Friday, November 30, 2007

Cuplikan Cirebon

Minggu lalu saya dapat permintaan mendadak untuk menggantikan seorang rekan dosen yang berhalangan untuk mengisi acara dua hari di Cirebon, pada hari-hari Rabu dan Kamis. Kebetulan nggak ada jadual ngajar, jadi saya sanggupi - tentunya setelah mempertimbangkan dengan sang kapten rumah tangga dan mempersiapkan keperluan2 sekolah para krucils utk dua hari itu. Berikut ini cuplikan2 kecil dari Kisah Cirebon..

JANGAN TIDUR
Berhubung ceritanya acara mulai jam 9 pagi, saya pesan travel yang berangkat jam 4 pagi dari Bandung. "Siap-siap jam 3 pagi ya Mbak", kata operator. Dari pada bablas ketiduran sampe pagi, Selasa itu saya niatkan utk tidak tidur. Tengah malem mata udah 5 Watt, tapi terus aja kerja di depan komputer (posisi standar: sambil tiduran tengkurep, di depan TV yg nyala). Jam satu, kantuk makin ilang, asik-asik donlot lagu.. hehe..
Tau-tau, jam dua, henpon bunyi. "Ini dari Cipaganti travel, siap saya jemput sekarang ya Bu", kata suara di ujung. "Ha? Udah mau dijemput sekarang? Berapa menit lagi?", saya jawab dengan suara agak2 husky akibat kelamaan nggak ngomong. "Iya kan Ibu paling Utara, jadi dijemput paling awal. Kita masih harus jemput2 yang lain supaya bisa keluar Bandung jam 4. Kira2 10 menit lagi ya Bu". Ya udah deh, kemas2 komputer, cek lagi ransel, terus pake sepatu.
Bener aja, 02.15 ada suara mesin mobil kedengeran baru sampai di atas. Sepertinya supirnya sedang nyari2 nomer 24, tp saya samper aja mobilnya. Ngaget-ngagetin si pak supir karena main buka pintu belakang aja, lalu duduk di tengah. Bener, saya penumpang pertama. Berangkat!

KEVIN BACON?
Yah, saya memang lumayan jadi ngantuk begitu duduk di dalam mobil. Iringan dengungan mesin mobil, ditambah dengan suasana yg gelap, dingin dan sepi, tentunya pengen bikin segera pulesss. Tapi tidak sukses, saudara-saudara, berhubung supirnya ternyata seneng ngobrol. Dan, sebagai penumpang satu2nya yg ingin selamat sampai di tujuan, tentu saja saya menanggapi dengan ramah.
Jemputan berikutnya di Cipaku, jadi ngobrolnya lumayan lama lah. Setelah makhluk Cipaku naik, dan duduk di sebelah supir, obrolan berhenti. Selanjutnya, kita keliling2 Bandung utk menjemput 5 penumpang lain, yg letaknya semuanya di ujung2 kota. Setiap menjemput, si supir harus turun utk menyilakan penumpang naik dan mengatur posisi duduk masing2.
Sedikit dicek, ternyata supir ini (masih mas-mas muda), tampangnya mirip Kevin Bacon(!). Kevin Bacon jaman Apollo 13 dan Sleepers ya, bukan jaman Footloose. Entah ini efek kegelapan di jam-jam bencong kelar bertugas - sehingga bayangan sangat membantu membentuk tampang bintang film Hollywood - atau apakah kalau Kevin Bacon terlahir dengan ras Melayu memang pantesnya jadi supir travel? Only Lord Above knows..

'MPET!
Ternyata, setelah berlega-lega duduk sendiri di awal2 perjalanan, saya harus duduk dihimpit dua orang, sejak dari Bandung sampe Cirebon! Asli nggabisa tidur.. Bangkunya berderit di setiap kelokan dan polisi tidur, dan asli nggak bisa bergerak ke kiri kanan, apalagi ke depan! Kalopun jatuh tertidur, pasti segera terbangun lagi utk menjaga agar kaki-kaki tidak kram.
Menjelang matahari terbit, bener aja.. efek Kevin sedikit demi sedikit terkikis.. tapi nggak sampe abis! Kunci-kunci persamaannya: mata Peter Pan (the Disney cartoon version, NOT the band) dan garis-garis pipinya, masih ada! (Heuhh.. ini apa sih, kok malah menganalisa tampang orang..)

CUMA LIMA RUMAH
Acara pagi berlangsung di Hotel A, lalu setelah makan siang saya harus segeral ke Hotel B untuk memenuhi kewajiban berikutnya. Ihsan, temen yg kemarennya sudah melaksanakan bagiannya di Hotel B, bilang bahwa Hotel A dan Hotel B terletak di jalan yang sama, dan jaraknya hanya beda sekitar lima rumah. "Bisa lah jalan kaki", katanya. Jadi siang bolong itu saya keluar dari Hotel A. Sekeluarnya dari atap parkiran, muka serasa ditampar teriknya sinar matahari (nyesel nggak bawa topi). Nggapapa lah, kata resepsionis Hotel A juga, "Jalan ke arah kanan sampai lampu merah pertama, Hotel B ada di sisi kiri jalan, nggak jauh dari lampu merah". Di tengah2 menyepak2 debu di atas aspal, sambil mencari-cari adanya lampu merah, orang dari Hotel B nelpon. Saya segera disuruh naik becak atau angkot, sebab masih jauh! Ya udah nurut aja, sebab saya memang sudah telat. Ternyata naik becak aja makan waktu hampir 10 menit! Dasar Ihsan bahluuulll..

KADIN A vs KADIN B
Jadual jam 9 adalah menjadi pembicara di acara yg diadakan oleh Kantor Dinas A. Setelahnya, mengisi pelatihan selama dua hari yg diadakan oleh Kantor Dinas B. Ternyata ketahuan banget bedanya antara acara yg diselenggarakan hanya demi menghabiskan anggaran, dengan yang benar-benar terprogram rapih dan berkelanjutan. Syukurnya saya berlama-lama di acara yang belakangan tsb. Terasa sekali tanggapan dan masukan dari para peserta, yang selalu hadir bersemangat, tepat waktu, dan lengkap! Tidak ada formalitas di jenis yg belakangan ini; sebagian besar peserta adalah pengrajin (mebel) kayu dan bawaan mereka selalu senang, siap menerima candaan dan tertawa bersama-sama, dan tidak malu atau ragu berpendapat! Sementara jenis yang pertama kebanyakan ja'im, pasif, dan terkantuk-kantuk. Jelas lah, Kadin A mengundang/menunjuk sembarang peserta untuk hadir (baca: dateng, duduk dan ngisi absen), sedang Kadin B mengundang dan menyeleksi para pesertanya, sehingga dapat dengan mudah ditebak kelompok mana yang lebih bersemangat. All in all, saya seneng banget bisa menjadi bagian dari acara yang dua hari belakangan ini, meskipun insentifnya tidak sebanyak acara yang pertama.

         
GAGAL BERTUALANG
Acara hari Rabu itu selesai sekitar jam tiga sore. Maksud hati mau istirahat sebentar, terus ngelayap cari jajanan atau makanan andalan Cirebon. Tapi, apa daya badan yg udah diajak begadang ama 'Kevin Bacon' ini menolak. Sore itu saya hanya mampu pesen makan dari room service, terus tepar dengan suksesnya. Bangun-bangun udah gelap tapi masih pegel, habis mandi malah makin pengen tidur. Ya udah deh, jadi melewatkan malam dengan sedikit nyiapin bahan utk besoknya, nggambar-nggambar sedikit, dan tentunya nelpon Ihsan untuk ngomel soal "cuma lima rumah" itu.

BALIK BANDUNG
Saya pesan Cipaganti travel lagi untuk kembali ke Bandung, yg berangkat jam 4 sore dari Cirebon. Siap-siap jam 3, kata operatornya. Oke deh, kali ini kan bukan 3 dini hari, jadi nggak usah nawar. Sekitar jam setengah empat saya sudah dijemput, dan kali ini pengemudinya si 'Kevin Bacon' itu lagi! Enaknya, sekarang saya bisa duduk paling belakang (bukan di jok tengah yg kurang sekrup itu), dan penumpang nggak penuh. Bisa tidur!
Travelnya berhenti di Sumedang. Ah, kesempatan untuk cari pecahan supaya bisa bayar uang pas untuk travel-nya. Barang yang layak beli di sana cuma tahu goreng yang nggak terlalu enak, tapi lumayan lah mereka punya kembalian dalam lembaran 10ribu. Di tempat perhentian ini, sore berubah jadi malam. Bener aja, efek Kevin Bacon kembali tertanam (adeuhh... sampe rhyming gini.. hahahak)
Karena (lagi-lagi) rumah saya adalah yang paling Utara di peta, maka diantar paling belakangan. Kita ke Arcamanik dulu, lalu Soekarno-Hatta, dan seterusnya. Penumpang terakhir sebelum saya turun di Cigadung, lalu saya diminta pindah ke paling depan supaya bisa ngasih tau tembusan jalan dari Cigadung ke Dago, lewat jalan Dago Golf. Nyampe rumah jam 9 malam, bagus lah, jadi masih cukup banget waktu untuk istirahat.

KALAU IBU PERGI
Kalau nggak ada ibu, berkuranglah satu pasang mata yg mengawasi kelakuan anak-anak. Jadi begitu saya masuk rumah, nggak heran ketika pemandangan ini yang pertama kali ditemukan:


disclaimer: saya nggak ngefans sama kevin bacon

27 comments:

  1. AHUAHAHHAHAHAHAHAHHAHA!! Pantes.. gue pikir lo kemana yah? Ternyata...

    Thanks ceritanya.. baca cerita elo selalu menyenangkan >:D<

    ReplyDelete
  2. I am guessing that's permanent marker? Heh

    ReplyDelete
  3. aneh diarymu tanpa coretan gambarmu dan
    cieeee... naksir kevin bacon(sunda=kepin beken) niihh..?
    wah, sang krucils pada demo di lantai rupanya

    ReplyDelete
  4. Hihihi... lima rumah... teganya teman lo itu... :D
    Gue udah lamaaa pingin jalan2 ke Cirebon. Belum pernah kesampean.... Mudah2an kapan ada rejeki bisa ke sana. Pingin lihat batik Trusmi!

    ReplyDelete
  5. dikerjain sama siapa nih ta? fakultas atau petinggi mafia chiba?

    ReplyDelete
  6. hahaha.... lima rumah pake beca... 50 rumah musti pake pesawat kali ya....

    ReplyDelete
  7. V: haha iyaa.. berhari2 tanpa internet! aeh makaseeeh, coming from you it means a lot :">

    ermita: luckily it's their kiddie marker :)) the "permanent" part is their habit of repeating this action. right now the graffiti - next to where I'm sitting - is in black!

    T: ada kok gambar2nya, tapi belom di-scan. ntar ya sekalian banyak aja :D

    KK: gue juga mau balik lagi, abis saben ke sana selalu sebentar2 begini dan nggak sempet jalan-jalan

    rep: neither :D tapi kayaknya lebih ke yg pertama deh. judulnya tridharma PT yang pengabdian masyarakat gituu ;))

    mer: iya pake pesawat.. pesawat telpon (kejauhan utk didatengin, ditelpon aja deh :P)

    ReplyDelete
  8. tita...pagi2 baca postinganmu seger...
    emang ye akhir tahun banyak proyek cuma ngabis2in anggaran, sama aja disini juga begetu. ketauan bgt mrk ga siap ikut training dll

    ReplyDelete
  9. hahahaha, berkesan banget tuh Kevin Bacon :))
    moga2 lain kali cukup istirahat Ta, jadi di Cirebonnya bisa jalan-jalan cari kunyahan :p

    ReplyDelete
  10. ah ngefans luuuu... pastiiii... ngakuuuuu...., coba ada berapa kali kata2 'kevin' dalam posting tita kali ini! ? :D
    asik juga bisa ketemu pengrajin yg masih semanget gitu ya ta, ngajarinnya juga ikutan semanget pastinja..

    ReplyDelete
  11. Hahaha...lima rumah...next time diperjelas lima rumah...rumah apaan duluu... kalau rumahnya lebar halaman segaban tetep aja 5 rumah bikin gempor..=0P. Cipaganti travel masih ada ya? gue kira udah almarhum tuh perusahaan. Jaman jebot suka pake itu kalau ke Bandung.

    ReplyDelete
  12. *langsung search tampang kevin bacon*, huahau menarik ceritanya, apalagi waktu pulang ngeliat lantai penuh coretan :P

    ReplyDelete
  13. ta, aku lumayan nge-fans sama kevin bacon. kalo ke cirebon, kali2 dapet sopir dia.

    ReplyDelete
  14. kevin bacon yang gelapgenic ! :))
    kasih tau mbak rina, dia kan suka sama kevin bacon :p

    masalah lima rumah itu, mungkin jaraknya 5 rumah (bercat putih) di deretan 1000 rumah (bercat hijau)

    ReplyDelete
  15. he..he...efek kevin baconnya gak nahan deh bikin ketawa....

    ReplyDelete
  16. mia: iya kan, kerasa banget kalo acaranya formalitas belaka.. yg penting ada tanda tangan 'peserta' dalam beberapa kopi *sigh*

    lita: ..ama cari temen jalan kali ya. kalo waktu sempit dan cuma sendiri, gue cenderung nyasar nyari2 tempat (kecuali kalo ada peta yg bener)

    gintul: benar! kemaren itu responsif banget, terus orangnya spontan semua! mana 'boss' mereka (yg ngundang dan jadi semacam moderator) kocak banget, jadi rame deh..

    rasti: cipaganti travel skg makin berjaya, krn dia buka juga jalur ke bogor, tasik, dll., yg langsung ke bandara soekarno-hatta juga ada. jebot mana sih ama 4848?

    del: haha pake search! kalo gue udah nempel, abis dulu kesel bener ama film footloose..

    pbasari: apa perlu aku liatin di receipt-nya? (kan ada nama supir dan nomer plat mobil di situ) ..jadi kalo mau pergi, bisa nanya jam tugasnya dia dulu. khikhikhi..

    chic: "gelapgenic"! =)) =)) ada nih salah satu episode di seri seinfeld, dia nge-date cewek yg hanya keren di tempat terang - begitu agak gelap, tampangnya mengerikan! hahahaha!

    emakfarrell: gitu deh kalo kebosenan di jalan.. pasti cari2 obyek bahasan :))

    ReplyDelete
  17. Tita, ceritanya asyik banget! Gambar anak2mu seru yah, hehehehehehhehe.... Emang kalau ibu jalan2, anak pesta pora di rumah yah.... :)

    ReplyDelete
  18. hihi.. ya gitu deh, mereka jadi langsung 'lupa' bahwa spidol itu cuma utk di atas kertas!

    ReplyDelete
  19. Tita, anakmu benar-benar berpesta pora. =D
    cuma spidolnya apakah gampang dihapus? %I
    kalau susah, jadilah karya abadi. %I
    Tita, 5 rumah atau 5 kilo yah? bener-bener kagak bisa ngukur jarak =)

    ReplyDelete
  20. yang di ubin sih gampang dihapus bersih, yg di tembok biar lah dulu sampai waktunya dicat lagi, yg di kain ini agak2 susah :P

    ReplyDelete
  21. parah amat Tita, dikirain cuma dilantai saja yang dicorat coret, tak tahunya... =P

    ReplyDelete
  22. haha iyaaa.. they won't stop until everything is 'colored' :))

    ReplyDelete
  23. Jadi begitu saya masuk rumah, nggak heran ketika pemandangan ini yang pertama kali ditemukan

    << selamat ngepel dan gosok2 lantai yah... demi kreatifitas anak. ;)

    ReplyDelete
  24. hehehe... lantainya mantaaap! :) Iya sih, kalo seumuran anak2 gitu mending pasrah... kalo mau punya rumah yg indah lagipula bersih tunggu mereka udah gedean... hihihi....

    ReplyDelete
  25. hehehe, setelah search google (cari2 wajah kevin bacon) ... cerita tita jadi semakin nyata

    ReplyDelete