Thursday, February 2, 2006

Choco Creed

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Comics & Graphic Novels
Author:Cafe Creed
Akhir pekan yang lalu, telah berlangsung sebuah ajang komik paling bergengsi di Eropa: International Comics Festival/ Festival International De La Bande Dessinee, yg diadakan di Angouléme, Perancis Selatan. Salah satu oleh2 yg dibawa pulang kembali ke Belanda dan ditempatkan di sebuah meja khusus di galeri oleh kru Lambiek adalah seri Choco Creed, yg langsung merebut hati saya.

Seri Choco Creed terbit berbentuk TPB (soft cover) dengan tebal sekitar 150 halaman. Format bukunya yg bujur sangkar terisi penuh oleh warna-warna cerah dan grafis yg mirip utk buku bacaan anak2. Tapi kisah2 yg diangkat dalam seri ini tidak semua cocok utk konsumsi bocah2 cilik, sebab temanya kadang2 `dark & twisted'.

Hingga kini terdapat 5 seri Choco Creed, tapi mereka tidak berhenti hingga buku: khusus utk acara di Angouléme ini mereka juga memproduksi coklat (bekerja sama dengan sebuah chocolaterie terkenal di Angouleme) yg kemasannya bergambar persis grafis pada kelima sampul buku tsb. Selain itu, ada juga poster2, sticker set, dan paper-model set (pola utk membuat model 3 dimensi karakter2 pada seri tsb dengan kertas). Saking gemesnya, saya `terpaksa' beli Choco Creed yg terbaru (nomer 5) + sekotak coklat dengan sampul yg sama (coklatnya jenis yg berisi serpihan crispy).

Tadi pagi dalam perjalanan menuju kampus, di kereta sempat saya baca2 buku itu. Choco Creed merupakan kumpulan karya berbagai komikus Perancis dengan gaya masing2, namun mempunyai kemiripan atmosfir: cute and a bit twisted at the same time. Nggak masalah bahwa saya nggak bisa berbahasa Perancis, sebab sebagian besar kisah pada buku tsb mengutamakan bahasa visual. Jarang ada teks, apalagi yg berkepanjangan. Di beberapa lembar terakhir, terdapat permainan2 yg biasanya kita temukan di buku anak2 sejenis 'belajar-sambil-bermain' (mencari perbedaan gambar A dan B, mencari jalan keluar di labirin, dsb).. tapi image-nya benar2 di luar dugaan!
Info lebih lengkap ttg Choco Creed, ada di situs mereka: http://www.cafe-creed.com/

ps. Sebenarnya saya memang penggemar komik imut-imut-geleuh seperti jenis Choco Creed ini. Dari Belanda sendiri, saya punya beberapa nama komikus favorit seperti Femke Hiemstra yg karya2nya telah diproduksi jadi bros, emblem bordiran, "Bling Bling", dsb. Juga Floor de Goede (yg juga tergabung dalam Cutie Comics for Girls. Terus terang, saya amati justru yg seperti ini bisa bertahan (financially) berkat penjualan merchandise-nya (ya Tul yaa). Orang yg belum tau komiknya, begitu melihat pernak-perniknya yg unik, biasanya akan langsung tertarik utk mencari tau lebih jauh (and even better: utk mengoleksi!)

pps. I should be doing my papers now instead of reading comics! AARRggghhh


image: sampul Choco Creed nomer 5

image tambahan: sampul Choco Creed nomer 3, yg juga dipakai sebagai desain bungkus coklat rasa 'coklat putih'
Image hosting by Photobucket

Kemasan coklat dengan sampul Choco Creed nomer 5, tampak muka:
Image hosting by Photobucket

...dan tampak belakang:
Image hosting by Photobucket

12 comments:

  1. Tita ...
    lucuu sekaliiiiii ... kalu di manga, mungkin ini pas bikin ilustrasi sailor moon mini, hehe :)
    tuh kucing hitam di cover mirip ama tampak atasnya luna (kucingnya sailor moon, hehe)
    Kapan ya masuk Indo, lama2 bosen juga dengan manga nya jepang, korea en taiwan

    ReplyDelete
  2. wah! kelihatannya serius mendesain sampai bikin gimmicknya.
    menurut prediksiku....bakal digilai kawula muda nich. Apalagi gadis-gadis remaja.
    Pake bahasa apa mbak?

    ReplyDelete
  3. lha ini nggatau, habis jarang kan komik2 eropa masuk indonesia kecuali yg sudah beken banget atau diperkirakan bakal banyak yg beli.
    bener, gaya ilustrasi yg di cover itu mirip akira. di dalam buku, gayanya lebih macem2 lagi (sampe pengen beli semua, dari nomer 1 s/d 5 - sayang per buku harganya hampir 15 euro *megap-megap*). perancis memang kaya sekali gaya ngomiknya, sayang bahasanya aku nggak ngerti..

    ReplyDelete
  4. prancis, ber :P

    coba liat2 ke webnya deh, dari situ bisa di-klik beberapa isi tiap bukunya. sampe merinding disko ngeliat ilustrasi2nya.

    ReplyDelete
  5. Tita,
    pas liat tambahan cover yang kamu upload ...
    busyeettt .. jepang banget yaa ... huaaa jadi pengen liat gambar dalamnya (bukan baca, soaleee gak ngerti bhs prancis)

    ReplyDelete
  6. bisa lihat2 dalemnya dari situs mereka: Cafe Creed. setelah klik ENTER, bisa pilih salah satu albumnya (nomer 1 s/d 3). dari situ, bisa pilih2 lagi mau lihat komik yg mana.
    untungnya teksnya nggak terlalu banyak, kalo enggak keder juga aku :P

    ReplyDelete
  7. baguuuuuuuusssssss... cewek banget!! tapi keren

    ReplyDelete
  8. Belajar parler francais donc ma petite Tita! :)

    ReplyDelete
  9. emang pengen ngerti pet, motivasinya udah ada nih (komik2 prancis.. hehe)
    selama ini gue nerjemahin pake dashboard :P - baik utk baca komik maupun utk ngertiin komentar2 yg masuk ke postingku di 40075km-comics

    ReplyDelete
  10. justru karena cewek banget itu dia keren.. hihihi

    ReplyDelete
  11. aah lucunya..
    kalo bukan pameran, mereka jualnya cuma buku doang apa gimana ?
    dulu pernah ada CD dijual sama buku foto gitulah..kayanya nggak gitu laku, padahal bukunya lumayan bagus dan lagu-lagunya juga enak..

    ReplyDelete
  12. kayaknya deh chic. tapi yg diboyong ke belanda utk dijualin ini juga nggak cuman buku, jadi kayaknya byproducts-nya permanen deh. mungkin selera orang kebanyakan bisa nerima format begini, makanya bisa laku.

    CD + buku foto di mana? sptnya menarik :D (sebentar lagi aku bakal beli set komik + CD lagu nih, dalam rangka Strips in Stereo - di mana para komikus memvisualkan lagu2 yg mereka pilih)

    ReplyDelete