Wednesday, July 30, 2008

Komik Sebagai : Sign System

Sebagai orang yang suka dengan komik tentu judul ini bukan hal baru dan hal aneh. Komik sebagai salah satu media yang bisa digunakan sebagai bahasa komunikasi visual tentu mempunyai daya tarik dan daya perhatian khusus. Kemampuan ini memang menjadi menarik jika di-aplikasikan langsung sebagai rambu-rambu atau "sign system".

DI Barcelona (Spanyol), saya menemukan contoh menarik, yaitu sebuah papan pemberitahuan dan rambu-rambu yang menggunakan komik sebagai medianya. Dengan gaya komik ini, orang-orang tentu akan "tercolek" untuk berhenti sejenak dan membaca isi cerita komik tersebut, yang tidak lain tidak bukan adalah pemberitahuan atau larangan atau sekedar info. Namun secara fungsi, rambu gaya komik ini juga bisa menyampaikan informasinya "hanya" dengan membaca gambarnya saja. Secara pantai ini banyak dikunjungi wisatawan asing, maka papan informasi bergaya komik ini lumayan sangat membantu karena mereka cukup membaca gambarnya saja.


Dari pantauan saya di sana, ternyata papan pengumuman gaya komik ini pun menjadi salah satu wahana tempat foto-foto para turis, selain unik memang komiknya pun bagus.

Nah sekarang.. bagaimana jika konsep ini digunakan di Indonesia? Saya rasa ada banyak tempat-tempat dan fasilitas publik yang SANGAT butuh dengan papan informasi dan sign-system. Contohnya : Halte bus, halte busway, station kereta api, bandara, atau jembatan penyebrangan. Ada yang bisa mulai? :)

Foto dan Laporan : Motulz





No comments:

Post a Comment