Saturday, April 30, 2005

Gimana hasil berburu hari ini? [Koninginnedag 2005]




Tau2 udah Koninginnedag lagi, padahal yg taun lalu rasanya baruuu aja lewat. Hari begini, biasanya sejak jam 6 pagian orang2 udah pada gelaran, jualan barang2 bekas mereka. Dulu (kalo nggak salah Koninginnedag th 1999), udah pernah aku nemenin sepupuku (yg kebetulan lagi di sini) hunting barang bekas ke daerah perumahan orang2 kaya di Amsterdam (Beethovenstraat). Orang2 kaya kan buangannya most likely bagus2 ya.. hehe..
Lalu ada juga orang jualan makanan, dari snack (chips, pop corn) dan minuman kaleng, sampe jus segar dan daging bakar (kebab dan teman2nya). Koninginnedag th 2000 yg lalu sempet tergoda pengen beli iga bakar. Ini pas lagi awal2 hamil Dhanu, laper terus bawaannya. Tapi lapernya langsung ilang begitu denger harganya: 10 Gulden per ribs! Makk..
Anak2 kecil pada buka warung di Vondelpark (taman yg memang dikhususkan utk tempat anak2 jualan). Ada yang jualan mainan atau makanan, dan ada juga yang ngamen (musik, tebak2an, dll). Dulu sempet ke sini juga, puter2 tapi nggak ngeliat semuanya abis tamannya luaaaaas banget. Seneng aja liat anak2 itu pada berani2 dan nggak malu2 nawarin dagangannya, dan udah pada pinter ngitung uang! Dulu ada temen yg dateng pagian ke Vondelpark, dapet satu seri mainan Land Rover mini, harganya masing2 0,50 Gulden! Beruntung bangeet..
Di hari ini juga biasanya digelar konser2 gratisan. Sejak hari sebelumnya, podium dan semua perangkat konser udah dipasang2 di Museumplein. Di Dam juga dipasang panggung, juga di lapangan2 yg lebih kecil. Atraksi selain musik bisa juga yang lain, seperti bungee jumping atau trampolin raksasa atau permainan utk anak2. Koninginnedag yg taun berapa dulu ya.. yg pernah ada kejutan di Museumplein: konsernya Queen! Pantesan orang pada lari2 ke arah Museumplein, dari segala arah.

Kali ini, kami mau tenang2 aja di Koninginnedag. Nggak ikutan rame2an nonton konser, desek2an ama orang di sepanjang pasar loak, atau capek2 jauh2 jalan di sekujur Vondelpark. Tadi siang kami keluar sebentar ke Van Woustraat (deket rumah), di mana ada gelaran barang bekas juga di sepanjang jalan. Lindri masih pake stroller-nya, jadi tadi agak repot juga manouver stroller-nya di sepanjang trotoar. Padahal udah siang lho, kirain udah sepi, taunya tetep aja rame.
Di jalan banyak yg nge-grill daging juga, jadi baunya enak ke mana-mana! Harga satu kebab (daging bakar + salad + saus, ditangkup roti) rata2 2,50 Euro.Tadi liat2 kiri-kanan, barang2nya nggak ada yg menarik. Begitu hampir sampai di ujung jalan Rijnstraat, Sybrand bareng Dhanu mandeg di salah satu emperan. Aku susul sama Lindri, ternyata mereka nemu sesuatu yg asik: roket Thunderbird 2! Dari plastik, lumayan besar, dan kondisinya masih bagus. Pintu2 kokpitnya bisa dibuka dan para pilotnya masih lengkap duduk di dalam. Di roketnya ada tombol yg kalo dipencet masih bisa keluar suara2 ("Let's get to work!" atau "We'll be there in no time!", dsb) dan ada jangkarnya yg bisa ditarik-ulur. Ada 'bonus' roket kecil Thunderbird 4 pula di dalam badan pesawat (emang bagian dari Thunderbird 3 sih). Dan semua ini dijual 'cuma' 15 Euro! Hehe.. Lumayaaan buat koleksiii

Habis dapet Thunderbird 2 itu, udah deh semua puas. Kami langsung nyebrang terus jalan pulang. Nggak ada lagi yang menarik. Dan udah menjelang jam 3 sore, banyak yg udah beres2 bahkan ninggalin barang2 yg nggak laku begitu saja di pinggir jalan. Waktu Koninginnedag tahun lalu Lindri sempet dapet topi gratis (pas panas banget), kali ini dia dapet "tongkat wasiat" (seperti punya peri2 gitu lho), mungut di jalan. Oh iya waktu taun lalu itu Dhanu juga sempet beli puzzle bergambar Buzz Lightyear & Woody, cuma 1 Euro, sampe sekarang masih suka dimainin.

Sebelum nyampe rumah, kami mampir ke Peppino, yg letaknya cuma 3 menit jalan dari rumah. Peppino ini sudah terkenal banget, sangat enak dan sayangnya hanya buka tiap summer (kalo winter, mereka sekeluarga mudik ke Italia). Nah hari ini keliatan Peppino udah buka lagi! Hore! Nggak ku-ku deh, harus mampir pokoknya!
Tapi ternyata Peppino udah ganti pemilik. Tadi aku beli berries milkshake, banana ice cream buat Sybrand dan vanilla ice cream buat Dhanu. Semuanya rasanya fals :( Milkshake-nya kebanyakan susu dan terlalu magtig (biasanya rasanya fruity sekali padahal), Sybrand bilang dia nggak bisa bedain rasa pisang dengan vanilla. Dhanu sih seneng2 aja.. hehe.. Lindri juga, ikutan nyeruput milkshake ku dengan tampang bahagia. Yah.. sepertinya ini adalah akhir dari kejayaan Peppino.

Nanti malam bakal ada kembang api dan masih akan ada konser2. Kami nonton dari TV aja deh, mana cuaca dari pagi mendung terus. Anyway, Koninginnedag taun ini cukup sukses buat kami: dapet Thunderbird 2! Hahaha!

4 comments:

  1. Koninginendag = Oude Prinses (Juliana).... :( ... sepi ya, berasa ada yang kurang. di www.telegraaf.nl aja liputannya gak seperti 2 thn sebelumnya. cuman diliput soal Koningin Beatrix 25 thn naik tahta... hiks hiks hiks..

    ---eh, jadi ingat, dulu gue dapat buruan 'Delft Blauw' , kekekkekee

    ReplyDelete
  2. emang 'greget'nya nggak seperti dulu-dulu.. mungkin juga karena belakangan ini saben koninginnedag mendung melulu, yg taun lalu malah pake gerimis :(

    ReplyDelete
  3. Tertarik jualan makanan spt lumpia, bakwan, sate, gimana caranya ?

    ReplyDelete
  4. kalau untuk koninginnedag, ya langsung buat saja untuk dijual di hari-H. jangan lupa 'tek' dulu kapling di jalan yg mau dipakai utk jualan.

    ReplyDelete