Wednesday, March 9, 2005

Dhanu ikutan ke Hamburg

Weekend kemaren ini, ceritanya ada acara di Hamburg. Mau bawa anak dua2nya, pasti repot banget dan kasian pasti pada capek. Mau ninggal dua2nya, Sybrand pasti nggak bisa kerja padahal dia banyak deadline. Jadi yg diajak cuma Dhanu, yg udah lebih gampang pergi2 (udah nggak pake popok, bisa makan apa aja dan udah bisa dibilang2in). Ini bukan pertama kalinya Dhanu ikutan aku bawa2 konferensi, tapi ini yg pertama kalinya Dhanu ikutan konferensi tanpa bapaknya (utk nge-babysit). Jadi untung banget ada Ayu dan eyang, yg meskipun ikutan konferensi, juga bisa gantian njagain Dhanu.

Kita pergi dari Amsterdam, naik kereta yg jam lima sore, ganti di Osnabrück. Sampe Hamburg Dhanu ketiduran (udah lewat jam 11 malam), jadi harus digendong keluar stasiun. Daripada berat2 bawa2 tas dan Dhanu naik-turun S-Bahn atau U-Bahn, kita naik taksi aja. Hotelnya ternyata lucu: satu gedung besar itu terdiri dari beberapa hotel. Satu lantai utk satu hotel, dan hotel kita (Fresena) ada di lantai tiga; semuanya: kamar2, meja resepsi, lobby dan ruang sarapan.
Dhanu baru tidur lewat tengah malam. Jadi besok paginya dia males2an banget bangun, padahal kita sudah harus keluar hotel sekitar jam delapan. Diiming2i sarapan, baru deh dia bergerak. Kebetulan ada sereal coklat yg dia doyan banget, juga telur rebus dan toast pakai selai.
Di acara konference, awal2 dia ikutan masuk.. dengan segera Dhanu bosen dan main tenda2an pake jaketnya. Jadi deh dibawa keluar sama Ayu (haduh Ayu pokoknya berjasa banget ngemong Dhanu selama acara ini! Makasih ya Yu :D). Dhanu jalan2 sama Ayu di sekitar Dammtor situ, terus balik lagi pas acara makan siang. Nah baru deh Dhanu banyak yang 'nanggap'.. hehe.. jadi banyak deh yg ngemong dia.
Aku makan siang di ruang terpisah, jadi Dhanu bener2 sama tante Ayu atau eyangnya atau anak2 lain itu. Sore2, pas aku presentasi, Dhanu ikutan masuk dan dia bisa duduk manis sepanjang acara. Pas selesai, dia maju ke tempatku dan bilang (ngomong londo), "Ibu harus kerja keras ya, di sini, pakai komputer", katanya. Oh iya, sejak awal acara, yg pake name tag-ku ya Dhanu ini. Dia merasa dirinya kerja juga, bantuin aku.. hehe..
Menjelang malem, Dhanu mulai keliatan udah capek. Pas makan malem dia mulai bantah2 dan menolak2 semuanya. Aku ikutan tim perumus, jadi Dhanu lepas lagi dari pengawasanku. Dhanu disuapin Ayu, makan kerupuk dan nasi dan ayam goreng. Selesai aku makan, baru kita balik ke hotel. Di kamar juga Dhanu nggak langsung tidur, main2in radio, kabel tv dan lain2 sampe ketiduran sendiri *fiuh*

Besok paginya kita check out dan naik taksi ke Konsulat Jenderal Indonesia di Hamburg (acara hari kedua diadakan di sana). Dhanu juga nggak ikutan di dalam ruang presentasi (teleconference) tapi main2 aja di ruang tengah. Yg paling ngeri pas dia melipir sepanjang 'pager' di atas tangga menuju ruang bawah itu lho. Untung sekali dia kaget (karena semua orang langsung ngeliat ke dia) dan dia jadi malu, terus sama sekali nggak ngulang itu lagi. Pas nggak ada yg ngeliatin, Dhanu naik tangga sendiri, masuk2 ke ruangan2 di atas! Sejak itu aku tungguin deh. Tapi gantian sama Ayu, pas ada teleconference yg aku pengen nonton.
Agak siangan, ada anak kecil lain yg bisa jadi temennya selama acara di KonJen, namanya Sarah (baru 6 th tapi bongsor badannya). Mereka ini lari2an seputar meja di ruang tengah, sama lari2an di bawahnya juga, sambil ketawa2 keras2. Sore2 pas kita pamitan dari KonJen, naik kereta ke stasiun, Dhanu udah ketiduran. Sampe stasiun dia udah rada seger lagi, njajan ikan dan kentang goreng di Nordzee.
Perjalanan pulang ini kita ganti2 kereta lagi: di Osnabrück dan Bad-Bentheim, baru deh nyampe Amsterdam Centraal. Dhanu ketiduran lagi sejak Bad-Bentheim. Sampe stasiun naik taksi lagi, dan sampe rumah jam setengah dua belas malem. Lindri yg udah tidur kebangun lagi, jadi girang karena liat semuanya ada - dan baru tidur lagi jam 2 pagi. Weh.. aku deh yg gempor sekarang..
Tapi kesimpulannya, Dhanu itu termasuk gampang dibawa ke mana2. Terutama karena dia suka cari kesibukan sendiri (nggak selalu caper ke ortunya) dan gampang berteman dengan siapapun (orang lewat aja diajak omong). Memang dia harus punya tas sendiri yg berisi mainan (mobil2an, buku bacaan) dan minuman/makanan kecil, dan harus sekali2 diingetin utk ke WC. Tapi di luar itu, dia bisa menghibur diri sendiri.. hehe lumayan, lah.

Foto2 lain ada di album berjudul "Dhanu ikutan ke Hamburg"

1. Tita, kalo pengalaman lu dijadiin buku gimana cara mendidik anak yg gak caper, gue rasa bagus deh. Juga tips2 membesarkan anak tanpa pembokat :D. Teori gue, anak gak caper kalo diberi perhatian cukup sama ortunya (ortu ya, bukan cuma nyokap) dan ortunya selalu ada untuk membantu mereka. Kalo ortu kerja dari pagi sampe malem, cuma ketemu weekend, lebih kemungkinan caper. Tapi ini teori, belon gue buktiin :D.

2. flu bok.. la grippe lagi musim di sini... minus 4, pemanas gue kurang :)

3. wah iya kasian eko pake ikutan kena flu segala.. sayang banget, jadinya gue doang lho yg presentasi di bagian "infrastruktur" :P

4. Weits.. bikin buku! Nulis2 di sini aja dulu deh :). Tapi Ven, teorimu itu ada benernya lho. Kebetulan, semua perangkat dan sistem di sini memungkinkan orang tua mengasuh sendiri anak2nya. Dan kita nggak kerja full time pun kebutuhan bisa tercukupi, dengan segala tunjangan dan asuransi yg ada.
    Nah nggatau nih kalo di indonesia (apalagi Jakarta), di mana orang kerja spt ngejar setoran semua utk ngidupin keluarga. Dari pagi ampe malem, tambah pula harus bermacet2 di jalan. Yg ada, kebanyakan merasa punya rasa bersalah ke anak krn nggak bisa meluangkan waktu sebanyak yg mereka mau, dan kompensasinya bisa gawat (manjain pake videogame, belanjain gadget mewah, sering jajanin junk food, dll).

5. kalo gue nitipin anak ke nyokap, diliat saban sabtu dan minggu ke Bandung dari Jakarta, gue lebih percaya ama nyokap, dibanding gue tinggalin ama orang lain pas lagi kerja...well ..lo beruntung ya Ta..

6. iya bener dev, bersyukur banget kami masih bisa imbangin antara ngurus anak ama kerjaan. tapi ya ada yg keteteran: kerjaan rumah tangga! jadi harus rela rumah berantakan, cucian piring numpuk dulu dan nge-laundry tiap 1-2 minggu aja.. hehe..