Sunday, January 2, 2005

Batman: Broken City

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Brian Azzarello & Eduardo Risso
Nggak biasa2nya gue beli komik Batman. Tapi begitu liat bahwa yg satu ini buatan Azzarello & Risso (duet yg membuat 100 Bullets), hampir aja gue nggak tahan untuk langsung nyamber buku ini dari raknya di toko. Hampir? Iya, sebab harganya cukup mahal. Memang harganya pantas utk buku hardcover ini (nggak ada edisi paperback atau softcover-nya), ditambah pula inside covers yg terbuat dari kertas khusus.

Tapi pas gue ulang taun, kebetulan mampir ke toko komik lain dan nemu buku ini dengan harga sedikit lebih murah. Pertimbangan harga ini, ditambah keinginan menghadiahkan diri sendiri (hehehe), jadilah buku ini berpindah tangan. Dan ini bukan keputusan yg disesalkan: edisi Batman Azzarello - Risso ini benar-benar bagus!

Seorang gadis ditemukan tewas mengenaskan, sebagian tubuhnya bahkan terlihat telah termakan mentah2. Dalam memecahkan misteri ini, Batman harus pula menghadapi musuh2 klasiknya, di samping mimpi buruknya sendiri.
Alur cerita dan script yg kuat dari Azzarello dan grafis yg real dan mencekam dari Risso sekali lagi menghasilkan kombinasi yg mengagumkan. Gaya mereka memang sangat cocok untuk style dunia gelap di Gotham City.

Batman Broken City
Brian Azzarello & Eduardo Risso
(C) DC Comics 2004
ISBN# 1-4012-0133-4

7 comments:

  1. rumahnya Betmen itu di kota Gotham City apa Kota Broken City sih ?

    ReplyDelete
  2. gotham city dong. broken city cuma judul album yg ini. baca deh, nanti jadi ngerti kenapa gotham dibilang "broken" :)

    ReplyDelete
  3. Kenapa gak boghem city ?

    Boroken plus Gothem ?

    hihihihihiihihihihi

    *ini Endonesah.....pasti masi lama tuh komik mbrojolnya di sinih*

    :P

    ReplyDelete
  4. Aduh ini lagi...
    Kemaren terakhir aku ke Kino PS, aku beli satu TPB yang sampulnya menarik sekali. Ceritanya juga sih. Tapi gambarnya nggak. jadi agak2 nyesel...
    Tapi kemaren belom liat ini, deh. Aduh... Mupeng lagi!
    Azzarello-Risso tu emang seharusnya dari awal ngerjain Batman aja. Emang mereka yang paling cocok. Waktu Jim Lee yang jadi artist Batman, aku gak terlalu suka. Biarpun keren, tapi gambar Lee tu... Apa ya? Terlalu berenergi. Makanya dia cocok banget gambar Superman (which he is doing currently), karena Superman butuh gambar2 yang powerful dan nyilauin mata. Tapi Batman nggak. Kasih dia bayangan yang gelap, itu uda cukup. Sekarang Azzarello lagi nulis Bats. Kira2 Risso nyusul gak, ya?
    Duh, kepanjangan...

    ReplyDelete
  5. Bagusnya, biarpun nyetor Broken City, Azzarello-Risso nggak keilangan deadline 100 Bullets lho :) (gue yg seneng). Gue barusan beli Batman Black & White (various artists) vol 2 (vol 1 nya abis, lg gue pesen). Covernya Batman yg digambar Mike Mignola. Ini jg tumben2an.. biasanya gue nggak terlalu into superheroes. Tapi, gaya gambar black&white itu lho.. nggak tahaaaan...
    Udadeh, jgn2 Azzarello gue tambahin jd penulis komik fave setelah Gaiman ;)

    ReplyDelete
  6. Kayaknya begitu... Johnny Double uda dapet? Kemaren gw liat di Kino PS, tapi karena pernah baca, ga jadi beli.
    Batman B&W pernah denger. tapi belom baca. Ternyata various artists, ya? Setauku artisntnya Tim Sale. Model2 Risso, tapi lebih spooky gitu gayanya...

    ReplyDelete
  7. johnny double, lg pesen :)
    Batman B&W various artists. Gambarnya macem2, dari yg serius, jeprut, sampe yg kayak kartun Warner Bros (emang illustratornya animator WB). Ceritanya jg ada yg kocak ada yg ancur ada yg serem banget. Semuanya B&W.. kereeen

    ReplyDelete