Saturday, September 27, 2008

Dengan atau Tanpa: PRT

Obrolan saya dan rekan2 dosen di sebuah Jumat pagi di kantor S2 FSRD ITB mengarah ke dilema PRT, yang memang sedang rame2nya jadi kenyataan di musim mudik Lebaran begini. Mulai dari PRT yang nggak akan balik lagi tapi nggak pamitan, PRT yang tau2 ngeboyong kerabatnya utk ikutan kerja di kota (atau ingin ikutan icip2 tinggal di kota meskipun cuma sebentar), sampe PRT yang malah jadi dapet kesempatan untuk memeras employer-nya ("Saya mau balik lagi, asal dibeliin henpon model terbaru"). Tapi intinya adalah, orang kota sangat tergantung sama jasa PRT (termasuk babysitter, supir, tukang kebon, dan perangkat asisten RT lain), sehingga bisa 'dimanfaatkan' (in a negative term) oleh PRT yang 'niat' (juga dalam arti negatifnya :P).

Sehubungan dengan ketergantungan itu, timbul pertanyaan utama: Sebenernya bisa nggak sih orang2 kota di Indonesia hidup tanpa PRT? Jawaban singkatnya: bisa. Tapi prerequisite dan konsekuensi untuk "bisa" itu juga nggak sedikit!

Antara lain:
  • Tempat2 belanja kebutuhan sehari2 harus mudah diakses, kalau bisa within walking distance. Bisa berupa pasar tradisional, kios/warung, mini market atau supermarket.
  • Fasilitas RT yg mendasar, seperti kompor dan kulkas harus ada, dan operasional & perawatannya harus mudah. Fasilitas lain seperti mesin cuci baju, microwave, apalagi mesin cuci piring, adalah optional.
  • Rumah yang ditinggal kosong melompong harus terjamin keamanannya. Keki kan kalo cuma ke warung beli gula bentar, ehh balik2 TV udah digondol maling...     
  • Sumber energi dan air harus tersuplai dengan baik. Listrik nggak boleh byar-pet, sediaan gas untuk masak harus lancar, air bersih harus ngalir terus. Idealnya sih air ledengnya bisa langsung diminum, jadi kita nggak usah buang2 energi lagi utk masak2 air. Dan semua kelancaran ini harus bisa dihentikan temporer oleh masing2 RT, misalkan kalau rumahnya mau ditinggal lama, jadi tetap ada kontrol.
  • Mekanisme pembuangan sampah harus jelas: begitu ditaruh di luar rumah, pengambilan sampah (oleh dinas kebersihan) harus rutin dan dilakukan dengan baik.
  • Pembayaran berbagai hal (listrik, air, dll) bisa pakai internet banking, jadi kita nggak perlu buang2 waktu utk ngantri dan ngisi formulir ini itu di berbagai loket.
  • Harus ada tempat yg pantes utk menjemur cucian di rumah. Atau, kalau nggak ada tempat dan nggak punya mesin cuci, harus ada tempat laundry komunal yang mudah terjangkau dari rumah.
  • Jam-jam kerja harus fleksibel. Malah mungkin sebisa mungkin kerja di rumah, sambil mengontrol aktivitas domestik, termasuk mengurus anak2.
  • Setiap anggota keluarga harus kebagian tugas domestik.
Daftar ini masih bisa diperpanjang lagi (yang mau nambahin, silakaan :D). Sekarang tinggal berandai-andai, Indonesia bisa nggak ya diurus sedemikian rupa sehingga daftar itu bisa jadi kenyataan?


Gambar: Rosie, robot asisten rumah tangga keluarga Jetson (Hanna-Barbera Productions, 1962-1963)

59 comments:

  1. ada ta....itu tempat cuci baju kiloan di daerah mahasiswa, hehehehhe

    ReplyDelete
  2. itu teori semua..prakteknya kadang ada yang ngga bisa ditemui...hihi ;)

    ReplyDelete
  3. di sini juga udah mulai banyak nih :D dasar daerah kos-kosan...

    ReplyDelete
  4. yang di daftar itu? ada sih, tp bukan di indonesia. waktu tinggal di amsterdam kami seperti itu soalnya.. dan di sana itu gaya hidup standar, bukan kemewahan :P

    ReplyDelete
  5. gw pernah tuh gak ada pembantu sebentar...pas aika masih 8 bulan dan kaio belum sekolah...hasilnya ? jangan tanya, hehehehehe....disaster...rumah berantakan banget, plus kuping gw berdenging dengerin bayi dan balita nangis jerit2 karena dimasukin kedalam kurungan bayi sementara gw masak...
    belum lagi terpaksa melewatkan tawaran2 pekerjaan yang okeh...hiks....
    kesimpulannya ? kalo aku FTM dalam arti sebenar2nya (gak sibuk ngobyek kanan kiri) plus rumah kecil mungil plus gak miara anjing.....kayaknya hidup tanpa PRT bukan impian....hehehehhe

    ReplyDelete
  6. haha.. been there done that. emang harus tega2an ya :P skg sedang miara anjing ya jo? aku belom berani miara anjing lagi, krn ngurus anak dua aja udah heboh hehehe..

    ReplyDelete
  7. oh ya jelaslah kalau berdasarkan pengalaman hidup di Amsterdam. Kalau di Jakarta aja aku masih tinggal di lokasi yang masih di bawah standar daftar di atas..hihihi!

    ReplyDelete
  8. Iya nih, infrastruktur kita masih parah, di Jakarta sekali pun! Mungkin yg begini ini hanya bisa tercapai kalo kita tingga di apartemen ya. Tapi tetep ada 'PRT'-nya: cleaning service.. hehe..

    ReplyDelete
  9. itu anjing udah ada dari sejak belum nikah ta...dipelihara atas bujukan aku yang kemudian hari di sesali...hehehhehehe..... soalnya beneran pusing... mikirin urusan anak aja kadang udah bikin gw gak konek...ditambah harus mikirin si anjing udah makan belum, hihihihi

    ReplyDelete
  10. Bisa Ta, kalo dibiasain.....apalagi kalo ada katering, makanan beku dan mikrowave, tapi kalo single lho ya....

    ReplyDelete
  11. Kalo cuma berdua, jawabannya udah pasti BISA. Kalo udah ada anak kecil (bukan anak teenager yg bisa disuruh bantu2), mungkin sulit.

    Gue pernah tinggal tanpa RT di Indonesia selama 3 th. Setengah di rumah, setengah di apt. Yg gak terpenuhi cuma kondisi no. 1 dan 8 tapi bisa diakalin: no. 1 yah kan punya mobil, belanja 1x seminggu. No 8 yah kerja2 kalo wiken aja. Jadi gak bener tuh semua diatas itu cuma teori di Indonesia :P

    Gue tambah: ukuran rumah sesuai dengan jumlah anggota keluarga dan design rumah harus pintar :D. Dulu gue berdua, tapi tinggal di rumah yg kamarnya 2, dan lantai 2, walaupun untuk ukuran Jakarta rumah itu kecil sekali. Tapi tetep aja gue gak perlu ruang seluas itu dan akhirnya yg digunakan dan diberesin cuma lantai 1 doang. Akhirnya kita pindah ke apt. yg cuma 50m2 yg 2 jam diberesin juga selesai :D.

    Soal design yg pintar, wkt gue jual rumah itu, org yg beli pada bingung kenapa mesin cuci gue taruh di dapur. Gue bilang yah biar ringkes, sambil masak bisa nyuci, kalo nyuci deket, etc.

    Sorry panjang :p. Gue sebel banget topik ini dan org2 yg bilang gak mungkin tinggal di Indonesia tanpa pembantu. Mungkin banget. Cuma perlu pemikiran yg panjang dan teliti sama kemauan yg kuat *cieee*. Gue mah gak sudi diancam2 pembokat [-(

    ReplyDelete
  12. oh iya, ini point penting. emang beda banget kalo ada anak2 kecil yg masih harus banyak diurusin.

    gapapa panjang! emang perlu pengalaman dari yang udah pernah :D sama, gue juga gak sudi diancam2 pembantaian.. huh..

    ReplyDelete
  13. double atau multiple juga bisa, kalo perangkatnya lengkap gitu :D

    ReplyDelete
  14. Ini gue setuju.... Kalau seandainya gue pulang kampung, gue tidak berencana ambil pembokat. Duh, bikin stress..... Jadi nasihat2 si bookshop perlu gue catat nih....

    ReplyDelete
  15. oh.. penghuni lama toh :D pas aku pulang ke sini bawa keluarga, kebetulan anjing udah pada 'abis'! kadang2 pengen piara lagi sih.. rindu punya anjing nih :P

    ReplyDelete
  16. yang jadi masalah utama sebenarnya adalah tidak adanya kontrak kerja antara PRT dan employer sehingga kedua2nya bisa saling semena2. jadi mestinya PRT harus dijadikan profesi formal dengan segala peraturannya dan asosiasinya. disisi lain, employer juga harus memenuhi syarat sebelum bisa menghire PRT.

    ReplyDelete
  17. sebenernya aku malas banget punya pembantu, apalagi setiap tahun pas mereka mudik ini aku selalu nemuin hal-hal ngawur yang mereka lalukan di dapur aku (bukaan kaleng patah, pegangan panci yang oglek2 karena gak dikencengin sekrupnya, piring gupil, sabun cuci piring dibiarin di sachet - gak dipindahin ke botolnya, dll). itu baru dapur depan, belum dapur belakang dan area cuci baju *ya Tuhan, kasih aku kesabaran*

    tapi..dengan komposisi orang yang tinggal di rumahku sekarang, mustahil kalo nggak ada pembantu. kalo pun dipaksain gak pake pembantu, kayanya aku harus resign kerja..hehehe...

    ReplyDelete
  18. Point yg penting Chic :D. Harus ditambahin kalo ada org tua juga mungkin susah, hahahahhaha! Gue juga gak kebayang kalo ada bokap nyokap gue. :))

    ReplyDelete
  19. Yups..setuju sempat mengalami soalne dgn anak-anak selama 2.5 thn enak jg ternyata.. meski hebohhh pastilah yaa..Gue jg wkt itu niatnya pengen gak ketergantungan dgn sembokat jadi yaa kalo ada syukur gak jg gpp...

    ReplyDelete
  20. Ada teman yg pernah coba (dan saya sendiri coba sampai batas tertentu). Untuk si teman, yg ada pembantunya nangis2 karena takut dan tidak mengerti :)). Untuk saya, tetap aja yg enak diambil (seperti tiap hari minggu libur ketemu pacar) dan yg gak enak tidak dipertanggungjawabkan (kecerobohan, pencurian, bawa pacar nginap).

    Kalaupun bisa, gimana caranya menerapkan kontrak ini di tengah2 lingkungan hukum yg lemah?

    ReplyDelete
  21. kalo masih kecil anaknya, cuman satu yg susah, tempat penitipan anak yang layak, disini kaga ada childcare yg deket rumah, kl dulu pas masih kerja ya itu dilemanya, kl urusan laen gw rasa bisa dihandle, apalagi kl single income, kl mau double income- 2 ortu kerja, waaaahhh repoooot...

    ReplyDelete
  22. kerjaan lain bisa ke handle kayaknya. tapi masak gimana ya? jangaaaar!

    ReplyDelete
  23. yes.. can do,
    tapi apakah system yang ada di indonesia menunjang? misalnya listrik, keamanan, sampah, iuran kampung, dll
    Kalo disingapore biarpun jam kerja super panjang, semua yang tersebut diatas bisa aja. Semuanya syetem online, dan tempat pembayaran ada di mana-mana. Tinggal masukin ATM, beres dah.
    Begitu juga Camera terpajang di sepanjang jalan dan blok sehingga keamanan terjamin. MAu buka usaha dan dapat ijin juga bisa online, kita langsung dapat ijin buka usaha.
    Pembayaran pajak dan juga laporan juga sudah online, begitu juga untuk apply bebas pajak.
    Jadi kita tinggal santai aja gak perlu mondar-mandir ke kantor pajak dan debat dengan petugas mengenai ketidak cocokan laporan pajak.
    Begitu juga dana pensiun, sudah otomatis di bayarkan oleh pemberi kerja dan separuhnya kita juga bayar langsung di potong gaji. Bukan hanya itu, dana pensiun juga terbagi menjadi 3 account/saving, antara lain asuransi kesehatan, dana pensiun dan dana tidak terduga. Edusave(education saving) untuk anak-anak juga sudah termasuk didalamnya.
    Hanya mukjizat yang bisa mengubah Indonesia untuk mempunyai system yang rapi dan menguntungkan bangsanya..

    ReplyDelete
  24. Postingan yang bagus mbak Tita..
    jadi ingat conference kita di hamburg, sedangkan 2010 sudah semakin dekat ya..?

    ReplyDelete
  25. yg penting lg kerjanya jgn jauh2 dari rumah :D
    kalo ngga, ya ga bakal ada waktu utk ngerjain kerjaan di rumah :)

    ReplyDelete
  26. mestinya pemerintah masuk disini membuat aturan baku dan menformalkan profesi PRT. harus ada asosiasi yang mengatur hak dan kewajiban pembantu dan employer. ini yang dilakukan di singapura. semuanya diatur ketat jadi tidak yang saling mengkadali. hubungan PRT dan majikan sekarang sudah berbeda dengan 20-30 tahun yang lalu.

    ReplyDelete
  27. hihi iya.. lagi2 mandegnya di follow-up :P

    ReplyDelete
  28. asal kompor dan bahan bakarnya beres, tinggal anget2in makanan aja kok.. hihihi..

    ReplyDelete
  29. law enforcement-nya nih yang harus bener...

    ReplyDelete
  30. ini klasik banget, menyebalkan ya. selain karena standar kita beda dengan mereka (misalkan buat kita masih kotor, buat mereka udah bersih), juga karena mereka suka ngegampangin barang2 yg mereka pake (bukan punya gue ini, paling rusak jg bisa beli lagi).. hhh...

    bener chic, komposisi isi rumah juga penting!

    ReplyDelete
  31. topik seru Ta :)
    Untungnya PRT/asisten rumah tangga gua baik2 sih dan gak ada yang ngancem minta hp etc kayak skenario diatas *bersyukur.
    terus terang gua gak bisa hidup tanpa asisten, hahahaha .... parah ya gua, padahal gua tinggal di apartemen dan list2 loe yang ada diatas telah terpenuhi (kecuali poin no 2 dishwasher).
    Jadi kesimpulannya: gua tuh orangnya males pisan :(*sedih menatapi diri sendiri ...

    ReplyDelete
  32. mungkin perlu dibedain, keluarga yg (salah satu) ortunya stay at home dan yang engga. yang stay at home harusnya jauh lebih bisa dibanding yang dua-duanya kerja.

    ReplyDelete
  33. nah, gimana itu nyari PRT yang baik-baik seperti itu? Dan gimana trik Elisa untuk membina hubungan baik dengan PRT? Itu yang perlu dibagi....
    Jaman dulu ketika ibu saya masih tinggal di Sumatra, untuk 'mengontrol' kualitas PRT-nya, ibu selalu ambil PRT dari satu desa. Dan ibu kenal dengan keluarga mereka. Alhasil, selama bertahun-tahun supply PRT yang baik cukup terjamin, juga mereka kerja dengan ibu sampai tahunan. Tapi masa kini, cara pandang di kampung juga sudah beda ya..... dan relasi antara PRT-majikan juga sudah beda....

    ReplyDelete
  34. list-nya Tita masuk akal.....
    soal PRT, mungkin keluarga saya sangat anomali ya... ibu saya tidak punya PRT (pernah punya hanya untuk bantu2 pas ngurus 3 balita, 2 anak kecil dan 2 teenagers -- nyokap gue super, anak 7 ngerentet -- tapi terus ngga)....

    ... dan tentunya lady day tidak pernah punya PRT (pingin ambil Mexican maid, hihihi) tapi dia sih tidak super maklum emang kagak punya bayi, kagak punya doggy.... kagak ada yang perlu diurus.... kecuali taneman ijo2 dan ngga pernah nyetrika... hehe.

    tapi saudara2 saya yg sudah punya keluarga juga ngga punya PRT (biar kata kakak2 perempuanku juga pada punya bayi, eh, mereka super juga ya ternyata)

    jadi mungkin ini ada bagian dari kultur keluarga juga... atau gen.... haha... gen PRT....

    ReplyDelete
  35. Sama. Di rumah hanya punya PRT waktu masih punya adik bayi, dan waktu baru pindah rumah yang gedean. Tapi capeknya bersihin rumah selalu kalah sama rasa jengkel sama PRT. Untungnya nyokap sudah menurunkan standar kerapian dan kebersihan rumah *fiuh*

    ReplyDelete
  36. keluarga gua termasuk yang tidak terbiasa dengan PRT, dari dulu kita dibiasain kerja masing-masing. Cuci baju sendiri, gosok sendiri, habis makan juga nyuci sendiri (berlaku ke bokap-nyokap loh)
    nah setelah nikah, gua juga ga mao pake PRT secara apartment juga sepetak doang, gerah rasanya ada orang lain lagi.
    bagi kerjaan sama Kodod eh dia curang manggil PRT nya untuk ngerjain tugas dia yang ujung2nya pengen gua setrum pake raket nyamuk tuh PRT.
    setlah ada Callie, mo ga mao harus pake PRT secara gua ga bisa deh uda ngurus anak tus kudu ngurus rumah, lebih baik lembur & begadang ngerjain proposal :p
    ga mungkin dong gua manggil suster, nanti dia megang Callie tus gua yang beberes rumah? :D

    Yah, dapet Imah ada baik-buruknya juga, trakhir gua da kesel banged gua ajak ngomong, mau elu apa, kalo masi mao kerja rubah sikap blablabla, kalo ga mao silakan pergi dan gua runutin semua dosa2nya (dari uang belanjaan yang kurang itung sampe 90rb-an dan yang tersisa ga sampe sepuluh ribu, pulsa henpon cdma gua yang tak bersisa gitu dibalikin padahal waktu gua kasih ada 20rb-an, mandi aer panas, cerita ini itu ke Nyokap gua tanpa ditanya, makan teri kacang yang dikasih Jenz, botol susu Callie yang pecah, plus trakhir kali Callie kecemplung di bak mandi!!) uda bagus dia ga gua lempar dari balkon!!

    responnya cukup bagus, Imah berubah setelah diobrolin panjang lebar.
    Yang gua suka Imah lumayan pinter, suka baca, nonton nya juga ga sinetron mulu. Tiap malem kita nontong bareng dari Hannah Montana sampe Amacing Race. Dan gua senengnya dia ga itungan soal kerjaan dan ga jijik waktu Callie ee..
    Tapi tetep gua ga terlalu berharap dia akan balik, dia bilang balik ya bagus..ga juga ga masalah lah.
    yang paling berasanya ga ada temen ngobrol aja hehehe

    Yah liat bagemana nantinya lah...

    ReplyDelete
  37. ada dua hal paling penting yang belom loe cantumin Ta...

    KEMAUAN yang kuat heheheheh...... mau ngegosok kamar mandi salah satunya
    KERELAAN yang tebal.... gak nonton sinetron idaman atau acara gosip terpanas

    sampe sekarang gua masih terkagum-kagum sama keluarga teman gua yang bisa berfungsi tanpa pembantu selama puluhan tahun, walau ortu dua-duanya kerja

    ReplyDelete
  38. Biasanya orang yang pernah lama di luar negeri bisa lebih independen terhadap PRT. Tetapi begitu balik ke Indonesia, jadi manja lagi. hi hi hi.

    ReplyDelete
  39. bisa.... asal pada sehat2 semua...
    begitu ada yang sakit... lama2 pasti sakitnya borongan..
    langsung kacau lah isi rumah....
    *pengalaman pribadi yang baru saja kejadian. com*

    :D

    ReplyDelete
  40. terus tentunya bisa cuti kerja selama setaun pertama (atau lebih) untuk pasangan yang baru punya baby untuk fokus ngurus si kecil..

    baju-baju terbuat dari bahan yang nggak perlu disetrika, ato kalopun ga disetrika tetep tampak keren ;D

    ReplyDelete
  41. Waduh..cuci baju kiloan? kreatif juga ya... harganya rate perkilo berapa? ini nyucinya manual apa pake mesin? Kasihan juga kalau manual..kalau yang berat-berat kan setengah mati tuh nyucinya. Aku jadi curious...hehe abis baru denger ada service cuci baju perkilo.

    ReplyDelete
  42. Taktiknya sama tuh, hahaha :)
    triknya apa ya, bingung juga, soalnya dari jaman nyokap dan ema-engkong, prt2 itu awet2 semua :) Mungkin kami beruntung mendapat orang yang memang niat bekerja. Yang sekarang memang ada bakal tidak balik lagi setelah 5 th bekerja, itupun karena dia dipanggil melulu oleh orang tua disuruh cepetan kawin, hahahaha.... tapi dari desa yang sama - sudah dapat penggantinya lagi.

    Terus terang memperlakukannya biasa aja. kalau ngomong gak pakai perintah2, tapi sambil bilang kata sakti: tolong, maaf dan terima kasih. terus beberapa kali kita aja dia pergi, kayak nonton konser nya Dewa (saya nya sih nunggu diluar, wakakaka), taman safari, atau nonton bioskop kalau ada film indonesia yang ngetrend, etc. karena masih muda, saya suka beliin mereka cemilan. ya kurang lebih begitu deh sekilas info ... hahaha ...
    kalau ortu saya malah sampai membantu pendidikan adik2nya mantan baby sitter saya. dari situ hubungan keluarga juga terjalin baik hingga sampai sekarang. ya, tapi mungkin dari awalnya kita sudah beruntung juga.

    ReplyDelete
  43. Kalo di Indonesia kayaknya harus mengandalkan niat baik penguasa deh kalo pengin hal2 di daftar itu jadi kenyataan, soalnya systems/infrastructure planning & implementation gak bisa diandalkan, law enforcement juga gak jelas... hmmm.....

    ReplyDelete
  44. Infrastrukrur blom mendukung, lalu gaji PRT bisa dibilang murah (ngga kayak di luar negeri yang kalo punya pembantu berarti mentransfer gaji kita ke rekening si pembantu, muwahal sigh), lalu manusia indonesia buwanyak banget sementara lapangan kerja lain ngga ada, trus fisik perempuan indo yang sebagian besar lemah (lemah gemulai=perempuan banget, bisa jadi juga karena pola makana kurang terlalu bergizi dan jauh dari kebiasaan olahraga, jadinya ngga sekuat perempuan² negara eropa yg dari kecil banyak makan keju dan susu sehingga tulang dan otot kuat membuat dengan mudah ngangkat² kereta bayi kalo naek metro n bis, kuat jalan kaki jauh karena ga ada ojek, jarang sakit²an), laki² yang masih alergi ikutan peran domestik, maka keperluan membutuhkan pembantu dan adanya stok pembantu yang cari kerja membuat tetep aja butuhhhh ineeeeemmmm....

    Met lebaran buat semua ya. :)

    ReplyDelete
  45. wong indonesia isih seneng omah gede, latar gede, sing perlu wong liya kanggo ngresik-ngresii ... hehehehe.....
    wong indonesia yeng ora nyapu ngepel saben dina, omahe kotor ... hehehehe
    sing paling penting ya 'keamanan' .... wong ditinggal sembayang Ied omahe dibongkar orang....

    ReplyDelete
  46. Mb.tita.. Aq sdh tdk ber PRT sejak februari'08 dan semua undercontrolled krn memang pengkondisian tdk ber PRT komitment bersama.. Saling bertanggungjawab pada barangnya & kamarnya masing2.. Jadi menyikapinya sebenarnya kan kembali ke kita didalam rumah.. Klu tidak membebani ke lain pihak.. (pasti tidak ada yg mendumel) he he he..masalah dapur & makanan.. Mau Masak / beli kan bisa di rencanain wkt kita keluar rumah..(buat yg nggak repot masak bisa pake jasa cattrg) nggak mau 'nyunye'...skg ada cuci kiloan..(klu nggak mau pake laundry &dry clean hmmmm "mahal" ) .. Byran listrik dll.. Kan ada Atm dan m-banking.. Semua tinggal pencet.(bisa via hp) .. Teknologi ada kan kudu dimanfaatin maximal mbak..Ya kan mbak.??? Hmmmm Maaf nih mbak tita jadi sharing.. Semoga berkenan ya.. Salam idul fitri.. Mohon maaf lahir bathin..

    ReplyDelete
  47. Gw pernah ngalamin tanpa PRT selama 4 bulan waktu di Malaysia, kondisi waktu itu anak baru 2 (umur 4 th & 2 th) plus gw lagi hamil anak ke-3... sebetulnya udah enak banget sih seandainya gak lagi siap2 punya bayi lagi, karena anak gw sekolah udah naik bis, yang kecil udah bisa disambi masak.. biasanya gw dan suami baru beberes & bersih2 di malam hari kalo anak2 udah pada tidur, he he he... baru deh tu heboh. Tapi yah dengan penambahan 1 bayi lagi, terpaksalah gw cari PRT lagi dong... ha ha ha! Maklum kejar setoran, he he...

    ReplyDelete
  48. di rumah jogja skrg gak ada prt yg nginep di rumah tapi pulang hari utk bersih2 aja. cucian malah di taruh di laundry yg kiloan tuh (di jogja menjamur) krn setelah dihitung2 biaya air mesin cuci plus listriknya utk nyetrika juga ternyata lebih murah kelaundry itu. harganya berapa lupa tp kalo gak salah per kilo gitu gak sampe 10rb.
    kalo saya suatu saat tinggal di indo lg sih pengennya ya ada asisten yg bantu utk bersih2, yg pulang hari.soalnya terus terang saya pemalas hueheheh di sini aja bersih2 sendiri karena terpaksa :)

    ReplyDelete
  49. Bingung gak ada ART bukan monopoli orang Indonesia loh. Temen-temen gw yg tinggal di Singapore juga ikut bingung kalo ART mereka pulang kampung. Padahal kan secara infrastruktur mereka lebih baik dibanding Jakarta.
    Temen gw bule yang terbiasa hidup tanpa ART di barat, karena selama tinggal di Singapore terbiasa ada ART juga kebingungan kalo ART mereka pulang terlalu lama.

    ReplyDelete
  50. jadi ikut pengen nimbrung... aku udah pernah ngalamin dari yg ditindes *lho kok?* sama staff domestik (maksude kitanya jd terlalu baik sama mereka) sampe sekarang aku berkesimpulan, wlpn kita baik sama mereka, kl mereka mau keluar / mau males, ya tetep aja males / keluar. Jadi, aku sekarang be myself, tentunya tak lupa say thanks and please.
    Jeng, aku udah nerapin semua yg diatas: makan katering, baby sitter diganti sama daycare, cuci sama laundry kiloan (sekarang, dulu laundry yg penting2 aja, atau masukin mesin cuci n drier tanpa disetrika lagi), rumah gak ada barang berharga banget (semua dimasukin ke SDB). Dan hatiku tenteram sampe sekitar 2 tahunan, until anakku musti sekolah heheheheh.. Secara aku nggak mau dia sekolah di daycare (alesan pengen mereka bahasa mandarin), TERPAKSALAH aku harus punya pembokat, which is susah banget dicari sekarang. Sebenernya sopir aku bisa menggantikan pembokat tersebut diatas (which is udah terjadi waktu anak pertama), tetapi berhubung anak keduaku cewek, aku tak sampai hati melakukannya... takut ada apa2...
    Personally, kl ada UU PRT dan sebangsanya, mnrt aku lebih bagus, secara :p ada rules & responsibilities kan, nah lo... masalahnya apa si pembokat2 tu ngerti?? secara *lagi* apa yg terjadi sama jeng Chica -setrika jebol, kenop kompor jebol, microwave rusak, pegangan pintu jebol dll dll- aja SELALU terjadi, padahal cuman simple bangettt, nah kl mereka disuruh baca job desk, compensation n benefit and penalties, gimanaaa? hahahahah *ketawa miris*

    ReplyDelete
  51. kalo buat saya masalah utama adalah waktu, buat suami-istri yg bekerja sisa waktu dirumah tinggal sedikit dg sisa tenaga dan energi yg sedikit pula.... o'ya satu lagi.... kalo suami-istri kerja... anak2 mau ditemani siapaaaa ? secara anak2 masih balita semuua...... buat saya pribadi tanpa jasa PRT saat ini, TIDAK BISA !!!!

    ReplyDelete
  52. ga ada PRT bisa
    1. asal rumahnya ga luas dan gede ..( setiap liat rumah yg gede nya segambreng..biasanya komentar gw cuma satu..lha itu gimana ngepel nya)
    2. anggota keluarga ga banyak, atau kalo banyak semuanya mau gotong royong. terutama para suami harus mau nga diladenin terus :)
    3. lingkungan rumah aman sentosa, rumah ortu udah berapa kali kejadian kemasukan maling.
    4. nah ini yg penting ..ga ada anak bayi/ balita
    saat ini gw ada PRT..soalnya ada balita, gw sendiri di rumah aja, pernah sih ga ada PRT 1 bulan, kerjaan rumah semua bisa kepegang ga masalah, yg jadi masalah kalo kemana2 harus ngajak si kecil, jadi ga ada waktu sendiri. bukannya egois jadi ibu ya, tapi kan ibu juga manusia :) butuh waktu utk diri sendiri juga.

    kalau anak2 dah usia sekolah sih menurut gw ga butuh deh PRT, asal rumah aman ditinggal2.

    ReplyDelete
  53. Hadooooooooooooooh, syarat2nya kok mirip2 sama yang kita miliki di Europe yah Ta! :)

    ReplyDelete
  54. Tapi, kalau pada enggak punya pembantu, itu orang2 mau disuruh kerja apa ya ? sawah dan kebun gak ada lagi .. pabrik gak mungkin lah nampung sekian juta orang .. dikirim ke LN aja jadi TKW ?

    Kayaknya ya .. saling membutuhkan juga sih .. hehehe

    ReplyDelete
  55. huallo.. rumahku dua lantai, luas bangungan sekitar 128m2 - 3 kamar tidur, 2 kamar mandi .. (ini mo jualan rumah apa yaaaa.. hehehee)
    satu bayi, satu balita (blom sekolah). dari pengalaman 2 bulan ga pake PRT.. rasanya lebih happy walau lebih cape (fisik & emosi).
    bener kata tita soal: home-appliancesnya harus nunjang. aku pake mesin cuci & rice cooker yang bisa diprogram timernya. masak yang ampe hari ini ga kepegang - jadinya katering d, mana aku masih sok idealis, baby ga pake disposable diaper - jadi bentar2 ganti celana. cucian... ngikut cara tita waktu masih di belanda dulu (aku inget nasehatmu lho, Ta), baju2 rumah ga disetrika.. cape bo'. Tapi kalo lagi kewalahan juga ama setrikaan... kirim aja ke laundry kiloan, minta disetrikain.
    yg penting, suami istri itu jadi partner juga dalam ngurus rumah. my hubby ikut bantuin, kadang dia nyapu&ngepel, kadang ngurusin cucian.. kadang bantu di baby-care... ya... aku lebih ngerasa makna 'keluarga' sejak ga ada PRT.
    mmm... si balita bisa bantuin juga kan.. masukin baju kotor ke mesin, siram tanaman, ato sikatin kamar mandi (hehehe.. kejam ga siy)?

    ReplyDelete
  56. Gue setuju banget sama ''bookshop" sebenarnya bisa banget di Indonesia hidup tanpa pembantu, apaplagi kalo tinggal di apartment, istilahnya ideal banget. Gw pernah tinggal tanpa pembantu di rumah 2 lantai, dua anak, (8 & 5 thn), 1 kucing selama 6 bulan, sementara gw kerja 9 to 5. yang jadi andalan gw sopir gw. Anak2 pulang sekolah jam 12, makanan udah disediakan di mobil dari pagi. pulang sekolah langsung kursus2 sampai jam 4 an utk jemput gw pulang ke rumah. jadi selam itu rumah bersih. anak2 pulang mandi terus main sebentar, gw panasin makanan biar mereka bisa makan jam 6 sore. Jam 8 mereka sudah hrs tidur. jam 9 mulai deh gw kerjain semua urusan PRT dari cuci piring, bersihin rumah, siapin baju & bekal anak2 utk besok dan siapin bahan mentah utk dimasak besok pagi. Jam 11 malam juga sudah selesai kok. besok paginya gw bangun jam 4.30 and start cooking teurs ngerantangin utk diatoh di mobil. bangunin anak2 dan bernagkat sekolah bareng. Yg buat kacau sebenarnya kalu kita hidup dengan org yg tidajk terbiasa utk tdk ada pembantu (dlm hal ini suami gw). jadi mau gak mau krn gak ada sharing chores sama dia gw jadi kewalahan ngurusin barang2nya. dia. untung sekarang gw udah pisah. jadinya gw bisa gak usah pake pembantu lagi. Menyenangkan kok sebenarnya hidup tanp harus sharing dengan org yg sama sekali asing dengan kita.....

    ReplyDelete