Wednesday, September 24, 2008

"Anak Sekarang"

Iya, iya saya tahu, generasi mana pun pasti menganggap generasi yang lebih muda itu lebih lembek dan lebih manja ketimbang mereka. Hal ini terlihat sekali di lingkungan kerja saya yang adalah sebuah perguruan tinggi, yang setiap tahunnya dimasuki seangkatan generasi termuda di lingkungan tersebut. Ada beberapa kejadian yang membuat saya merasa kepingin nulis soal ini.

SPP
Semester baru baru dimulai. Pagi itu saya sudah ada di kantor bersama beberapa rekan dosen, para pegawai administrasi belom dateng. Ada telpon, saya angkat. Ternyata orang tua salah seorang mahasiswa.
Ortu: Bu, maaf mau tanya, SPP semester ini berapa ya?
Saya: Putra Ibu angkatan berapa?
Ortu: (menyebut angkatan)
Saya (sambil cari2 info di dinding): Sebentar, semestinya ada informasinya di sini.
Waktu saya sedang cari2 itu, datanglah seorang pegawai admin. Dia ngasih tau bahwa infonya ditempel di sisi luar kantor, nggak terlihat dari tempat saya nelpon.
Saya: Ada detailnya, Bu, ditempel di sini. Putra ibu bisa langsung datang dan melihat sendiri, sekaligus melakukan prosedur pembayaran.
Ortu: Oh, saya yang akan melakukan itu
Saya: Putra ibu memang sedang di mana?
Ortu: Dia di Bandung sih, tapi sedang main dengan teman2nya
Saya (mulai heran): Ya, dia kan bisa mampir kampus untuk mengurus SPPnya?
Ortu: Tapi dia nitip saya. Ya sudah Bu, terima kasih. 
Saya (udah narok telpon, ngomong ke temen2 seruangan): Anaknya di Bandung tapi lagi main sama temen-temennya??!

Material
Ortu: Bu, lain kali kalo mau menugaskan anak2 bawa material, jangan mendadak dong!
Saya: Gimana mendadaknya, Bu? Kalau ada tugas studio, biasanya kami sediakan bahannya. Kalau kurang, siswa biasanya bisa mencari sendiri ke toko material.
Ortu: Enggak, soalnya anak saya pernah nih, suatu malem ribut. Katanya, mah, tolong cariin material ini dong, besok saya harus bawa nih! Wah saya sampe repot muter2 nyari2 di toko2, udah malem, pula!
Saya (mikir, ni anak tega bener ama ibunya): Biasanya nggak semendadak itu kok Bu. Kalaupun harus cari sendiri, pasti ada jeda beberapa hari.
Masuk kuliah itu umur berapa sih, 18an kan ya. Apa nyari material aja masih harus minta ke orang tuanya, seperti kalo bikin prakarya waktu SD dulu?!

Dijawab nggak ya...
Nanya itu boleh. Nanya kritis itu bagus. Nanya asal bunyi itu yang nggak nahanin. Apalagi nanya yg sifatnya cuma 'minta disuapin', nggak ada usaha nyari jawaban sendiri. Kali ini kasusnya bukan cuma ke saya, tapi juga ke rekan2 dosen lain. Dosen senior, angkatan 70an awal, pernah ditelpon hanya untuk ditanya, "Pak, beli acrylic di mana ya?"
Dosen yang mengajar mata kuliah A, pernah ditelpon sama mahasiswa yang udah lamaaa banget gak masuk, "Pak, kuliah A itu kapan sih?" 
Dosen lain dapet pertanyaan ini, "Pak, ada kuliah nggak besok?" (padahal di jadual dia jelas2 ada - dia cuma pengen tau, si dosen ini akan masuk ngajar atau enggak)
Duh euy.

Kasus2 begini ini yang mau nggak mau bikin saya berandai2 bareng temen2 lain, memulai kalimat dengan "Jaman kita dulu...". Nggak salah kan ya?


144 comments:

  1. hihihihi.. gak salah banget mbak....

    ReplyDelete
  2. persis sama yang gw alamin, Ta! ternyata kejadian juga di kampus elo ya Ta, gw kira tu di kampus gw aja yang kayak gitu, mentang-mentang ada duit, jadi manja dan ga mandiri. Tiap waktunya bayar kuliahan, banyak banget ortu yang dateng ngantri bayar. Anak-anaknya ke mana coba?? Kayaknya jaman dulu ga geto, bonyok gw taunya cuma ngasi duit, elo mo sekolah ya sono urus sendiri... :D

    ReplyDelete
  3. Huahahahahahahahahaaa... tapi sejujurnya.. masalah seperti ini dialami oleh banyak teman gw di banyak perkantoran yang menerima magang Ta..

    Contoh lain adalah saat ada acara pagelaran musik besar di Jakarta, event nya bekerjasama dengan banyak pihak termasuk pihak sponsor (yang ngasih duit), suatu ketika mereka harus mengirim email pemberitahuan ke para sponsor2 ini.. si bos (temen gw) cuma minta di CC, tahu gak isi emailnya kayak apa?

    Diawali dengan Hi Guys! whazzup... Jadi gini.. bla bla bla.. thanks a lot fellas!

    Trus.. saat meeting sama klien dan sponsor.. mereka datang dengan dandanan stage crew.. sepatu converse sobek2 dan ngomongnya gak pake filter...

    Hahahahahaha.. saat itu temen gw nyap nyap abiiiss.. dia sampai nanya gw.. apakah anak skrg itu emang typikal kayak gitu? Gw cuma jawab... mmm.. kayaknya mayoritas gitu deh

    ReplyDelete
  4. Temen gua berpendapat ini karena biaya kuliah semakin mahal, jadi yang bisa kuliah ya orang yang kondisi keuangannya lebih mampu, dan bukan ga mungkin memang tipe anak orang kaya/orang gedongan, yang engga mau susah dan engga ngalamin suka-duka nginep di kampus atau sekadar "ngegembel" bersama. Gua setuju dengan pendapat temen gua itu, walaupun ada beberapa yang dengan fasilitas berlebih bisa menunjukkan keahliannya.

    Tapi gw tetep miris dengan kondisi beberapa mahasiswa di kelas gua yang udah pada pake Macbook semua, tapi masih engga tau cara pake IMOVIE, yang sederhana banget... *menghela nafas*

    Kemungkinan terburuk, anak itu adalah anak yang dibesarkan oleh babysitter, engga punya pengalaman dididik secara benar oleh ortu, hanya tau memerintah dan meminta. UGGGH... jadi panjang nih, gw inget waktu ngawasin lomba gambar di sabuga, orang tua anak banyak yang ikut ngegambar, dan beberapa anak pola gambarnya bener-bener pola gambar dari tempat les, gradasi dengan warna itu-itu lagi, lalu kombinasi warna ditimpa hitam kemudian ditusir dengan sikat gigi. *Huuuuuh*

    ReplyDelete
  5. Anak makin dimanja sama ortunya kali ya? Salah pendidikan nih ortu...

    ReplyDelete
  6. Hahaha, ternyata ... ternyata ... bukan cuman gua yang merasa begitu ....
    ternyata, ada teman senasib ...gua sendiri suka merasa apa gua kasih kerjaan terlalu banyak untuk 4 hari (jadi mereka ngapain aja pas wiken???) Walah jadi terinspirasi menulis mirip diatas, haha.

    btw, waktu dulu gua mau daftar masuk kampus, bokap gua 'maksa' untuk nganter gua, wakaka, jadi deh gua kayak anak TK, duduk nungguin bokap gua, sementara dia berjuang ngantri daftarin gua. tapi terus terang gua sangat terharu melihat bokap gua saat itu - sibuk2 tapi masih maksa dan keukeuh .. *loh jadi curhat ..

    ReplyDelete
  7. coba cek kampus2 lain, kayaknya angkatan yang ini symptom-nya mirip-mirip deh.. hihihi..

    ReplyDelete
  8. Sorry ya... mungkin gak.. kalo itu semua atas keinginan ortu? Gue seriiing banget liat ortu yang over manjain anak-anaknya. Kayaknya gak tega kalo liat anaknya bekeringat antri, atau kebingunan saat mau belanja material... DURHAKO

    ReplyDelete
  9. Gua waktu kuliah, saking workaholicnya, malah sampe bikin semboyan "Libur kok Liburan?" soalnya ga lebaran ga natalan, tetep nginep di kampus! Eh tapi bikin tugas loh, bukan nongkrong di UKM.

    ReplyDelete
  10. Gua sering bilang begini:
    "Saya jg pernah kuliah arsitektur. 2 kali lagi!"
    Lucu tiiap kali mereka bilang, banyak tugas lah, ini lah itu lah - apa mereka lupa bicara dengan siapa?
    Bicara pada orang yang terpaksa lulus dengan sks lebih banyak dari sekarang, dengan yang perkuliahannya dulu sksnya sedikit (sekarang mata kuliah biasa 3 sms, jadoel kan 2 sks) jadi otomatiis jumlah mata kuliah yang kudu diambil lebih banyak dari jaman sekarang. Huhhh ... *malah gua tambah merasa kesal, kalau mereka berdalih macam2, dan biasanya gua kasih tugas lebih banyak lagi, wakaka.

    ReplyDelete
  11. mmm.. tontonannya sama? dan tokoh2 panutannya juga mirip? :D

    itu seperti yang nggak bisa menempatkan diri ya.

    ReplyDelete
  12. pukulin aja ta! siapa orangnya anjis! he he he he maap, gua teh orangnya suka berlebihan...

    ReplyDelete
  13. heuheu....Jaman kita dulu....ortu saya gak pernah tuh ngurusin bahan praktikum dll....... anak jaman sekarang.... dulu sih saya beneran daftar sendiri pergi sendiri, sekolah sendiri....

    ReplyDelete
  14. hihihi...takjub...jangan2 yang cerita SPP dan Material, anaknya sama? :D
    yg nanya kuliah...kurang ajar kalo kata saya mah...

    ReplyDelete
  15. Kalau baca cerita yang tentang material, sepertinya terjadi pada anak yang domisili nya di Bandung juga?
    Kalau misalnya anak luar Bandung (anak kost) gimana ? Apa mereka manja2 juga ?
    Sorry, gua bawel pisan disini, penasaran ... hahahaha ...

    ReplyDelete
  16. wah kalau gitu mah ini bukan masalah 'anak sekarang', soalnya kayaknya kasus ini ada di tiap generasi Ta. judul threadnya lebih cocok 'anak manja' atau 'anak goblok'. :D

    kalau gue boleh memilih, kadang gue pengen jadi anak sekarang. lebih gampang mau ngapa2in soalnya, apalagi komunikasi seperti internet hasilnya gokil banget. :D dan lawan jenis seperti yang lebih cantik2. *jangan2 gue mulai mengerti perasaan oom oom hidung belang* xD

    ReplyDelete
  17. ini nih yang ngeri, maunya tau beres aja.

    macbook-nya buat chatting di cafe-cafe aja tuuh, biar keliatan keren.. hihihi..

    ReplyDelete
  18. Wah, ternyata begitu ya? Ortu jaman dulu kayaknya nggak pernah deh ngobrol atau 'konsultasi' dg dosen & kalo ada masalah ya hrs diselesaiin sendiri... How times have changed... *sigh*..

    ReplyDelete
  19. parahnya, beda! berarti yang 'anak mama' bukan cuma yang itu-itu aja, tapi banyak :P

    ReplyDelete
  20. iya, kebanyakan temen2 seumuran juga gitu (wah udah bawa2 umur.. hihihi..)

    ReplyDelete
  21. tulis, el! gue masih banyak bahan nih, cuma ntar2 dulu deh.. makin gawat soalnya hahaha

    ReplyDelete
  22. haha nggatau el, gue nggak ngecek demografi mereka.. udah keburu males :P
    (kali2 ortunya lagi di bandung juga? hihihi)

    ReplyDelete
  23. Huahahahha . Gue setuju juga dengan komen di atas soal mungkin aja ortunya yg mau ngejalanin semua ini. Kan makin banyak ortu2 yg anak gak pernah salah dan takut banget anaknya menderita ? :)) :))

    ReplyDelete
  24. iya sih. tapi yang sekarang jumlahnya jauh lebih signifikan, malah jadi mayoritas :P

    ReplyDelete
  25. tagline iklan pajak pas banget ya? "apa kata duniaaa??"

    ReplyDelete
  26. kalo soal internet, kita juga kan sebenernya masih termasuk 'anak sekarang' - in a much more sophisticated term! :D

    ReplyDelete
  27. jangan-jangan seluruh dunia sedang begini juga :P

    ReplyDelete
  28. Generasi sekarang memang kebanyakan begitu, Ta. Dari beberapa anak asuh gue, terutama yang dari kalangan berduit biasanya emang kebanyakan super duper dimanja dan diproteksi. Walaupun ada juga beberapa anak asuh gue yang berduit tapi punya visi masa depan yang hebat banget dan mereka juga tidak merasa takut untuk menjalankannya.

    Menurut gue sih, mereka cuma over pampered aja by their parents.

    Pernah gue nanya ke salah satu anak asuh gue, "uang jajannya berapa sebulan?"
    "Cuma 3 juta aja koq, ci Ria". Hah?!?!?!, komentar gue dalam hati. Padahal orang tuanya sampai nangis2 minta gue nasehatin anaknya supaya mulai memikirkan masa depannya. Gimana mau memikirkan masa depan kalo sekarang semua serba lebih dari cukup didapat dari si anak, bener ngak? Jadi, siapa yang salah coba?

    ReplyDelete
  29. bilanin el, di kampus enak, resikonya masih nilai jelek ama paling diomelin dosen. di luar nanti, resikonya nggak dapet duit dan ditinggal klien!

    ReplyDelete
  30. setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.....!!! mungkin akibat didikan ortunya juga....

    ReplyDelete
  31. perguruan tinggi itu dianggepnya masih kayak sekolah (dasar dan menengah) sepertinya. padahal anak2 ini kan young adults yg mestinya udah dipercaya bisa mandiri ya...

    ReplyDelete
  32. hmm....asik juga nih diskusinya...seruu...

    tapi klo boleh ikut komen, menurut saya sih kita ga bisa sepenuhnya nyalahin "kelembekan" anak jaman sekarang...yah wong mereka dibesarin dengan teknologi yang udah serba canggih dan instan...tv dengan remote control (ga perlu pake jalan buat mindahin channel), kaca mobil yg bisa naik turun sendiri (ga perlu pake puter), hp yang super canggih, internet, dsb dsb...jaman serba tinggal "click" udah langsung jadi deh pokonya....saya mungkin juga bakal menjadi anak yg "lembek" klo dikelilingi dengan hal-hal yang serba gampang ginih...

    ato mereka perlu diospek yg keras kali ya....hihihihi.....becandaaa...:p

    eh tapi, anak sekarang saya perhatiin makin kreatif looh...mungkin arus informasinya udah canggih kali ya....;)

    udah ah...

    thanks for sharing yah....menarik nih...:D

    ReplyDelete
  33. ouch. lebih gede dari gaji dosen PNS golongan 3 yg kerjanya sampe jungkir-balik.. hahaha..

    kata kunci penting juga nih, over-protection. anak2nya jadi nggak pada 'street-wise' deh :P

    ReplyDelete
  34. ini memang fakta yang tidak bisa dielakkan. berarti memang ortunya yang gamang membesarkan anak2 di jaman instan begini. bisa juga nggak ngerti atau nggak tega ngasih batasan2 (kapan si anak boleh punya henpon, playstation, internet sendiri, dst.).
    tantangannya emang di sini nih. terutama buat kita2 yg juga udah terbiasa ama berbagai gadget canggih! trims sudah bergabung di thread ini :D

    ReplyDelete
  35. waw.. kejadian ky gini dimana2 ya mbak.

    waktu aku ngajar sma dulu, anak2nya jg gitu.. manja abeeess. ada anak yg dibeliin sony vaio sama bapaknya, 2mg kemudian minta ganti karena bosen, dan gantinya pake... macbookpro custom, yg warna-warni, punya dia warna pink. cuma buat brosing n ngetik doang.

    kl ditagih tugas nge-les nya macem2, yg banyak tugas di subjek lain lah, yg engga ngerti lah, dll dll.
    aku cm manggut2 aja ga tau mau ngapain. ga ngefek juga kl ditegor lebih keras.

    itu anak sma loh, ternyata anak kuliahan jg gitu ya hehe

    ReplyDelete
  36. Hehe, aku jg sering ketemu yang beginian juga, 'anak suster' kita bilang. Ada yang udah pakai MacbookPro selama setaun, tapi cara update software aja ngga paham, nggak lulus ini dan itu, belum 20 pula umurnya. Memang rajin nongkrong di kampus, tapi cuma aktif di friendster sama nyalain itunes. *sedih ngiler mode on*

    ReplyDelete
  37. ini juga serba salah. kita mau bilangin sambil becanda, tersinggung. apalagi ditegur, pasti lebih tersinggung lagi. pada sensi ternyata :P

    ReplyDelete
  38. mungkin ujian masuk fsrd nanti perlu ada saringan selanjutnya: interview. yg nggak niyat kerja keras direkomendasikan masuk sekolah modelling aja..(???)

    ReplyDelete
  39. atau sekolah model-making aja. sama2 "model", tapi yang satu harus mahir nukang :D

    ReplyDelete
  40. [bersama ini informasi kami amankan agar tidak mengganggu stabilitas esduren]

    ReplyDelete
  41. Wah... gile ye.... ini anak2 ITB ini yang beginian?? Gue ikut cemas menatap masa depan Indonesia..... (hehehehhee). Yang dapat kesempatan kuliah, pada memble. Yang miskin, kurang gizi. Gap makin lebar, tapi yang diharapkan 'membela' nusa dan bangsa pada lembik lembik begini. Cau kacau.....

    Gue setuju dengan pendapat bung ericbandung.... Hipotesis gue juga, ini anak2 yang gede ama pembantu/babysitter. Nggak pernah ada tuntutan untuk bertanggungjawab dan bertanggunggugat. Mana berani pembantu/babysitter bilang, "TIDAK!" :) Mungkin dari situ ada rasa bersalah ortu, hingga semua maunya anak diikuti. Waddawww....

    ReplyDelete
  42. beda jaman beda kelakuan
    beda kelakuan beda aturan
    bedanya jauuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhh (*nyambung gak?*)

    ReplyDelete
  43. --> berusaha tetap optimis <--
    sebab masih ada yang nggak separah itu. beberapa juga lumayan prestasinya. meskipun mereka ini anak2 langka. kita cuma bisa usaha menyemangati ke arah yang bener aja deh.. (gak berani sok2an nulis 'membimbing' hahaha tua banget deh..)

    ReplyDelete
  44. ya ampun... udah kuliah mah atuh malah harusnya cariin materai buat mama! gimana sih! Orang di amerika mah kerja bari kuliah..udah kelas 6 sd aja malu tuh liat mama bawa2in setip ke sekolah.. apalagi kuliah..haha..

    .. ini sih salah mamamnya mau aja disuruh2 anak udah lewat jerawat.. bisi nangis kali ya...bikin mama susah.. ya udah mama kasih aja deh..nii..niii.. dst dst..hiaaa.. gimana kalo mama jompo!?!?..mama pls deh! stop it! :D

    ReplyDelete
  45. anak-anak sekarang manja.. apa lantaran ortu sekarang juga suka memanjakan...
    soale ortuku dulu keras siy ma anak-anaknya..
    gak ada tuh cerita dibeliin barang2 buat prakarya.. ada juga dikasi petunjuk tokonya dimana.. trus genjot cepedah pergi sendiri..

    ReplyDelete
  46. jangan2 ortu mereka itu memang mama/papa-boy jaman dulunya :)

    ReplyDelete
  47. kayaknya udh sama dgn anak-anak disini...bete banget kalo lihat ortunya nyerah duluan ke anak2nya yg sok tehuu.... *kudu ada sekolah buat ortu2 yg kelewat manjain anak2nya*

    ReplyDelete
  48. inget ngak ta dulu diangkatan kita ada yg ngak bisa nerusin kuliah *si asep nya kl ga salah namanya? gara2 bokapnya baru meninggal, dan dia otomatis hrs jadi tulang punggung buat ibu yang penjahit dan adek2nya.. sigh- siapa bilang dunia ini adil ya hehehehe...

    ReplyDelete
  49. Iya, kalo udah ada yang kaya gini di kelas, gua lebih merasa positif pas ngajar. Mudah-mudahan mereka suatu saat nyadar, kalo prestasi mereka itu bener-bener bikin efek yang bagus ke pengajar.

    ReplyDelete
  50. yang minggu lalu, karena parah: mereka gua semprot sambil bilang: "kamu, kamu, kamu, dapet 45. kamu, kamu dan kalian dapet 50. nilainya 10% dari total dan gak ada remedial. Kerjaan kalian paling jelek 1 studio ini!!!!" -> itu kalimat jelek dan tidak professional sih, tapi gua udah muangkel bener.
    Dan ternyata minggu ini mereka jadi 'anak manis' dan mengerjakan dengan 'lumayanlah'. Apa musti dibegitukan baru ada efek ? *loh curhat lagi ....

    ReplyDelete
  51. mbak2 dan mas2 (walaupun jangan2 seumur ma gue),
    kayaknya kebetulan aja kalian emang lagi kurang beruntung ketemu sama anak2 yang model begitu terus2an...
    jarang ketemu yang bikin kita tertohok saking mereka kreatif dan kritis.
    sekaligus bikin kita mikir, "wah, gue dulu ga kayak gitu ya?"
    dan jadi nyesel karena ga memanfaatkan waktu dengan baik

    pantes juga ada iklan: yang muda, yang ga dipercaya
    kalo terlalu banyak generalisir, bisa bahaya

    ReplyDelete
  52. ato mungkin juga karena konsep inisiasi dah dihapuskan? hehehehehe...katanya itu kan penuh kekerasan...padahal ada juga sisi baiknya, nanemin sama rasa, sama susah, sama senang

    ReplyDelete
  53. Duh giling ya, ada emak masih ngurusin beli perkakas buat tugas kuliah anaknya..tsk tsk tsk..perkara pertanyaan gak mutu dari mahasiswa...iya banget bikin bete, di sini juga gitu (walau gak separah di Indo sih), suka banyak undergrad yang nyebelin banget kalau nanya ngablak aja..utamanya tuh kalau mau midterm/final exam, nanya pointers umum untuk belajar masih mendinglah..ini nanyanya gak berotak banget...yang ini nanti keluar gak diujian? ... yang itu nanti keluar nggak?..kalau yang ini musti diinget-inget nggak? weeh..kenapa nggak minta soalnya aja sekalian..&%^#$!!!!...bikin pingin ngeplak ajah.

    ReplyDelete
  54. tante tita tante tita... kalau aku jadi anaknya, langsung deh menghilang dari dunia ini kalau ibuku nongol di kampus dan ngobrolin hal2 tentang tugas kuliah atau semacamnya sama staf kampus! lagipula, itu yang kuliah ibunya apa anaknya siiiih? *gemes*

    ReplyDelete
  55. wow luar biasa. lu tulis op-ed tentang ini, gw pikir menarik dan penting.
    atau gw curi anekdot nya utk ditulis? :D

    ReplyDelete
  56. gw termasuk yg setuju... gara2 nggak ada ospek, jadi menye2
    masih mending sih kalo cuman menye2, kadang2 malah belagu 'T_T

    ReplyDelete
  57. yang paling salah ya orangtuanya. salah didik dari kecil dan kok ya mauuuuuuu diperbudak sama anak sendiri ? bodoh sekali..*huh*
    anak itu kan bentukan dari orangtua, mau ngebentuk jadi orang berguna atau mau ngebentuk jadi monster semuanya kembali ke orangtuanya.

    tapi emang sih anak-anak jaman sekarang tengilnya minta ampun, ngeri ngebayangin bahwa beberapa tahun ke depan mereka harus berjuang untuk hidupnya. mau jadi apa mereka kalo selalu ngandelin orangtuanya ? mau sampe kapan sih orangtuanya bisa ngelindungin mereka ?

    ReplyDelete
  58. (nunggu tita nulis soal pilihan busana mahasiswa saat ngampus... '^_^)

    ReplyDelete
  59. daripada nyalahin anaknya (yang menye2 keterlaluan) dan atau ortunya (yang over protecting), gimana kalo kita mikirin enaknya diapain tuh anak & ortu yg kayak gitu kalo pas ketemu (lagi)? syukur2 jadi pembelajaran juga ya...

    ReplyDelete
  60. Coba diteruskan "pembegituan" itu sebagai eksperimen... Kalau sukses, dijalankan sebagai kebijakan... tapi mesti kuat2 hati dicap dosen killer! Mungkin setelah merasakan "how it feels to be intellectually challenged and survived", murid2 mu lebih profesional... :).

    ReplyDelete
  61. ya ngga salah banget......ampun deh bisa kayak gitu. ternyata gejala peng-eSDe-an ini umum toh? pantesan aku sering dapat email kayak gini: "Mbak, saya ingin masuk ASU dan mendapatkan beasiswa. Bagaimana caranya, tolong carikan ya Mbak?"

    ReplyDelete
  62. Apa yang salah ya?? Sistem pendidikan yang tidak mengajarkan anak-anak mandiri? Orang tua yang terlalu posesif/protektif? Atau emang jaman udah berubah. Seingat saya dulu, jadi mahasiswa itu rasanya bangga karena udah merasa dewasa dan mandiri....

    ReplyDelete
  63. anak-anak yang malang *semoga anakku kelak bisa mandiri*

    ReplyDelete
  64. huahuahuahahahahahhahahahaaaa...... kalau gue jadi elo, gue akan bilang: do your homework!!

    ReplyDelete
  65. oh, itu saya serahkan pada bapakranger sebagai pengamat gaya hidup... ;)

    ReplyDelete
  66. gue yakin ada mahasiswa gue ikutan baca nih.. hehe.. (hey, pada boleh ikutan komentar lho)
    tanya langsung aja ke mereka kali :P

    ReplyDelete
  67. kadang2 gue juga mikir gitu. ospek sr itu lebih lucu ketimbang serem. ini contohnya: cerdas cermat

    ReplyDelete
  68. kalo kasusnya udah spesifik per mahasiswa, sampe melibatkan orang tua (lagi), biasanya yang 'turun' cukup dosen walinya aja, didampingi ketua program studi. tapi tetep rumit juga :P

    ReplyDelete
  69. bisa jadi, ple. tapi bisa juga sebaliknya, hidup mereka keras, jadi mereka nggamau anak2nya ngerasain 'sengsara' yang sama.

    ReplyDelete
  70. boncu juga gitu, makanya nggak selesai kuliahnya di produk. ya begitulah...

    ReplyDelete
  71. yang kerasa banget: seangkatan itu jadi bisa belajar mengorganisir diri, disiplin (terutama waktu) dan bertanggung jawab (termasuk menanggung kesalahan sesama peserta.. hehe). kenapa musti keras, karena ini memang proses instan, jadi kayak shock therapy kali ya :D

    ReplyDelete
  72. sayang kita nggak bisa mindah channel.. the horror stays!

    ReplyDelete
  73. ini pasti. tinggal cari sistem yang tepat utk mendidik generasi lanjut di jaman seperti ini.

    ReplyDelete
  74. jawab aja "enggak" ke semuanya, tapi terus keluarin di ujian! hahaha!

    ReplyDelete
  75. ortunya juga mungkin kepingin merasa terus dibutuhkan si anak utk hal2 yang paling sepele sekalipun, meskipun anaknya udah usia dewasa. dengan cara itu, si anak masih 'dalam kontrol' mereka. hiyy ngerinya.

    ReplyDelete
  76. hehe ikutan ngomentarin ya, topiknya seru

    gw pernah baca di salah 1 bab buku sosiologi yang cerita kalau dari jaman dulu (sampai berapa ratus sebelum masehi) selalu ditemukan manuskrip yang bilang "anak jaman sekarang ga bisa apa-apa, maunya enaknya doang, ngga bermoral, mendingan juga generasi kita". well tapi kita masih survive juga kan?

    salah satu side job gw adalah jadi dosen lb di salah satu kampus yang kantinnya katanya kayak mall. mahasiswanya apakah lembek2? ya ada aja sih yang kayak gitu, yang perlu di suapin melulu . tapi yang tangguh juga ada aja sih. gw pernah dikasi tanggung jawab jadi kordinator seksi acara untuk acara penerimaan mahasiswa baru dengan format training. yah bayangin aja ribetnya training dengan peserta 2500 org. sebagian anggota seksi itu mahasiswa dan mereka kerjanya bagus, biar stress tapi jalan terus , malah ada beberapa yang menurut gw lebih kapabel waktu jadi panitia dibanding panitia yang dosen

    nb: gw suaminya jo , nebeng komentar ya

    ReplyDelete
  77. [halo suaminya jo, salam kenal :D]

    ya memang, saya pun tidak menggeneralisir. tapi rasanya jumlah yang dependent itu makin banyak ketimbang yg mandiri. mudah2an aja yg belakangan ini bisa narik temen2nya utk ikutan jadi mandiri juga.

    ReplyDelete
  78. hi tita...ini jo lagi...hihihiihi.....
    emang ...tiap generasi selalu ada yang dependent maupun mandiri....kan dunia butuh keseimbangan...hehehehehehe....kalo gw melihat kenyataan sekarang justru merasa harus lebih mawas diri...supaya gw tidak menjadi ortu yang membentuk anak gw jadi pribadi yang tidak berdaya...gw sudah melihat akibat dari salah bentukan ini...dan gw tidak mau nanti di masa tua gw harus menyesalin waktu yang berlalu melihat anak gw yang dikit2 butuh orang lain karena dia sendiri tidak bisa apa2....bisa2 gw matinya tidak tenang...hehehhehehe....

    ReplyDelete
  79. Thank, you has will become my friend to divide all information and knowledge gotten. we conveniently will become friend together with you for the shake of taking care of earth...

    ReplyDelete
  80. hmmm...apa ortu kita dulu mikir hal yang sama ttg kita seperti kita sekarang ini mikir ttg yang lebih muda dari kita? kalu iya, baati degradasi secara eksponensial dunk :D

    ttg ospek, kadang jadi gak jelas. tujuan ospek itu apa siy? buat tereak2 doang? buat solidaritas? kalau emang buat solidaritas, kebanyakan yang mampu kuliah sekarang adalah yang emang mampu secara ekonomi. buntut2nya ntar kayak cerita mbak tita. tugas ospek yang ngerjain emak bapaknya, hihihi...jadi yang saling solider, emak bapanya juga dunk ya...

    *ntar gw disolder dah*

    ReplyDelete
  81. Wah... anak-anak disini bisa menuntut ke meja hijau kali.... kalau ditepu-tepu begeto... :D

    ReplyDelete
  82. Ardiii!!! Hariiii!!!
    ayo nyapu! ngepel! abis itu cuci baju dan jemur!!
    ntar siangan jangan lupa nyetrikaa!!


    *latihan biar pas kuliah ibunya nggak pontang panting disuruh bayar spp dan beli material sama anak*

    ^_^;;;

    ReplyDelete
  83. hahahay, kalo gitu, enaknya gimana cara ngajarin anak (pas aku punya anak kelak)?

    ReplyDelete
  84. jadi gemes..:D....generasi yang tidak mandiri dan tidak kreatif..*maaf ya*...agak menyeramkan untuk seusia mereka dan memiliki kecerdasan pasti lebih dari standard masih begitu....ck..ck..ck..ternyata ada ya...

    Apa ya penyebabnya...biasa dengan kondisi dilayani dan disuapi?...biasa di ninabobok kan?,...biasa menerima segala sesuatu dengan mudah?...

    walau jadi miris dan khawatir tentang masa depan....tapi masih ada dan banyak juga yang mandiri dan kreatif....

    ReplyDelete
  85. hihihi.. ibuku pernah bilang "inilah akibat kemudahan teknologi.. jadi termanjakan"

    thats why i always loved analog. it made me an analog girl in a digital world ;D

    ReplyDelete
  86. Masa iya sih karena kecanggihan teknologi trus kita / anak kita jadi manja?? :D gw adalah yang gak setuju.. kenapa? karena di bangsa lain, orang jepang atau korea atau india.. mereka pun mengalami yang namanya kemajuan teknologi koq :D tapi gak berarti jadi CEMEN khahakah...

    Kalau boleh gw generalisasi.. type anak ini hanya terjadi sama anak-anak perkotaan aja koq.. Di daerah rural gak gitu.. yang jadi masalah ya itu tadi... koq ya bisa anak-anak cemen ini masuk perguruan tinggi negeri.. harusnya filter penerimaan masuknya nih kudu di adjust lagi

    ReplyDelete
  87. Kalo di kampus gua, pihak yayasan dan rektorat yang minta agar kuota mahasiswa baru dinaikkan, salah satu caranya ya dengan mempermudah ujian saringan masuk. Pendapat ini dikomentari oleh salah seorang dosen di fsrd, "Jika standar masuk diturunkan, nanti yang masuk jurusan kami bukan lagi 'desainer', tapi 'akuntan', 'sekretaris', 'marketing' dan lainnya" Apa coba jawab pihak rektorat? "Yah, itu kan tugas kalian sebagai dosen, untuk mendidik mereka".

    Kalau kaya gini memang repot...

    ReplyDelete
  88. nggaaaak salah mbaaaak ^--^

    rada kaget juga mbacanya, aku kira cuma (sebagian) mahasiswa dari salah satu universitas bergengsi (gengsi dong, /sks 400rb) yg aku ajar yg manja. ternyata...generasinya.

    Aku setuju dengan pendapat bahwa orang tua takut "salah", jadi berusaha membantu/ memudahkan kehidupan anaknya.

    iya ya mbak..... generasi zaman dulu emang lebih gahar dan ulet

    ReplyDelete
  89. Ta!! Gak cuma di kuliah.. di tempat kerja dulu pun begitu.. Susaaaaaahhhh banget cari karyawan!! Padahal cuma cari karyawan yg tanggung jawab, taste seni ok, rajin, dan kreatip... itu SUSAH!! Kalau pun udah ketrima, kerna portonya bagus (rata2 memang lebih fresh dan kreatif), tapi pas kerja, amburadul dan gak tanggungjawab!! Itu kesimpulan dr banyak temen2 gw di kantoran. Padahal, cari kerjaan kan susah ya... ckckck... generasi Indomie.. semua serba instant, otaknya pun kebanyakan Indomie!

    Ortu takut anaknya gagal/nilai jelek/DO, udah sekolah bayarnya mahal, gak bisa dibangga2in....Stress lah si ortu!!! dan si anak udh diset disuapin mulu dr kecil...

    (dan ini yg bikin gw fokus ke anak gw dan resign 4bln yg lalu... smoga gak jd anak pembantu, drpd telat!)

    ReplyDelete
  90. Salah satu buktinya:

    "Times are bad. Children no longer obey their parents, and everyone is writing a book." -- Marcus Tullius Cicero (106-43 SM)

    =))

    ReplyDelete
  91. wah.. tersungging nih. sebagai anak jaman sekarang yang juga jungkir balik nyari duit buat biaya hidup dan biaya kuliah.. i would say.. ga semua kaya gitu loh. ada banyak faktor pastinya yang ikut membentuk karakter sebuah generasi. generasi sekarang menghadapi tantangan yang berbeda dengan generasi pendahulu. jadi ga bisa dipukul rata juga. tantangan jaman dulu emang pergi ke sekolah jalan kaki puluhan kilo. tapi anak jaman sekarang dituntut untuk bisa menyelesaikan kerjaan (yang jaman dulu bisa dikerjakan dalam waktu) seminggu dalam dua hari (dengan fasilitas kendaraan bermotor) misalnya.. jaman sekarang tantangannya adalah bisa mengoperasikan berbagai gadget canggih supaya pekerjaan jadi makin mudah dan cepat. tantangannya menciptakan terobosan-terobosan baru yang nggak kalah canggih. tantangannya untuk selalu bisa lebih cepat. cepat. cepat. cepat. update. update. update. canggih. canggih. canggih. inovasi. inovasi. inovasi.

    kalo soal "anak sekarang" yang manja itu.. can we blame their parents also? kan ortunya adalah "anak jaman dulu" yang katanya tertempa tersebut. biasanya mereka mikir "jangan sampe anak gue ngalamin susahnya gue dulu" tanpa menyelipkan juga pendidikan" lain soal survival di sebuah jaman tertentu yang pastinya beda dsb dsb dsb. aku pernah juga menganggap sinis anak jaman sekarang yang keliatannya serba enak itu. tapi masi ada kok ternyata.. anak-anak sma yang uda bisa bikin film indie, anak-anak sekolah yang bisa bikin penemuan dan akhirnya pergi ke luar negri untuk presentasi. hal yang nggak mungkin terjadi saat angkatan gen baby boomers dulu masi abg.

    intinya, menurut hemat saya (si anak generasi Y yang sotoy ini ;p), jadi ortu juga harus tetep beradaptasi sama generasi baru.. supaya bisa memberikan pendidikan holistic sama anaknya. dan dalam rangka mereduksi gap antargenerasi juga. kalo menurut pengamatan saya, anak jaman sekarang emang cenderung pembosan. dan seenak hati. yaa kerna terbiasa itu tadi.. segala sesuatu harus cepat, serba cepat berganti dengan yang baru. jadi kebawa kurang telaten. tapi pastinya ada cara utk mengatasinya lah ya..

    jangan lupa juga.. generasi mana coba yang paling banyak menyumbang koruptor di negri ini ;p?

    wah. maaf jadi posting. hihihi

    ReplyDelete
  92. ah.. tambahan lagi.. seharusnya generasi pendahulu lebih bisa memotivasi dan menginspirasi anak-anak sekarang.. supaya nggak ogah-ogahan lagi..soalnya inget banget pertama kali memulai kerja sambil sekolah karena dimotivasi sama guru dan dosen juga (suka kesel juga nih sama mahasiswa malas yang banyak alesan padahal kiriman tiap bulan selalu lancar .. hehe)

    ReplyDelete
  93. ta, dibuat komiknya doung :D
    pasti banyak yang senyum2 miris tersindir2 :P

    iya sih.. anak gue dah SMP; kalo ada tugas mah emaknya masih deh bantu2 nyari bahan.. mudah2an ga keterusan ahhh..

    ReplyDelete
  94. hmm.. salah orangtuanya juga dong ta, yg bikin mereka lembek? dan orang2tua itu kan ya, seangkatan kita2 juga?

    ReplyDelete
  95. wah ya jangan tersinggung, karena yang dibahas di sini hanya sebagian. Banyak juga kok generasi sekarang yang lebih kritis, rajin, kreatif dari generasi2 sebelumnya.

    Soal banyak anak yang bekerja untuk biaya hidup, yaaa.....dari generasi saya dan para pendahulu kami juga banyak.

    Masalah ketakutan orang tua agar anak2nya tidak merasa "susah" seperti mereka dulu memang menjadi alasan untuk memanjakan.

    ReplyDelete
  96. durhako hehehe~ hmm.. iya bisa jadi sih itu keinginan ortu. Yah ortu dan anak-anak sama-sama bekerja sama untuk jadi lembek hihihi :D

    ReplyDelete
  97. susah banget sih cari yang salah....udah jelas2 mantan presiden kita Soeharto dulu yang membuat pemikiran kita terkotak2 dan kemudian memanjakan kehidupan kita dengan subsidi yang sebenarnya bom waktu. Tidak diajarkan untuk kita mandiri dalam artian yang sebenarnya, semuanya adalah semu. Akibatnya sekarang sedikit2 aja udah mengeluh, baru usaha bentar udah cari jalan pintas.....

    ReplyDelete
  98. *sigh*
    saya hanya mau mengkonfirmasi kondisi seperti itu.
    gimana ya?

    ReplyDelete
  99. Ngga salah. Kali karena kebetulan aja kali ini banyak anak-anak yang lebih manja,ya?

    ReplyDelete
  100. Gua setuju ama yang ini, *bokap gua banget ... wakakaka ...

    ReplyDelete
  101. Mending dicap killer deh, yang penting kerjaan mereka beres, sighhh .....
    tapi sebetulnya melawan nurani, hahaha, soalnya kan yang diajar mahasiswa - bukan anak smp yang bengal. rasanya aneh aja kalau memperlakukan orang2 yang sudah punya ktp dan berhak ikut pemilu seperti anak sd/smp ...

    ReplyDelete
  102. Nah, lu tau ga yang bikin gua syok baru-baru ini. Ospek di salah satu SMA terkenal di Jakarta udah maennya kriminal, misalnya :
    1. Culik anak baru, ditinggalin di jalan tol luar kota, uangnya diambil semua dan gak dibalikin. Kalo tiba-tiba disana ada pemerkosa atau perampok emang tu para penculik gobloks mau ganti rugi seperti apa? Diperkosa juga gitu?
    2. Pinjem barang orang tua anak yang diospek : mobil, dipake jalan-jalan sampe bensin abis. Atau laptop pakai wireless berjam-jam, nah kalo mobil rusak atau tabrakan, dan mobil itu satu-satunya punya orang tua gimana? Orang tua korban harus naik angkutan umum kalau tiba-tiba ada kerabat sakit parah harus dibawa ke rumah sakit dan bayar segala kerugiannya?
    3. Ini paling parah... si korban dipukulin dan ditelanjangin, perempuan lagi. Udah sex abuse kan?
    4. Porotin duit terus sampe si anak ga bisa jajan dan pulang. Gimana kalo tu anak sakit maag kronis? Mau bayarin infus rumah sakit dan biaya sakit levernya? Kasian juga kan orang tuanya kalau duitnya pas-pasan...

    Dan hal ini mereka bilang udah tradisi... salah satu orang deket gua sial, anaknya masuk sekolah itu dan udah jadi korban... Mungkin, Ta, mereka pikir uang itu gampang ya? Mobil porchenya rusak "Sini papa ganti sama masserati aja ya, Nak!". Dan gua rasa anak kaya gini juga yang suka kurang ajar ngerjain ortunya. Ga dididik.

    ReplyDelete
  103. ih gila, ini sih bener2 kriminal! gimana ortu anak2 ABG nggak kebat-kebit juga kalo gini caranya...

    ReplyDelete
  104. yang anak2nya sekarang udah pada kuliah, umur ortunya rata2 di antara umur kita sama ortu kita, kalo nggak salah.

    ReplyDelete
  105. haha, simpen dulu buat bahan, sampe banyak.

    ReplyDelete
  106. angkatan kalian sepertinya nggak akan segamang angkatan ortu2 skg, karena kalian juga terampil pake gadget canggih yg dipake anak2 sekarang :D tentu saja nanti akan ada gadget2 baru lagi, tapi sptnya lompatannya belum akan terlalu jauh. slogan (hadeuhh) yang selalu saya pegang:

    do everything in moderation

    ReplyDelete
  107. mereka punya masalah sendiri, yang gak kalah gawat: konsumerisme. coba deh tanya temen2 yg tinggal atau sering interaksi dengan orang2 rural areas. gue denger cerita2nya aja terngeri2 sendiri.

    ReplyDelete
  108. ini sih yang paling bikin kita optimis dan masih semangat :)

    ReplyDelete
  109. yuup ta......yang dikampung kampung yang gw denger malah mengenaskan menurut gw....assisten rumah gw cerita tentang masalah konsumerisme yang gawat didaerah kampung kampung....rata2 anak2nya dari kecil tidak dituntut untuk apapun...kalo ortunya punya sawah, yang kerja banting tulang ya ortu...even buat anak cewek, dituntut buat bantuin beresin rumah aja tidak....tiap hari kalo di kampung kerjanya main main dan main...putus sekolah & gak ngapa-ngapain...makanya angka sex bebas jangan kaget kalo justru angka besarnya di daerah kayak gitu...habis gak ada kerjaan, remaja yang pengen tahu....rumus buat eksperiment aneh aneh kan ?...urusan konsumerisme...assisten gw cerita, kalo di kampung dia umumnya anak2 cowoknya punya motor...biasanya liat temen punya, terus nuntut ke orang tua buat beli....ortunya rata2 petani....kalo gak diturutin ngancam mau bunuh diri...mogok makan....akhirnya sawah cuma sepetak akhirnya dijual buat beliin motor buat anak tengil yang pengen punya motor......ortunya terpaksa jadi buruh tani....itu aja udah cukup? belum....udah punya motor mending dipake buar alat produksi, ini mah kagak...dipake buat gaya2an doang, buat kebut2an....terus bosan motor minta Hp...emang dipikir punya HP murah...Hp kan harus dikasih makan pulsa...? mending dipake buat bisnis..ini mah cuma dipake iseng doang...mana gonta ganti HPnya kayak ganti baju....giliran disuruh kerja, keluhannya banyak....capek lah....cerewet lah majikannya.....bentar2 sakit, kangen rumah....bener2 deh kalo anak yang gak pernah dituntut buat lebih tough, jadinya mentalnya lembek...gak tahan tekanan dikiiit aja. yang lebih ngenes pas denger cerita dari orang2 di DepKeu tentang gaya orang di daerah perkampungan saat mendapatkan bantuan tunai langsung....sebagian besar dipakai buat hal2 konsumtif seperti beli voucher HP....gubraaaaks...

    ReplyDelete
  110. Itu Bullying Xan! Gw pernah ikutan seminar & workshop ttg Bullying.. Di sana ada psikolog, org Unicef, pendidik plus ortu yg anaknya di bully. Pesertanya ya pendidik dan ortu dlm 1 team. Bully emang jd kasus yg sgt parah di Indo. Kalo laki, ingin diakui ego powernya, kalo cewe, ingin ego populer/ fisikisnya, semuanya itu pengen pengakuan diri.

    Parahnya lagi, sang ortu yg melaporkan menjadi musuh 1 sekolah, baik guru maupun murid. Semua mengatakan 'sudah tradisi' kyk Roma Biskuit! Hampir gak ada solusi! Si ortu menjadi dipersulit krn masuk koran jg, si anak makin di bully. Kejadian ini dibawa sampe saat kerja dan semakin parah. Mo di mana dibawa generasi Indo?

    Xan, itu mungkin SMA gw ya? Gw liat sendiri. Saat gw lg makan di resto.. di sebelah gw ada byk anak cewe SMA gw. Tiba2, masuklah 2 org dgn seragam sama. Serentak anak2 yg disebelah gw berdiri dan tunduk. 2 anak tadi lsg ke depan mereka sambil menghardik "Heh! kamu ekskul apa!" Setelah hny menghardik begitu dan di tempat umum pula! Anak2 itu makan kembali dgn menunduk. 2 anak tadi lsg gw tanya "mbak.. kelas brapa" dan dijawab 'kelas 2' gw bilang: "galak2 ya skrg senior, krn sy jg Tarki" Apa jwb mrk? "Ah... mbak kan jg gitu dulu..." Astaga! Emang seinget gw, kita dulu jg gitu.. tp emang gak separah itu dan di tempat umum pula!! Ternyata emang udah menurun dan dendamnya dibuat semakin parah hingga tahun2 ini yg menjadi tumpukan keparahan.

    Itu juga sebabnya ortu menjadi semakin protektif. Selain sekolah semakin mahal, dan ortu gak bisa menerima kegagalan, juga lingkungan yg membuat ortu jd protektif dan jg sang pendidik sambil berkata "jaman sekarang kan beda sm jaman dulu.." Gmana bisa ngembaliin tradisi yg plg enggak spt jaman kita?

    Intinya adl sifat terbuka antara anak - ortu - pendidik. Ayo kerja sama!!!

    ReplyDelete
  111. elisa, daku mendukung eksprimen ini... dan sangat antusias menunggu hasil observasimu!!
    apa boleh buat, kalau mental masih SD/SMP, ini harus dikarbit supaya bisa mandiri di dunia kerja nanti. Daku yakin, mereka bakal berterimakasih padamu di masa depan....

    gimana?? gimana?? mungkin para dosen lain di diskusi ini bisa coba juga eksprimen ini... sapa tahu ada hasil positip... :D

    ReplyDelete
  112. oh, tarki... bukankah dari dulu reputasinya demikian? (menurut anak Ursula... :P) Chicha Koeswoyo aja katanya sampai nggak tahan....

    ReplyDelete
  113. Hahaha.. Chica Koeswoyo itu kluar dr Tarki karna gak naek kelas! I know it! krn Helen temen gw.. (artis, ada-ada aja cari alesan..) Ira Wibowo, Dian Sastro sampe Pratiwi Sudarmono sukses tuh! hihii...

    ReplyDelete
  114. hahahaha sama kok Tita, ditempat kerja ku juga begitu. Aku dan temen seangkatan, suka bilang kalau anak2 jaman sekarang tuh manja-manja, mungkin terlalu expose dengan yg namanya "instant" dan serba high tech jadinya tidak terbiasa "susah". Ketemu problem kecil saja, sudah langsung komplen etc etc hhhmmm tidak tahan banting begitu

    ReplyDelete
  115. ooh gitu... yang gue denger karena digencet :), apa mungkin digencet terus jadi stress terus jadi nggak naik kelas? hihihihihi.... :P (anak sanur ngotot hahahahahaaa).

    ReplyDelete
  116. masalahnya anak2 ITB (yg direfer sama Tita di sini) skrg juga ya rada2 middle/upper middle class... soalnya ITB juga udah ngga murah.

    jaman dulu kan masuk ITB murah banget, jadi tingkat diversity tinggi... ada temen gue yg anak guru SD di desa terpencil yg cuma dapat 25 ribu/bulan ngga cukup u/ ngekost! ada anak supir angkot... tapi juga ada anak salah satu org terkaya di indonesia.. skrg cenderung lebih homogen, cenderung lebih urbanized, narrow class.... dan ini jelas berpengaruh ttg attitude/behavior...

    encounter dgn org dari kelompok sosial/ekonomi/budaya yang berbeda itu sangat berpengaruh thd sikap/pendirian.

    ReplyDelete
  117. duile rani... masa seangkatan elu anaknya dah kuliah? hihi... kawin mudaaaaaa banget? dibawah umur kali :p

    ReplyDelete
  118. abang gue yang anak ITB dulu punya banyak cerita yang 'aneh tapi nyata' tentang teman2nya yang dari desa. sampai kagum denger kegigihan mereka....

    ReplyDelete
  119. Engga taaa engga salaah.. bener bangeet :-) seneng banget gue ada yang nulis kaya gini, hehee.. Soalnya kayanya selama ini gue jahat sedunia klu ngebiarin anak gue dimarahin gurunya karena lupa bawa tugas atau lebih parah lagi ngebiarin dia kelaperan karena lupa bawa tromol makannya.. Baru SD kelas 4 sih Ta.. tappi perasaan emak bapak gue dulu juga 'kejem' kalo masalah kaya gituan.. ga pernah tuh mereka nyusulin barang yang ketinggalan ke sekolah. Jadi ngebaca ini, rasanya gue ga jahat2 amat ya Ta.. wakakaaaak... :D

    ReplyDelete
  120. wau keren kayanya menti banyak yag harus baca narasi ini ...
    sukses ya... GBU...

    ReplyDelete
  121. ya ampuun beli acrylic dimana... nanya dosen senior
    anak sekarang sopannya emang minimalis..jarang upacara sih :P *ga nyambung*
    musti dikasih mata pelajaran behaviour skill.. biar tertata dikit

    ReplyDelete
  122. Wah, you read my mind, iya, Yan. Tarki. Gua kaget, karena ngegencetnya udah sampe masalah di luar sekolah. Mereka ga boleh ke mall sampe mereka udah kelas 3 SMA, yang berarti mereka bakal ngegencet angkatan di bawahnya. Ortunya sampe nangis, takut mental anaknya depresi. Gua juga pernah di bully-in dari TK, SD, SMP sampe SMA, so I know how it feels like. It makes people bitter and paranoid. That took a lot of time to heal and understand what's wrong. Biasanya jadi dendem ya, ke angkatan lebih bawah, snowballin... hahaha.... Dan emang iya, serba salah, kalau dilaporin, malah dimusuhin bukan saja oleh guru dan angkatan atas berserta orang tuanya, tetapi teman-teman seangkatan yang pengecut gak mau bersatu. Sekarang sih gimana caranya kumpulin semua orang tua anak-anak kelas satu untuk make a change.
    Kalau satu orang, Yan, emang berat. Kayak dulu kita ngelawan pas diospek juga banyakan, padahal apeeeeuuuuuu.... yuk.... kalo dipikir-pikir gak sadees itu sih, ngantuk aja pengen tidur hahaha...

    ReplyDelete
  123. Hahaha tadi siang gue ditelpon ama bocah FEUI angkatan 2005, ngomongnya gue-elo, gila, di fakultas gue nih, junior atu taun di bawah aja manggilnya "bang" atau "kak", dll. sumpah sok asik banget, die mau minta saran dari Sahabat Museum tentang kompetisi pariwisata indonesia, memberi masukan ke pemerintah, dan pemenangnya apa coba? Meet & Greet bersama Jero Wacik !!! si Menteri Pariwisata! uhuy! dan gitu aja! gak lebih hehehe, waduh, gue kira pemenangnya liburan ke Bali, Papua, Belitoong atau ke Bangkok kek. cuman gayanya itu lho gak nahan, sok-sok seumuran, akhirnya gue bilang aja gue angkatan 96, eh tetep lho dia berasa sebaya dan tetep aja sok asik, haduuuuuhhh.. gue jadi ilfil mau bantuin *keluh* dan atu lagi kalo panitia malam kekerabatan (which is angkatan tahun kemaren, kalo minta sumbangan gak pake samperin ke kita lagi, cuman sms, dan minta duit yang katanya: tolong ditransfer !!! ke rekening sekian, sekian. Yo wis gue delete aja smsnya, seraya bergumam dalam hati: sekian dan sampai jumpa!

    ReplyDelete
  124. YEEEYYY... orang nagih utang aja nggak segitu2nya! ini minta sumbangan sok asik pisan :P

    para "imut" ini memang datang dalam berbagai wujud dan kepentingan ya.. hihihi..

    ReplyDelete
  125. hehe.. kok jadi keingetan..
    jamannya masih bantuin acara Pekan Komik Nasional di kampus dulu (tapi pas gw dah lulus),
    jaman2 mahasiswa udah mulai berhandphone sementara gw masih setia pake pager,
    ada panitia yang mo minta tolong, tapi bunyi pesannya seperti ini... "telepon saya, sekarang!"

    walhasil, pas gw telpon (lama kemudian....) seblum dia ngomong macem2.. gw semprot duluan...
    :P

    ReplyDelete
  126. TFS Tita ... kudu menyiapkan mental ana-anak dari sekarang biar nggak cuma maunya disuapin terus sama ortunya :)

    ReplyDelete