Thursday, February 16, 2006

New Recruits

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Dark Horse
Trade Paper Back dari Dark Horse kali ini memuat 6 karya yg terpilih sebagai ‘pemenang’ program New Recruits. Karya2 ini berasal dari mereka yg sebelumnya bukanlah berprofesi sebagai komikus, namun ingin terjun ke dalam bidang komik, dengan bergabung dalam ‘The Dark Horse Army’. Dari album ini, pembaca dapat mengharap munculnya album2 komik di masa yang akan datang, dengan tokoh2 baru dan kisah2 yg tidak kalah memikat dibandingkan karya2 besar yg ada sekarang. Berikut ini sekilas mengenai keenam komik tsb.

Wild TalentsIan Culbard
Ber-setting akhir abad 19, Wild Talents mengisahkan ttg sekelompok robot pembunuh yg selalu mengambil korban para pelacur, dengan memutilasi tubuh mereka. Tak ada yg mengetahui asal robot2 tsb, hingga muncul dugaan bahwa robot2 ini adalah proyek rahasia polisi. Detektif muda Mundi dan rekannya, Mister Chimes, turun langsung utk menangani masalah ini.
Dari panel2 gambar yg didominasi warna2 gelap, kekuatan bayangan, dan bentuk2 manusia dan elemen2 lain yg terstilasi, ditambah dengan keunikan jenis cerita: misterius dengan sedikit bumbu mistis dan fantasi, dapat terlihat bahwa karya Culbard ini sangat cocok dengan ‘semangat Dark Horse’. Pembaca Wild Talents pasti akan sangat mengharapkan petualangan Mundi & Mister Chimes berikutnya.

The Pied PiperAdam Adamowicz
“Apakah yg akan terjadi apabila benak seseorang dipenuhi tikus? Kengerian tiada tara.” Demikian kata pengantar pada sampul belakang New Recruits. Kali ini, dikisahkan seseorang yg pada awalnya merasa bahwa apartemennya dipenuhi tikus. Lambat laun, ia merasa tikus2 tsb bukanlah hanya berada dalam kamarnya, melainkan juga berada di sekelilingnya, dalam hidupnya sehari2.
Gambar2 pada komik ini bergaya sangat dinamis dan ekspresif, finishing-nya hanya berupa sapuan2 pensil atau pastel berwarna. Aliran adegan2nya cukup dapat membuat kaget, dan saya kira nilai tambahnya adalah pada ‘building emotion & suspense’. Kisah ini tidak berakhir di sini; sebaliknya, sepertinya hanyalah awal dari suatu kisah yg lebih besar.

Discreet DespairRHS
Tak ada lagi yg lebih tepat menggambarkan bagian ini selain: “Tragic poetry in words and pictures”. RHS yg sebelumnya telah banyak bereksperimen dengan berbagai gaya gambar sekaligus menggabungkannya dengan kata2 dalam berbagai bahasa kali ini menampilkan kumpulan karyanya dalam suatu kisah tragis. Dalam satu halaman terlihat panel2 berurutan dengan gambar yg hampir spt gambar kanak2, halaman berikutnya dipenuhi satu panel berisi citra surealis.

Zombie KillerAndrew Krahnke
Satu lagi kisah yg tidak terselesaikan, dan hanya merupakan awal dari sebuah kisah kolosal. Zombie Killer diawali dengan jatuhnya sebuah pesawat ruang angkasa, yg isinya diduga adalah zombie, dan menampilkan seorang remaja dalam lingkungan sekolah dan teman2nya, (diperkirakan) sebagai tokoh utama yg akan menumpas zombie tsb.
Dengan grafis hitam-putih yg kontras, Krahnke dengan mahir menampilkan berbagai detail, yg seolah merupakan versi garis2 yg lebih tajam dan kontras dari garis2 organik pada Akira-nya Katsuhiro Otomo.

The Mighty Skullboy ArmyJacob Chabot
Tokoh pada cerita ini adalah si Skullboy yg cerdas (seorang anak sekolah yg kepalanya berbentuk tengkorak), robot mainannya, dan monyet peliharaannya. Skullboy pernah memberikan pager pada robot dan monyet, demi kelancaran komunikasi kelompok mereka. Namun robot dan monyet terlanjur menggadaikan pager mereka tanpa sepengetahuan Skullboy. Sehingga, utk menghindari amarah Skullboy, mereka mencari jalan agar dapat menebus kembali pager tsb dengan cara berjualan jus lemon.
Gaya gambar kisah ini bagai utk konsumsi anak2 kecil, dengan bentuk2 lucu dan sederhana (namun, ya, ceritanya agak2 ‘miring’ sehingga belum tentu cocok untuk anak2), tampil dalam hitam/putih dan panel2 yg mudah diikuti.

The Way of All FleshIan Culbard
Sekelompok jasad yg telah mati, kembali hidup di sebuah desa terpencil, untuk menuntut balas atas perlakuan yg mereka peroleh semasa hidup.


Sampul depan/belakang dan contoh2 halaman isi album ini dapat dilihat di situs Amazon
New Recruits
Paperback 128 pages (January 15, 2006)
Publisher: Dark Horse Comics,U.S.
ISBN: 1593073836

10 comments:

  1. ehm..kamu kalo pulang, buku2nya dibawa kan ? *ketauan pengen minjem nggak ?*

    ReplyDelete
  2. hahaha chic, masa ditinggal sih, bisa garuk2 trotoar aku nanti :P

    ReplyDelete
  3. wah....kirain dark horse mencari pegawai beneran, HAHAHA.... iya, pinjem dong... hihihi

    ReplyDelete
  4. eh bener kok, Dark Horse masih terus mencari bakat2 baru! coba klik link di kata2 New Recruits di atas, dari situ bisa dibaca persyaratan dll-nya. deadline utk th 2006 ini kl nggak salah juli.

    ReplyDelete
  5. yang boneng nih??

    Iseng2 nyoba yuk Yas! ;)

    ReplyDelete
  6. http://www.darkhorse.com/company/newrecruits.php

    Entries received now through December 31, 2006 will be reviewed in early 2007.

    Ayooo sapa takuuut!

    ReplyDelete
  7. wah.... ini ceritanya seru2.... syerem2 juga...
    hayo esduren kirim naskah....

    ReplyDelete
  8. mangga duluan mer.. esduren lagi berkutat dengan naskah yg satu lagi.. hihihi

    tipikal cerita2 dark horse emang gitu.. serem2 asik..

    ReplyDelete
  9. huaduuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh..... ceritanya niiih... apa yaaaa hihihi

    ReplyDelete
  10. damn, damn, damn, damn...
    harus nyari!

    ReplyDelete