ya Tita?? anyway.. aku ucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri.. God Bless You..

    ReplyDelete
  3. Titaaaaa, cerita yg bikin anget disaat2 ujan ini *hug hug hug*. Feeling ini persis kalo lagi Chinese New Year, keingetan keramaian di rumah :D.

    BTW, senang rasanya kalo keluarga rukun gak ribut2 soal agama yah? Yg pasti senang untuk semua: Natalan ada makan2, Lebaran pun makan2 lagi, heheheheh :D *ya pakem gue kan cuma makan2 tok :D*

    ReplyDelete
  4. Cerita yang anget? setujuuuu :D lebih anget lagi klo kita bisa cicipin ketupat anget plus opor anget... kari ayam anget... rendang anget... :D :D :D *lirik Chica minta dibagi* :D :D

    ReplyDelete
  5. Hehehe.. gak coba silaturahmi online via webcam ta ?

    ReplyDelete
  6. *jadi inget statement chica: Tidak ada bulan tanpa makan2 di keluarga kami*

    ReplyDelete
  7. thx semuanya, maaf lahir bathin.
    iya, satu2nya kontribusi dari sini, sebab berhalangan hadir sendiri.. hehe..

    ntong & ntul.. :"> *hug hug* benerr.. makan2 itu wajib rasanya di setiap acara kumpul2, apapun temanya! skg gue tinggal nunggu foto2 lebaran aja nih, seperti biasa.. :D

    man, kok webcam sih, gak punya nih - lagian tetep gak bisa icip sayur godognya chica :P

    cel, yang demikian benar adanya :D

    ReplyDelete
  8. Selamat berlebaran dan maaf lahir dan bathin buat Tita dan sekeluarga ...

    ReplyDelete
  9. sepupuuuu >:D<
    aku baru aja selesai marathon masak hari ini :))

    aku inget, terakhir kamu lebaranan di sini adalah tahun 2002. waktu itu udah ada dhanu dan syb mondar-mandir ngambil opor ayam.
    tahun depan kamu udah ikutan sungkeman dan memamahbiak bersama lagi ya :D

    ReplyDelete
  10. del> terima kasih :) sama-sama, selamat berlebaran dan juga maaf lahir bathin

    chic> aaaahhh iya ya lebaran 2002 deket banget sama natalan (= pas aku mudik terakhir)! terima kasih sudah mengingatkan.. heheh.. selamat memamah biak duluan untukmu besok :D

    ReplyDelete
  11. hahahaha, kocak pasti ta, kesempatan nyela bgt :))

    ReplyDelete
  12. celaan paling mantap biasanya yang berhubungan sama jodoh !
    dan gue jadi korban celaan lagi sejak 2 tahun yll *garuk2 aspal*

    ReplyDelete
  13. oh pastiii lita, apalagi yg masih single, kita pura2nya nge-dub eyang, "yang enteng jodo yaa"

    ReplyDelete
  14. bulan yang kosong keriaan cuma agustus dan oktober. tapi tahun ini oktober ada keriaan karena lebaran :D

    ReplyDelete
  15. tinggal lama dinegri orang, tetep aja kangen lebaran, biar gak ikut ngerayain tapi ikut an seneng hehe, met lebaran ya ta :)

    ReplyDelete
  16. turut bersimpati karena kamu nggak bisa pulang lagi...
    tapi gw salut dengan hbungan antar anggota keluarga kamu.
    hebat banget. sementara yang satu agama aja sungkemannya bohongan karena dibelakangnya udah saling tikam dengan gosip.

    ReplyDelete
  17. *sodorin 1 piring ketupat lengkap ke sinta*

    ReplyDelete
  18. ..kembali menjadi teman senasib si tiyas..

    ReplyDelete
  19. hehe sama2 del, selamat turut bersenang2 :)

    ReplyDelete
  20. ceritanya... ngingetin gue kalo ngumpul2 chinese new year ama natalan...
    selamat lebaran, Ta!!

    ReplyDelete
  21. Selamat Lebaran! Mohon Maaf Lahir dan Bathin :)

    ReplyDelete
  22. nat: seneng ya acara kumpul2 begitu :) selamat lebaran juga!

    ipan: waaah selamat lebaran mang ipaaan.. :D kamu mah bulan puasa atau enggak, ada sahur atau enggak, senantyasa bisa jadi temen chatting di jam2 'aneh'

    sint: sama-samaaa

    ReplyDelete
  23. mengharukan.. maaf lahir batin juga .

    ReplyDelete
  24. kalo jauh selalu bikin rindu, jadi inget dulu waktu merantau hehehe...

    selamat lebaran, mohon maaf lahir dan batin yah! salam hangat buat semua keluarga di rumah :)

    ReplyDelete
  25. tita *hug* bagus ceritanya ...

    gua baru aja ngabisin seharian asli buat molor dan nongton tipi, sirik deh ama yang lagi rame rame he he he ...

    ReplyDelete
  26. tkmaia: trimakasih :) selamat berhari-raya, mohon maaf lahir batin

    iskyd: selamat lebaran! sama-sama, mohon maafnya juga

    ceretch: *hug* nuhuun :D tipi rame teu'?

    ReplyDelete
  27. Indahnya kebersamaan ya Ta. Seneng dengernya, sekaligus kangen kampung. Maaf lahir batin ya Ta, kalau ada salah salah kata.

    ReplyDelete
  28. hello met hari raya yah :D
    wahh cerita nya bener2 enak banget dibaca :D kalo harmonis itu memang indah banget yah :D

    ReplyDelete
  29. enkoos dan escoklat, terima kasih, selamat hari raya juga :)

    ReplyDelete
  30. Seru cerita lebarannya...benar2 rukun agama. Pasti elu miss deh suasana lebaran di keluarga besar.

    ReplyDelete
  31. seru banget cerita lebaran-nya... keluarga besar yang unik & menarik, Ta.
    aaah... ceritanya jadi bikin aku pingin pulang ke bandung....

    ReplyDelete
  32. mau ke rumah gue cin ? ada rame-rame lho
    *sambil kasih detergen & pelembut pakaian ke cindy, terus dorong cindy ke mesin cuci yang isinya penuh baju kotor*

    ReplyDelete
  33. =)) =)) =)) =)) =))

    Titaaaaaa ... spupumoeee neeeeh kelakuaaaaaaaaann ....
    masa gua mo minta makaaan suru nyuci dulu taaaaaaaaaaa ....

    ReplyDelete
  34. gis: iya, kangen kumpul2nya.. dan makan2nya tentu :D

    mer: hayuuuukkk uiihh

    ReplyDelete
  35. oh nyuci mah kurang seru yah? ganti deh, sodorin selang ama shampoo anjing, mandiin 9 ekor anjing chica dulu =))
    (eh ngomong2 anjingnya skg ada berapa sih?)

    ReplyDelete
  36. hihihi..skr tinggal 5, 3 dalmatian dan 2 campuran pudel-kampung.
    yg 4 udah dikasih ke temen2 papa

    ReplyDelete
  37. Minal aidin wal faizin, Mbak Es Duren...

    ReplyDelete
  38. Titaaaaaa .. aku juga kangen lebaranan .. biasanya ke rumah adek nya si Oma yang muslim. Doi pasti masak gule kambing, opor ajam, yang pasti sih ketupat ama lontong nya. Miss lagi deh gue lebaran ini * sighh *

    Chicaaa... * numpang lewat ya Ta * .. Met Lebaran ya Chic.. mohon maaf lahir dan batin .. * sodorin rantang kosong ke chica heheheheh *

    ReplyDelete
  39. Minal aidin wal faizin, Mas JodPrak..

    ReplyDelete
  40. Hiyaaa.. sekali2 pas2in waktu mudik dengan hari raya, Ju.. :D

    ReplyDelete
  41. dear, kusangka kau Kristen dan sodara-sodaramu yang merayakan, jadi aku ga selametin... so sorry banget, aku jadi malu... Ya wis walau ini telat, maafin daku lahir dan batin ya! Selamat merayakan Idul Fitri! May you and you family blessed in happiness, peace and love! Muaaaaaaahhhh

    ReplyDelete
  42. oh, emang bener kok lex :) (sori ceritanya kurang jelas :P)
    trimakasiihh maaf lahir batin jugaa

    ReplyDelete
  43. ooooww... sip sip... hehe.. emang enak kalo di keluarga banyak ngerayain perayaan, kaya di rumah juga gitu...kekekeke....

    ReplyDelete
  44. Selamat Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir Batin juga. Excellent story about the family.

    ReplyDelete
  45. Terima kasih :) Sama-sama, selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  46. ya ampun.. telat... heheee...
    tita, maapin ya tita... tar kalo udah disini kita OD sama ketupat & temen2nya

    ReplyDelete
  47. Tita, apakah kamu juga sungkem sama ortu pada hari lebaran ini?

    ReplyDelete
  48. dulu waktu pada masih kecil2 sih iya, semua sungkem ke para orang tua dan pakdhe-budhe. sekarang yg disungkemi hanya eyang dan papa-mamanya chica aja.

    ReplyDelete
  49. Bapak, maaf saya minta foto sungkeman buat saya pasang di blog saya ya. Saya kangen ama Ibu waktu ngelihat foto Bapak yang lagi sungkem di atas. Makasih

    ReplyDelete