Saturday, June 27, 2009

[klipping] Yuk, Curhat Lewat Gambar!

Tabloid Nova, Juni 2009

Yuk, Curhat Lewat Gambar!

Saat mengajar, Tita juga sering mengenakan kaos oblong, kemeja flannel, dan jins belel (Foto : Ester Sondang)

Diary Graphic atau komik curhat memang sudah biasa di luar negeri. Kendati di sini masih tergolong baru, toh, hasil karya dua ibu ini langsung diminati.

Curhat Tita karya Tita Larasati (37), ternyata memberi banyak inspirasi pada pembacanya. Bisa dibilang, Tita adalah salah satu pelopor penulis diary graphic di Indonesia saat ini.

Jika orang lain menuliskan kejadian sehari-hari yang dialaminya, Tita memilih media gambar. Ia melukiskan suasana hati, pikiran, bahkan potret dirinya secara apa adanya. Di bukunya, perempuan yang sejak kecil suka menggambar ini melukiskan dirinya sebagai sosok bertubuh tinggi gempal, rambut pendek yang jarang tersisir, kacamata, kemeja flanel kotak-kotak yang tidak terkancing lengkap dengan kaos oblong di dalamnya, plus jins belel.

Laiknya sebuah buku harian, Ibu dari Prasidya Dhanurendra Zijlstra (8) dan Syastira Lindri Dwimaharsayani Zijlstra (5) ini menggambar ceritanya dengan alur jelas, seperti komik. “Saya lebih suka menyebutnya diary graphic,” katanya sambil menjelaskan, Asterix, Tintin, dan lainnya, “Jelas disebut komik karena si pembuatnya sadar akan cerita yang dia buat. Si pembuat membuat jalan cerita semenarik mungkin dengan tokoh, lokasi, dan naskah yang sangat terencana. Benar-benar keep the reader on the story.”

Sedangkan, kata Tita lagi, “Yang saya buat, benar-benar apa adanya. Apa yang saya lihat dan amati, itu yang saya gambar. Beda lagi dengan graphic novel yang sekarang juga lagi happening. Itu merupakan novel dalam gambar, sehingga ceritanya lebih padat.”

Tak Yakin Laku

Yang jelas, sejak kecil, Tita sudah menyintai dunia gambar. Ayahnya yang arsitek, selalu membawa buku sketsa dan cat air ke mana-mana. Kebiasaan itulah yang menular ke wanita bernama asli Dwinita Larasati ini.

Begitulah. Lulus dari jurusan Desain Produk ITB, ia memilih melanjutkan kuliah S2 di Design Academy Eindhoven, Belanda, tahun 1998. Di sana pun, ia terus menggambar. Banyak teman kuliahnya yang senang membaca dan selalu menunggu gambar-gambar Tita. “Biasanya, kalau ada teman yang ingin memiliki gambar saya, akan saya kopikan. Jadi, aslinya tetap untuk saya. Sekarang sudah masuk buku sketsa ke-11.”

Dari Eindhoven, Tita lompat ke Amsterdam, mengambil S3 di Delft University of Technology. Nah, tidak jauh dari rumahnya di sana, ada sebuah toko komik terkemuka, Lambiek. Saat Lambiek mengadakan acara Amsterdam 24 hour Comic Day, Tita ikut serta. Tak lama berselang, karyanya terpilih di 24 Hour Comic Highligths di Amerika Serikat.

Ketika kembali ke Tanah Air tahun 2007, istri Sybrand Zijlstra ini dilirik penerbit Cinta Anak Bangsa. “Mereka mau membukukan diary graphic saya. Sempat tak percaya diri mulanya. Apa, ya, ada yang suka dan laku?” kisah dosen ITB ini. Ternyata bukunya, Curhat Tita, laris-manis. “Sekarang sedang menyiapkan terbitan kedua,” ujarnya senang.
Ester Sondang




20 comments:

  1. Aku pesen bukunya yang pertama lewat ponakan di Jakarta. Bangga punya teman yang berhasil dan begitu cinta sama pekerjaannya!! Sealamat Tita, ditunggu buku keduanya ...

    ReplyDelete
  2. siapp :) (sebenernya terbitan yang keempat, kalau transition dihitung juga)

    ReplyDelete
  3. hahahaha.... lha wong gak duwe sisir ya gak sisiran ya Taaaaaaaaaaa..... love you

    ReplyDelete
  4. eh eh entas tuku jungkat anyar lhooo.. (tp tetep ora sisiran.. hahaha)
    love you tooo

    ReplyDelete
  5. dari jauh memang lumayan. kalo deket, keliatan budug-nya :P

    ReplyDelete
  6. bu tita MEMANG !!
    *sambil loncat dari atas panggung*

    ReplyDelete
  7. \m/

    eh.. baru nyadar, CAB-nya jadi Cinta Anak Bangsa.. bukan Curhat...

    ReplyDelete
  8. Mbak Tita kok nglaptopnya ndlosoran (selonjoran) d lantai? Bkn diatas kursi hehehe....

    ReplyDelete
  9. Hihihih iya tuh CAB jadi Cinta Anak Bangsa bukan Curhat :)) Mbak Tita MEMAAANG!!!

    ReplyDelete
  10. posisi paling sering malah tengkurep :D ini aja pas lagi bawa2 macbook keluar utk nunjukin file...

    ReplyDelete
  11. heuuu :"> kamyu dong yang memaang, dyot ;))

    ReplyDelete
  12. horeeee... skrg masuk tabloid Nova !! Sukses terus ya Taaaa....

    ReplyDelete
  13. Yg pertama2 kepikiran....

    Emang kenapa kalo pake kaos, kemeja, dan jins? :))

    Selamat yah Ta!!

    ReplyDelete
  14. tapi yang bolak balik masuk media nasional kan bu tita sutita yang MEMANG merona...
    :P

    ooh.... jadi CAB itu = Cinta curhat Anak Bangsa ya?
    *poink2*

    ReplyDelete
  15. ..not to mention my sendal gunung ;))

    thanks, V!

    ReplyDelete
  16. hehe thanks siennn.. kapan kita kenyang bareng lagi? :D

    ReplyDelete