Friday, September 28, 2007

[Burger King, Jakarta] Petugas Judes

Another post of mine at Jalansutra mailing list, msg#75211 (again, no response). There was a discussion concerning a (new) Burger King outlet at Senayan City, Jakarta. So I spilled my last experience at that place, which happens to be unpleasant. After posting, I started to notice that my recent posts at this mailing list mostly contained unpleasant experience, or complaints :P

===========================================
Saya dan keluarga menyempatkan mampir ke BK di Senayan City ini pada tanggal 9 September 2007. Kami sengaja datang pagi (pk. 10.00, ketika baru buka) supaya tidak terjebak antrian panjang. Untuk anak2, saya pesankan Kids' Meal, tapi sayang mainannya (bonus menu anak2) sudah habis. Ini kedua kalinya saya ke BK Senayan City, dan selalu mainannya habis. Okelah, nggak apa2 tanpa mainan.

Ketika harus memilih minuman, ternyata tidak ada pilihan lain utk Kids' Meal selain minuman bersoda (iced tea sedang habis). Padahal anak2 saya nggak doyan soda. Ketika saya tanya, apakah boleh diganti jus, mbak di kasir bertanya pada seorang manager pria yang sedang
bertugas. Tidak boleh, katanya. Saya bilang (coba2), "Masa nggak bisa jadi kompensasi habisnya mainan?". Manager membalas dengan ketus, sambil menunjuk ke tulisan MAAF MAINAN HABIS, "Kan kami sudah bilang nggak ada mainan, Bu, nggak bisa dong.. (bla bla bla)". Saya putus saja, "Ya udah, cuma tanya aja, nggak boleh juga nggak apa2". Kaget deh, saya tanya senyum2 malah dia balas dengan judes.

Sayang waktu kami sempit untuk sarapan itu, jadi saya nggak bisa menuntaskan masalah ini. Paling enggak mereka harus tau gimana cara petugas2 BK di luar Indonesia melayani pelanggan (setidaknya di tempat2 yg pernah saya hampiri - di London dan di kota2 di Belanda). Sayang sekali kalau layanannya buruk, padahal burgernya termasuk favorit saya.

Photo source: detik.com

40 comments:

  1. yah itu lah perbedaan di sini..
    gue sampe pernah harus marah2 di Pizza Hut dan KFC untuk mendapatkan hak kita sebagai customer.. :(

    ReplyDelete
  2. Hai Tita. Kalo gitu yg mereka beli (franchise BK) hanya 'brand' and 'product'-nya doang. Tdk termasuk 'paket customer service'-nya. Haha. Mestinya, kalo 'franchisee' gini, harus ikut seluruh standard pelayanan yg ditetapkan 'franchisor'. Atau... ini yg disebut modifikasi lokal??? Paket Burger King, tanpa 'mainan', juga tanpa senyum. Salam.

    ReplyDelete
  3. Halo Pak Tonny. Hahaha "modifikasi lokal"-nya parah kalo gitu. Waktu itu saya sampe cari2 suggestion box atau semacamnya (spt yg ada di McD), tp ternyata nggak ada. Mau manggil manager on duty juga udah nggak ada waktu, jadi cuma bisa ngomel di milis dan blog :P

    ReplyDelete
  4. diapain aja? cerita2 dong.. biar ada pembanding, service gerai mana yg paling brengsek :D

    ReplyDelete
  5. dezig: jaman tahun 90-an servis Pizza Hut masih ok banget tu. Saya ingat, kalau ada kesalahan atau pizzanya kelamaan keluar atau ada yang kurang bener, selalu langsung diberikan pengganti dan kompensasi. Jaman segitu pun, salad bar-nya oke banget, dibandingkan Pizza Hut di Jerman ketika itu, uuu, ancur. Mungkin sekarang statusnya udah turun dari 'family restaurant' jadi fast food biasa, ya?

    ReplyDelete
  6. hehehe.. dah lama bgt sih..
    Pizza Hut Rawamangun, itu mau pesan bawa pulang dilewatin terus sama pesanan orang.. akhirnya panggil manajer, kasih ceramah soal teori antrian.. :) sampe akhirnya gue batalkan ordernya..
    KFC Cijantung, problem dengan lalat! gue paling benci makan ada lalat.. herannya pengunjung lain santai2 aja.. panggil mas2nya 2x ga digubris.. akhirnya minta manajernya turun.. ceramah lagi sampe akhirnya order gue diganti smua
    capek, mesti pake urat dulu

    ReplyDelete
  7. uummm waktu itu sekitar taun 97-98an...

    ReplyDelete
  8. tita, nih dari http://www.burgerking.com/companyinfo/contactus.aspx

    hajar ta, hajar...

    Give us the low down on your latest restaurant visit. Tell us about your experience. What could we do better? Help us help you HAVE IT YOUR WAY®.

    Use our Restaurant Locator to contact your local BURGER KING® restaurant or contact our Corporate office:

    Burger King Corporation
    5505 Blue Lagoon Drive
    Miami, Florida 33126

    Corporate Headquarters - 305-378-3000
    Marketing/Advertising Information Requests - 305-378-7200
    Consumer Relations - 305-378-3535
    HAVE IT YOUR WAY® Cards Consumer Help Desk - 1-800-522-1278


    E-mail communication is not accepted.

    ReplyDelete
  9. Tita kalau mau ngirim surat ke Florida, sini ta' kirimin.... biar BK Indonesia ditegur :p Tapi dibaca ngga ya?

    ReplyDelete
  10. setuju sama jo, hajar ta hajar :P, skarang bukan jamannya lagi pelayan arogan.

    ReplyDelete
  11. gue sepaham ama tony diatas tuh, Ta, kalo franchisenya bareng sama 'kualitas layanannya' kayaknya ngak kebeli kaleeee.. ! urut dada..

    ReplyDelete
  12. aihhh.... jaman skrng pelayanan di indo masih kaya gini yah kebanyakan... padahal khan pembeli adalah raja...
    komplein aja mba tita... ato engga, kirim artikel ini ke koran dan media lainnya :P

    ReplyDelete
  13. hajar bleeehhhh.... masukin surat pembaca kompas ta....

    ReplyDelete
  14. Iya nih kok email communication is not accepted sih?
    Mereka arogan karena lihat orang-orang pada rela antri buat beli burgernya kali? Ahhh, bentar lagi juga pada bosen.

    ReplyDelete
  15. takut kena spam dari lawan2 bisnis atau fans pesaing mungkin.. hihihi..

    ReplyDelete
  16. ahhh my good ol' resourceful jo! thanks, gue jabanin ah.. ngetes komitmen mereka terhadap pelanggan! :)

    ReplyDelete
  17. nah ini nggak ada jaminannya ya :D tapi setidaknya dicoba.
    ntar aku kirim lewat email ya mer (editin sekalian.. hihi nuhun), terus pos-in dari situ :) da bageurrr >:D<

    ReplyDelete
  18. huh, emang. berhubung gue jarang banget ke fastfood beginian, begitu sekali2nya dapet layanan nyebelin ya pasti kesannya jadi membekas sekali..

    ReplyDelete
  19. iya mau komplen ke headquarter-nya aja langsung :D
    kalo ke koran atau media kita musti ngasih kopian ktp ya? (aku takutnya dataku di-misuse euy kalo gitu)

    ReplyDelete
  20. Harusnya di baca teh (tapi kan ada regional office tuh untuk Asia)...wong kita pernah complain ke pusat ttg BK disini (kita nggak suka kalau bunsnya di microwave (suka soggy) ...jadi dari awal udah bilang jangan di microwave itu bun dan beberapa details lainnya ( no pickle (i hate pickle), very light mayo & ketchup)...begitu dapet itu bun ketauan banget dimicrowave (soggy abis)..Mayo & ketchup berlomba lubernya dan friesnya gak fresh...complain ke store management di jutekin..weeh..complain ke pusat. sebulan kemudian kita dapet surat permohonan maaf dan voucher free meals...harga voucher/makananannya sih gak seberapa tapi servicenya itu yang bikin kita jadi pelanggan ulang..

    ReplyDelete
  21. iya ta, lapor deh, bukan masalah mainan dan juice aja, tp juteknya itu lho, huh!

    ReplyDelete
  22. iya lita, males amat dijutekin petugas counter fastfood X(
    udah selesai gue tulis draft suratnya, sekarang mungkin sedang di-proof read ama mer, yg juga mau nolong ngirim.. :D

    ReplyDelete
  23. Tita, emangnya burger king lebih enak daripada yg lain? Soalnya pernah nyoba juga di Amsterdam dan gak ada kesan khusus... :)

    ReplyDelete
  24. Saya pengalaman seperti ini juga di macdonald new york city! Bahkan dikebanyakan fast food chain saya selalu sudah siap deh dijudeskan. Biasanya yg pada judes itu di tempat yg super ramai dan rada kumuh..hehe..
    Utk tidak mau dijudeskan saya biasa ngga usah ramah2 ketika mau beli. Kalo ternyata tetep judes saya bentak saja .. ya memang pelayanan tidak akan berubah, tapi setidaknya saya bisa lampiaskan rasa dengki saya ...tapi kadang ngga berani juga klo orangnya super item dan super gede..huahaha..

    ReplyDelete
  25. "yg lain" ini bandingan gue cuma McD sih. gerai burger selain itu, yg pernah gue icip, adalah yg lebih gak beken lagi, spt Q atau imbiss (di jerman). dan antara BK dan McD, gue lebih milih BK (variannya lebih sesuai selera gue, dan dagingnya lebih 'jelas').

    ReplyDelete
  26. Haha ini yang saya nggak bisa, apalagi di depan anak2. Liat2 tempat juga kali ya, makanya yg di SenCi ini mestinya kira2 dong ngadepin pelanggan.. huh :P

    ReplyDelete
  27. Temen ku asmen nya BK di sini .. mo tak bantuin bilangin atau tanyain kalau mo komplen kemana ?

    ReplyDelete
  28. jutek is his middle name... ngga "dapet" kali semalem .. :D

    ReplyDelete
  29. ceritain aja ju, tp komplen udah aku kirim ke headquarter yg alamatnya dikasih jo itu. thanks :)

    ReplyDelete
  30. huahuahuahahahahaha.. gajah belom ditelpon =))

    ReplyDelete
  31. Ta, suratnya kapan nyampe nya yah? jadi penasaran deh bagaimana tanggapan dari HQnya. Servis disini yang paling bagus Mac D lalu BK. paling jelek Hardees, salah satunya karena minumannya tidak boleh diganti. ngomong-ngomong soal mainan, paling OK kelihatannya Mac D yah

    ReplyDelete
  32. hehe sama dong. let's see if they respond at all.

    McD udah janjian sama disney aja, makanya mainan2nya mungkin lebih familiar ke anak2 yg sering ter-expose ke disney merchandise. Kalo BK kerjasamanya kan sama Nickelodeon (Spongebob!), DreamWorks (Shrek!), dll.. jadi enak kalo mau cari yang lain2 itu :D

    ReplyDelete
  33. Wah...ada Hardees juga ya di Indo aku belum pernah lihat (dasar ndesit)...

    ReplyDelete
  34. gaplok aja ta...!! bletak...!! Klo anak gw yg penting ada prosotan-nya...demen-nya di Mc D, tp gw-nya gak demen... Mending ke Ayam Ganthari ajah.. ;P

    ReplyDelete
  35. errr.. tp pernah ngebayangin kalo ada di posisi mereka yg jadi pelayannya gag? heuhuehe.. aku kan punya temen yg kerja di BK Schiphol.. dan emang cuaapeekk buaangeett.. untungnya gajinya mencukupi.. tp gimana yg di indo? udah cuapek banget, tp gajinya kecil.. gimana gag jutek tuh? :D

    heheh just my 2 cents.. :)

    ReplyDelete
  36. Umm. I don't deny that fact (eh.. kecil mana ama gaji pegawai negri ya :P), tapi bukankah mereka seharusnya ngerti konsekuensinya kalau kerja di bidang service begini? Lagian, saat itu masih pagi, baru buka.. jadi mestinya masih sueger dong, belom cuapek :D

    Besides, aku juga menghargai mereka (my motto: never, ever be rude to waiters), makanya aku nanya dengan sopan dan senyum. Siapa suruh balesnya pake jutek - ya kesel lah aku sebagai pelanggan :P

    ReplyDelete
  37. ayam ganthari?

    anak2 gue gak pernah main di play facility-nya McD atau KFC atau apapun, maunya yg beneran! huehuehue

    ReplyDelete