Wednesday, March 30, 2005

Life of Pi

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Yann Martel
Pi (seorang pemuda berusia 16 th), seekor zebra, seekor hyena, seekor orang utan betina dan seekor harimau jantan harus mempertahankan hidup di sebuah sekoci penyelamat, di tengah2 samudera Pasifik. Bagian kisah survival ini (bagi saya) adalah bagian kedua dari seluruh buku.

Bagian pertama mengisahkan kehidupan Pi masa kanak2nya, dan ketika ia bersekolah di kampungnya, Pondicherry. Di sini Pi menceritakan tentang pengalamannya dibesarkan di sebuah kebun binatang, di mana ia mengamati perilaku hewan, terutama dalam interaksinya dengan sesama hewan dan manusia. Pi juga menuturkan pandangannya dalam beragama; ini sangat menarik.

Bagian pertama ini alurnya sedang, lalu tiba2 sangat cepat berubah jadi 'bagian dua'. Seperti membaca buku lain, sebab setting-nya sangat berbeda, dan kecepatan alurnya berubah2. Cukup banyak humor terselip dalam kisah ini, yg membuat saya benar2 tertawa sendiri. Tapi cukup banyak juga penggambaran adegan brutal, yg membuat saya berdebar2 (sampai sempat bergumam, "Duh kejem bangeett").

Buku ini habis saya baca dalam dua hari (eh.. dua malam deng); cukup memikat, sebab settingnya yg unik cukup membuat penasaran. Meskipun kisah ini mengenai petualangan yg berkepanjangan di laut, performanya sangat berbeda dengan masterpiece The Old Man and the Sea. Sebab kisah ini seperti dituturkan langsung oleh Pi yg berumur 16; lebih mengingatkan pada Catcher in the Rye. 3 1/2 bintang dari saya.

Life of Pi
Yann Martel
(C)Harvest Books, Harvest edition (2003)
ISBN# 0156027321

1 comment: